MA MUALLIMIN NW BORO'TUMBUH: 2012/11
SITUS PRESIDEN RI

Jumat, 30 November 2012

Nanang Sujarwanto GURU INDONESIA

bagaimana nasib kami selanjutnya....!!! pengabdian kami sudah sangat
lama, kok tidak segera mendapat perhatian khusus. tolong dong
perhatikan nasib kami.....

Nama : nanang sujarwanto
Alamat : umbulsari - jember

Siti nurmala dewi S.Sos GURU INDONESIA

Menceritakan perbuatan yang baik dan yang buruk serta memberi tanda
contreng anak yang berahlak baik dan tanda silang anak yang berahlak
buruk. serta warnai anak yang berahlak baik.

Nama : Siti nurmala dewi S.Sos
Alamat : Legenda malaka blok f.3 no.16 batam

Andreas Wph GURU INDONESIA

mengapa guru honorer seolah2 dianak tirikan.padahal jumlah jam
mengajar dan waktu mengajar pun lebih banyak dari guru PNS.bahkan ada
guru honorer yang lebih aktif mengajar (berkualitas) dari pada guru
PNS.

Nama : Andreas Wph
Alamat : SD Negeri 2 Karangsari

ROHAPSAH, S.Pd GURU INDONESIA

Untuk pembayaran tunjangan sertifikasi januari 2012 sampai sekarang
Nopember 2012 belum keluar, saya sertifikasi tahun 2009 dan pembayaran
2010-2011 lancar tetapi kenapa sekarang tidak keluar. Mohon bantuan
dan informasinya.

Nama : ROHAPSAH, S.Pd
Alamat : TEROS KEC. LABUHAN HAJI

Tirta Pawitra : INSPIRASI BUNG TOMO

Sesungguhnya bukan semata terinspirasi oleh gaya dan kata-kata Bung
Tomo dalam pidatonya kala itu. Namun ada sebuah kenyataan betapa
kesadaran sebagai sebuah bangsa sedang berada pda titik tertinggi.
Indikator perang setidaknya menjadi ukuran bahwa pengorbanan tertinggi
bagi negera adalah penyerahan dan pengorbanan nyawa. Ini Nampak sangat
nyata dalam situasi kebatinan saat itu. Hal yang sama apakah mungkin
kita akan menemukan dan mendapatan semangat yang sama saat ini dalam
konteks kebangsaan.
Apakah untuk menghadirkan semangat itu harus menunggu, negeri ini
dijajah oleh bangsa lain sebagaimana Inggris membombardir Surabaya
kala itu. Jawabannya bisa ia bisa juga tidak sebab ini sangat
tergantung dnegan pemahaman kita dalam memahami apa yang dimaksud
dengan pemahaman kita pada definisi tentang penjajahan. Jika
penjajahan yang dimnaksud adalah penjajahan militer sebagaimana
kedatangan Inggris itu tentu hal itu tidak sedang terjadi di negeri
ini. Tapi jika penjajahan yang dimaksud adalah penjajahan ekonomi,
kesulitan anak bangsa di negeri sendiri. Itu hal yang sangat lazim
terjadi di seantero negeri. Realitas keterjajahan yang sebenarnya
justru kini sedang melanda negeri.
Itulah sebabnya mengapa semangat dan Inspirasi Bung Tomo perlu
dihadirkan dalam situasi keindonesiaan saat ini untuk menyadarkan
bahwa semangat zaman selalu sama. Selalu ada pihak-pihak yang
mengekang dan menghalangi langkah bangsa ini untuk maju. Ekonomi yang
disetir oleh kepentingan asing adalah kenyataan sejarah yang harus
dilawan dan harus ada kesadaran bersama tentang adanya situasi itu
serta harus ada orang yang berani berbicara lantang tentang kondisi
negerinya agar sadar dan bangkit dari keterpurukan bukan menjadi
pelacur atau menyerah pda kepentigan-kepentingan asing yag tidak pro
rakyat jelata.
Ribuan nyawa jadi korban dalam peristiwa 10 November, adalah
orang-orang yang bersatu hatinya dalam melakukan dan menolak ultimatum
Inggris untuk menyerahkan senjata. Ini adaa sikap rakyat jelata anak
bangsa meghadapi situasi aneksasi atau tekanan bangsa lain, hingga
nyawa jadi taruhannya. Harga diri bangsa lebih tinggi dibanding
jabatan atau kedudukan yang akan diberikan asing tapi tetap saja
menjadi cukong atau suruhan asing. Bangsa Indonesia semestinya menjadi
bangsa yang kokoh di atas tanahnya sendiri. Bukan menjadi pengemis di
negeri lain yang dihinakan. Mereka para TKI yang merantau di Negara
lain seoleh memperspsikan bangsa ini sebagai bangsa yang miskin, tak
mampu membiaya kebutuhan hidup warganya sehingga janji keberhasilan
dan kesuksesan selalu dengan ukuran harus bekerja di luar negeri meski
hanya menjadi seorang babu sekalipun. Kenyataan ini sama artinya kita
telah mnghinakan diri sendiri. Seharusnya para petinggi Negara ini
malu. Seharusnya nasib mereka diperjuangkan dan bukan diam seribu
bahasa dengan alasan softdiplomacy wlaupun yang sebenarnya tak ada
keberanian.
Sebelum muncul soal TKI di negeri ini, penjajahan telah berurat dan
berakar terlihat dalam penguasaan sector-sektor ekonomi penting, 90 %
dikuasai oleh pihak asing dan pemerintah dengan mudah memberikan Ijin
pada perusahaan asing tersebut untuk mengeksploitasi kekayaan Alam
Indonesia, sementara kondisi ekonomi rakyat sendiri masih sangat
memprihatinkan.
Ironi melihat proyek pertambangan di daerah Bekasi Utara yang megah
berdiri, sementara warga di sekitarnya miskin, rumahnya reot bahkan
nyaris roboh. Sementara mereka dengan mobil-mobil mewah tiap hari
melewati depan rumah mereka yang reot itu. Apakah ini yang dinamakan
dengan kesadaran berbangsa. Kesadaran yang sama sebagai sebuah
bangsa.?? Yang ada justru adalah antek-antek asing yang hanya
mementingkan dirinya sendiri. Itu contoh kecil. Kasus pengerukan
terbesar di negeri yang telah dilakukan asing terhadap Indonesia
adalah, eksploitasi Emas di Gunung Papua. Nasib warga Papua dengan
kontrak karya sampai tahun 2040, apa yang bisa dinikmati oleh warga
asli sebagai orang yang tiap hari mendiami wilayah tersebut. Yang ada
justru kelestarian adat yang dicabik-cabik oleh budaya asing atau
budaya luar Papua. Kehidupa ekonomi pun tak beranjak menju perbaikan.
Sama seperti bunyi sebuah pepatah "Ayam mati Di Lumbung Padi". Jadi
bangsa Indonesia justru menjadi bangsa yang miskin dan menderita di
tengah kekayaan alamnya sendiri yang melimpah.
Ernest Renant mengatakan yang dinamakan sebuah bangsa adalah ketika
dalam setiap pribadi itu tumbuh semangat dan keinginan yang sama untuk
menggapai tujuan sebuah bangsa. Pertanyaannnya adalah apakah ada
keinginan yang sama dalam kehidupan berbangsa kita saat ini. Jika
dalam kenyataannya adalah hanya memikirkan kepentingan masing-masing
golongan dan kelompok atau pertainya sendiri. Adakah pemimpin yang
akan lahir dan mendengar dengan hati nuraninya berpikir tentang
kepentingan bersama sebagai sebuah bangsa, melakukan pembelaaan hingga
titik darah penghabisan untuk kejayaan bangsa.?

Ada yang hilang di negeri ini..? Tak ada lagi semangat menggelora
sebagaimana semenagat Bung Tomo dalam pidatonya sisertai pekik Takbir.
Pidatonya membahana di Surabaya mengobarkan perlawanan terhadap anasir
asing yang ingin kembali bercokol di negeri ini. Sesungguhnya bangsa
ini membutuhkan pemimpin yang kuat. Orang-orang pemberani yang
berjuang dengan penuh ketulusan untuk negeri ini ada kemaslahatan
manusia. Sesungguhnya negeri ini sangat merinduai pemimpin yang kuat
yang mengobarkan kesadaran dan kebangsaan akan angsanya. Mungkinkah ia
sedang ada dan mulai muncul di negeri ini. Akan pemimpin itu akan
segera hadir dan memenuhi harapa-harapan kita untuk kejayaan
Indonesaia.

Selama banteng-banteng itu asih ada selama darahnya masih berwara
merah yang akan membuat secari kain putih menjadi merah putih selama
itu pula perlawanan terhadap penindasan dan penjajahan neger ini akan
terus dilakukan. Allahu Akbar. ALlahu Akbar.
Merdeka..!!

Nama : Arif Budiman
Alamat : Cilincing Jakut

Ngalimun GURU INDONESIA

kalau 2013 nanti berlaku kurikulum baru berilah peluang pelatihan
kepada kami guru2 yang masih honor yg menguasai komputer,tapi
kebiasaan kalau udah tukar kurikulum jadi proyek daerah yang direkrut
pelatihan yg dekat dengannya..yang tua ambil sertifikasi yang muda
ambil pelatihan,.................................!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Nama : ngalimun
Alamat : langkat -sumut

Khatijah GURU INDONESIA

jalur k2 masih ada,dan kapan PNS,bisa sertifikasi karena sedang kuliah
semester 4.

Nama : khatijah
Alamat : langgam - riau

Maya Pratiwi Agustina GURU INDONESIA

Gimana caranya alogin ke p2tk dikdas.kemendikbud.go.id

Nama : Maya Pratiwi Agustina
Alamat : Kp Cimaja Gg H ajid Rt 06 Rw 03 Kecamatan Cikakak Kabupaten Sukabumi

Ernawati spd GURU INDONESIA

lama pengabdianku kapan ada imbalanku

Nama : ernawati spd
Alamat : gg sili 6 bareng

Kamis, 29 November 2012

Sukma Umbara GURU INDONESIA

Aku Bangga Jadi Guru Indonesia.
Aku Akan Jadikan Putra-Putri Bangsa Cerdas, Berilmu, Berakhlak Mulia,
dan Setia pada Nusa, Bangsa, dan Agama.

Nama : Sukma Umbara
Alamat : Blok Pasirmuncang Ds.Baleraja Kec.Gantar Kab.Indramayu

ASEP HIDAYAT GURU INDONESIA

Kemajuan Pandidikan faktor utamanya adalah sikap dan niat dari
pendidik (guru). mengapa demikian? sebesar apapun dana yang
digelontorkan itu akan percuma tidak akan dapat meningkatkan dunia
pendidikan tanpa dibarengi upaya dan keinginan yang ikhlas dari figur
seorang guru. Sekarang yang lebih penting bagaimana menyadarkannya.

Nama : ASEP HIDAYAT
Alamat : GARUT

Ely GURU INDONESIA

kenapa PNS sekarang mudah sekali di beli dengan uang dan tanpa rahasia
lagi udah di publikasikan nominalnya


Nama : ely
Alamat : kediri

AGUS SUN ARYO GURU INDONESIA

'Guru {yang sejati} akan mengupayakan situasi pembelajaran dalam
suasana menyenangkan melalui aneka upaya bersifat entertaining atw
menghibur'.

Nama : AGUS SUN ARYO
Alamat : Jl Pendidikan Widang Tuban

Sudirman GURU INDONESIA

Saya sudah mengabdi 7 tahun. NUPTK saya dak punya.saya sudah ngusul
buat NUPTK udah 4 dari thn 2010 dan 2011 tapi dk ada yg
berhasil..saya harus bayar berapa biar cepat jadi ? dak kaya teman2
honor yg punya keluarga di DIKPORA cpat kluar NUPTK nya.. apa karna
saya org lemah yg diperlakukan sprti ini. tlong bantu saya pak mentri.
Nama : sudirman
Tempat/tgl lahir : Panji Sari 14-01-1985
Lama mengabdi : 7 Thn
Nama Ibu : Hamdah
Sekian dan trima kasih

Nama : sudirman
Alamat : Lombok Tengah

hamba Allah FORUM GURU INDONESIA

Dg sunggu yang kerap dipanggilkan oleh murid-muridnya ibu hatinah yang
telah berusia 40 tahunan yang tamat/lulus di spg <sekolah pendidikan
guru > tahun 80an seringkali terlihat lelah ketika pulang dari
mengajar, dengan wajah yang kadang tersenyum dengan tulus beliau telah
mengabdi sebagai tenaga guru sukarela ketika lulus sekolah (spg) namun
hingga kini jangankan untuk membeli seliter beras sangatlah sulit,
saya sempat bertanya-tanya kepada beliau tentang gaji yang di terma
beliau dari kepala sekolahnya di Sd.Inpres Borong Tala kec.Pallangga
Kab.Gowa Sulsel hanya 100.000/ perbulan.Nasib guru sukarela
benar-benar memprihatinkan namanya sukarela suka dan rela ga"
digaji.ia benar-benar pahlawan tanpa tanda jasa. dan sampai saat ini
dg sunggu g pernah mendapatkan tunjangan apapun dari pemerintah
padahal seringkali dimedia diberitakan nasib guru akan diperhatikan,
termasuk sukarela/honorer.

pallangga-gowa

M.MUSTAQIM GURU INDONESIA

JADIKAN INDONESIAM MENJADI YANG BERILMU DAN BERAKHLAKUL KARIMAH

Nama : M.MUSTAQIM
Alamat : KARANGREJO GUMUKMAS JEMBER

Eni Sugian.se GURU INDONESIA

dana APBN-P yang katanya untuk siswa tidak sampai untuk siswa kenapa
malah di berikan untuk tk yang mampu dan besar yang spp ya saja sampe
300rb gurunya hampir semua pegawai negri sedangkan kami tk yg miskin
tidak di tengok mana hati nuraniya ngk malu terima bantuan padahal
mampu, kami sebenarya mampu mandiri tetep semangat walau gaji 50rb
sebulan tp mana keadilan pemerintah memberikan bantuan pada yang mampu
saja sedangkan kami hanya bisa bengong dan menahan rasa lapar di perut
perhatikan kami TK yang di bawah standar kami hanya mengajari anak
yang orang tuanya tidak mampu


Nama : eni sugian.se
Alamat : btn man\vila lobar

Agus Priyo Darsono,S.Pd.I GURU INDONESIA

dari tahun ke tahun sering terjadi perubahan kurikulum
pendidikan,wacana tahun ajaran 2013/2014 pengahupasan mapel mulok
bahasa jawa dan TIK ,,,diganti prakarya ,,,pdhalsdah ada
SBK..sebenarnya bukan haya sistem yg hrus dirubah tapi SDM nya jg

Nama : sagus priyo darsono,S.Pd.I
Alamat : Blora

Wahid Anwar GURU INDONESIA

cara mengirim atau mendaftar NUPTK yang cepat dan mudah ,,makasih

Nama : wahid anwar
Alamat : ngagel dukuhseti pati

Wilda Silvana Rachmawaty GURU INDONESIA

kenapa tunjangan fungsional guru GTT dan data base guru GTT dan PTT di
sekolah negeri di tiadakan, padahal sementara hanya itu harapan kami
untuk bisa mengabdi dan berkarier serta mempertahankan kelangsungan
hidup kami

Nama : wilda silvana rachmawaty
Alamat : jl bandeng 542D

Lilik Haryanto GURU INDONESIA

kenapa dari sejak adanya sertifikasi guru saya belum di panggil2 sih
.....atau emang...... kurang dananya...! sampai sekarang ....

Nama : lilik haryanto
Alamat : perum griya asri bambu apus pamulang Rt06 Rw02 bambu apus
pamulang kota tangerang selatan banten

Zenal Ahyar GURU INDONESIA

saya ingin cepat mempunyai NUPTK. . karena udah berapa kali mengajukan
belum ada

Nama : zenal ahyar
Alamat : tasikmalya

Rifqi Laily Aditiawatie GURU INDONESIA

MOHON CEPATNYA DIANGKAT PNS UNTUK GTT


Nama : rifqi laily aditiawatie
Alamat : kab.mojokerto

SUTARJI GURU INDONESIA

mengabdi selama 5tahun di SD belum masuk kategori K1 ataupun K2,
laporan bulan tidak diikutsertakan, padahal unit kerja sangat
membutuhkan tenaga kami. tahun akhir th 2011 kami diperhentikan dan
disiruh untuk mendaftar sebagai latihan kerja. akhir tahun 2012 ini
habis masa latihan kerja kami, mau diapakan lagi kami?
Sungguh kasihan kami dan anak2 penerus bangsa,siapakah yang peduli
terhadap kami?siapa yang mau mempedulikan kami, siapa yang mau
disalahkan?

Nama : SUTARJI
Alamat : KECAMATAN SINE-NGAWI

ASEP MULHAEDI GURU INDONESIA

bagaimana nasib tenaga honorer yang belum masuk kategori I dan II???
mohon penjelasan

Nama : ASEP MULHAEDI
Alamat : Kp/Ds. PALEMBANG Kec. CISATA Kab. PANDEGLANG-BANTEN

Danang Galih Wicaksono GURU INDONESIA

kapan guru honorer k2 mau diangkat pns

Nama : danang galih wicaksono
Alamat : limbangan rt 13 rw 05 watumalang wonosobo

SURYANTO,S.Pd.I GURU INDONESIA

PENTINGNYA ILMU
Jika kita ingin selamat hidup di dunia,Haruslah dengan ilmu
Dan Jika kita ingin selamat di akhirat juga dengan ilmu
Jika Kita ingin selamat dunia & akhirat Juga dengan ilmu.
"Manusia paling utama adalah orang beriman yang berilmu,yang apabila
di butuhkan orang,maka ia berguna bagi orang lain,dan jika tidak di
butuhkan oleh orang lain,maka dia dapat memenuhi kebutuhannya
sendiri."

Nama : SURYANTO,S.Pd.I
Alamat : Kota Baru- Jambi

KASRIANTO GURU INDONESIA

BAHAYA LKS BAGI SISWA KELAS AWAL

Nama : KASRIANTO
Alamat : BUNGENG KEC.BATANG KAB,JENEPONTO PROP.SULAWESI-SELATAN

Menason Refualu GURU INDONESIA

ingatlah pekerjaan , jangan lupa 10 budaya malu kenal kepada anda

Nama : menason refualu
Alamat : smk negeri seira

S.Surono.w GURU INDONESIA

Memotivasi siswa untuk belajar " Siswa Belajar Berkarakter " Mulai
Usia Dini Sampai Tingkat Menengah di pandang secara Psikologi
Pendidikan

Nama : S.Surono.w
Alamat : Desa sumber jaya BPR Ranau Tengah Kab.OKU Selatan Sumsel

Rabu, 28 November 2012

Wilda Silvana Rachmawaty GURU INDONESIA

kenapa tunjangan fungsional guru GTT dan data base guru GTT dan PTT di
sekolah negeri di tiadakan, padahal sementara hanya itu harapan kami
untuk bisa mengabdi dan berkarier serta mempertahankan kelangsungan
hidup kami

Nama : wilda silvana rachmawaty
Alamat : jl bandeng 542D

Jenius Zebua GURU INDONESIA

Aku menyukai bila ada situs layanan seperti ini dan kami mohon
kelengkapan dan kejelasan data dari tiap-tiap informasi yang dimuat.
terimakasih atas kerjasama yang baik......

Nama : Jenius zebua
Alamat : jl. fondrako km.6

BASARI GURU INDONESIA

katagori 2 di ibaratkan anak tiri pada hal untuk semangat kerja tidak
kalah dengan yang PNS tapi sayang untuk pengangkatan katagori 2 untuk
menjadi PNS sangaaaaaaat sulit apa yang terjadi dengan pemerintahan
pusat. coba tanyakan pada rumput yang bergoyang

Nama : BASARI
Alamat : b_454_ri@yahoo.com

IIS ANDESPA GURU INDONESIA

Mengingat Tenaga honorer yang sudah lama mengabdi tetapi masih belum
di angkat menjadi PNS,,,
Saya harap untuk mereka secepatnya di angkat...

Nama : IIS ANDESPA
Alamat : Gang Lestari No.76 Nendagung Kel. Nendagung Kec.Pagar Alam
Selatan Kota Pagar alam

Dwi Yulianingsih GURU INDONESIA

belum memiliki NUPTK mohon petunjuk sistem cara pengajuannya melalui....

Nama : dwi yulianingsih
Alamat : Jl. 18 Desa Perintis Kec. Rimbo Bujang Kab. Tebo Jambi

HERLINA RONDIYAH GURU INDONESIA

Belum memiliki NUPTK padahal udah kami ajukan kediknas tebo 3 kali

Nama : HERLINA RONDIYAH
Alamat : Jl. 20 Desa Perintis Kec. Rimbo Bujang Kab. Tebo Jambi

Sanusi GURU INDONESIA

Kenapa data longlist 2011 tidak ada tembusan lagi

Nama : sanusi
Alamat : desa palasari rt 01/02

Ilham GURU INDONESIA

GURU KUNCI SUKSES BAGI BANGSA YANG CERDAS

Nama : ilham
Alamat : tanjungbalai

Nurlela Tumanggor GURU INDONESIA

kepada bapak yang berwenang tolong perhatikan kami dalam pengangkatan
PNS tahun 2013 atau guru yang disertifikasi. berikanlah kami kemudahan
dalam mengikutinya.karena kami tidak mampu bersaing jika hanya dengan
materi.berikanlah keadilan kepada kami

Nama : nurlela tumanggor
Alamat : sidikalang

Susanto GURU INDONESIA

proses pendidikan berkarakter dan rencana penghapusan mata pelajaran
ipa dan ips di tingkat madrasah?

Nama : susanto
Alamat : lemahbang, dibal, ngemplak, boyolali, jawa tengah

MUHAR GURU INDONESIA

Tolong Bpk Men-PAN sy segera diangkat karena keadaan ekonomi saya
sangat kritis, saya sudah lama mengabdi dan saya sudah masuk kategori
2

Nama : MUHAR
Alamat : Langensari baru Kecamatan Kesambi Kota Cirebon Provinsi Jawa Barat

Gunawan GURU INDONESIA

Apakah guru honor seperti saya yg sudah mengabdi selama 11 tahun akan
menjadi prioritas pada saat pengangkatan PNS ?

Nama : Gunawan
Alamat : MTsS. As'adiyah No.5 Uloe

TATIK.H GURU INDONESIA

JIKA TIK PADA TAHUN 2013 DIHAPUS, BAGAIMANA NASIB SAYA SEDANGKAN SAYA
SUDAH SERTIFIKASI

Nama : TATIK.H
Alamat : SURABAYA

RR.Noerul Hidayah Boediati GURU INDONESIA

setiap pekerjaan akan ada resiko, jadi bekerjalah dengan sungguh2 dan
ihlash..dengan begitu insya alloh akan menghasilkan generasi generasi
penerus yang smart dan religius...insya alloh ....amiiiin...

Nama : rr.noerul hidayah boediati
Alamat : dsn. wonolelo rt 19 rw 06, desa kadirejo kec. pabelan kab. semarang

BURHANI GURU INDONESIA

pemerintah harus selektif dalam rekrutmen CPNS, karena tidak sedikit
dari mereka yang sudah dinas. tapi kinerjanya sangat tidak sesuai jasa
yang diterimanya. bahkan PNS yang ditempatkan di Sekolah Swasta sangat
undisiplin. dalam prakteknya, PNS tersebut sering kali bolos, tetapi
pada daftar hadirnya selalu penuh. demi untuk mendapatkan gaji
tambahan yang berupa uang konsumsi harian.
Dalam hal ini, kemenag dan Diknas harus selalu memantau kinerja
pegawainya agar terjadi kesinambungan pada semua lini.

Nama : BURHANI
Alamat : MIS Sawahan

Andi Sudiro GURU INDONESIA

Kalau bahasa inggris dihilangkan dari SD/MI, lalu bagaimana nasib guru
yang tersertifikasi bahasa inggris yang mengajar di tingkatan
tersebut?
Pemerintah harus memikirkan dan memberi solusi kongkrit atas hal
tersebut. jangan hanya mencari dan memberi kebijakan, tetapi akan
mentelantarkan nasib sebagian besar guru seperti kami,

Nama : Andi Sudiro
Alamat : Jombang

Moch.Samsun GURU INDONESIA

sukseskan program koperasi sekolah al kaumany sdnkauman 1 kota mojokerto

Nama : moch.samsun
Alamat : simpang kab.mojokerto

HIRJAN S.Pd GURU INDONESIA

pelayanan untuk pembuatan NUPTK supaya di maksimalkan.

Nama : HIRJAN S.Pd
Alamat : KETANGGA, SETANGGOR kEC. SUKAMULIA KAB. LOTIM.NTB

Effendi GURU INDONESIA

Saya setuju dengan forum ini

Nama : effendi
Alamat : rt 03rw 08 sukorejo kendal jateng

Maria G.F.I.Reyaan, S.Pd GURU INDONESIA

Yang terjadi di Kabupaten Merauke bahwa dari tahun 2007 sampai dengan
sekarang kami guru-guru yang ada di Kabipaten Merauke belum
terbayarkan tunjangan fungsinal guru dan tunjangan sertifikasi untuk
tahun2010 dan 2011 masing-masing untuk periode tersebut hanya
dibayarkan 5 bulan saja sedangkan 1 bulan dari setiap periode tersebut
tidak dibayarkan, tidak ada kejelasan tentang hal tersebut. Kami
sebagai guru sangat membutuhkan penjelasan ini.Makasih .

Nama : Maria G.F.I.Reyaan, S.Pd
Alamat : Guru SMP YPPK Yoanes XXIII Merauke

Wulan Diah Pratiwi GURU INDONESIA

Mohon kebijaksanaannya dalam pengangkatan guru non PNS yang masa
kerjanya sudah lebih dari 5 tahun. Terima kasih

Nama : Wulan Diah Pratiwi
Alamat : Ciracas

Tifana Denaya GURU INDONESIA

Saya reanda mencari seorang guru bantu yang bernama Tifana Denaya,
mantan mahasiswa Universitas Pelita Harapan.
Tifana pernah menjadi guru juga di palu sulawesi dan disentani papua.
silahkan lihat fotonya di gmail++ saya, reanda.pratama@gmail.com
saya mohon dengan sangat jika ada yang mengenali hubungi saya.
saya mohon dengan sangat.
by: reanda22@yahoo.com

Nama : Tifana Denaya
Alamat : Jakarta Selatan

Jufrizal, s.pd GURU INDONESIA

yang mudah- mudahan dari guru yang baik

Nama : jufrizal, s.pd
ALamat : benai, kunatan singingi, riau

Mardianah s.pd.I GURU INDONESIA

Berharap menjadi PNS...........
Akankah menjadi kenyataan.....?

Nama : mardianah s.pd.I
Alamat : kembangan utara

Faisal,S.Pdi GURU INDONESIA

Saya perna mengabdikan diri di Sekolah Terpencil SDS BALASARI Kec
Poleang barat Kb Bombana Prov. Sulawesi Tenggara selama 5 Tahun. jika
ada lowongan langsung diangakt CPNS untuk daerah Terpencil, Saya siap
ditempatkan Dimana saja. Wilayah Indonesia.

Nama : Faisal,S.Pdi
Alamat : Seith Kecamatan Batabual Kab Buru

Faisal,S.Pdi GURU INDONESIA

kami mohon atas perhatiannya terhadap guru honor yang bertugas di
daerah terpencil. yang sebagian besar tidak mendapat tunjangan apalagi
poluang untuk menjadi cpns sangat kecil sebab informasi jarang sampai
kekami.

Nama : Faisal,S.Pdi
Alamat : desa seit kecamatan batabual kabupaten buru

Dwi Andriyani GURU INDONESIA

kami guru tk semakin tak berdaya akan nasib kami kedepannya honorer 1
dan 2 tak pernah ada

Nama : Dwi Andriyani
Alamat : Tanggulangin,Padas

Iswan GURU INDONESIA

Mohon di perhatikan nasib kariyawan Honorer yang ada di MA Alkairaat
Sibalaya Kec. Tanambulava Kab. SIGI di Palu Suawesi Tengah.

Nama : Iswan
Alamat : Sibalaya Utara

Uwen, S.Pd.I GURU INDONESIA

assalamualaikum
saya mengajar di madrasah tersebut tapi saya belum punya NUPTK
bagaimana caranya ya sementara sekarang saya mendengar informasi belum
bisa membuat NUPTK?

Nama : uwen, S.Pd.I
Alamat : Dusun Ambangah

EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH UNTUK MENGHASILKAN SEKOLAH UNGGULAN


(Best Practices)
Oleh: ENJAH TAKARI R. dari Kepala SMP Negeri 1 Tomo

A. Latar Belakang Masalah
Kualitas Sumber Daya manusia Indonesia sampai dengan saat ini masih
tergolong rendah dan telah menjadi berita rutin dimana setiap keluar
laporan Human development Index, posisi kualitas Sumber Daya Manusia
Indonesia selalu berada di bawah. Salah satu penyebabnya dan sekaligus
kunci utama rendahnya kualitas manusia Indonesia adalah kualitas
pendidikan yang juga masih rendah. Kualitas sosial-ekonomi dan
kualitas gizi-kesehatan tidak akan dapat bertahan tanpa adanya manusia
yang memiliki pendidikan berkualitas. (Nurkolis , 2002:1)
Negeri ini sedang berjuang keras untuk meningkatkan kualitas
pendidikan, namun hasilnya masih belum memuaskan. Kini upaya untuk
meningkatkan kualitas pendidikan ditempuh dengan membuka
sekolah-sekolah unggulan.

Irdawati GURU INDONESIA

saya guru TIK dan sudah sertifikasi...bagai mana nasib saya..saya
masih honor sekolah..

Nama : irdawati
Alamat : pekanbaru

Dwi GURU INDONESIA

Mengapa nasib guru swasta selalu dinomer sekian, saat TPP guru PNS sdh
keluar lama TPP guru swasta belum jg keluar sampai menginjak bulan ke
6, padahal kalau dihitung TPP PNS lebih besar dibanding, TPP swasta
(hanya 1,500,000), tp msh juga ditunda. Saat guru swasta sdh menerima
TPP, mereka sdh tidak boleh mengajukan TFG dan Fungsional Transport,
Tapi Guru PNS msh banyak yg boleh mengajukan tunjangan Fungsional
Transport, dan yg lebih dianak tirikan adalah mengapa guru PNS selalu
upgrade jika ada workshop apapun yg terbaru, sampai dengan kurrikulum
yg berkarakter lingkungan yg terbarupun mereka mengetahui lebih dulu,
sedangkan guru swasta,jangankan ikut workshop,lebih baik mereka
mengajar dari pada gaji mereka akan dipotong saja, adakah yang
bernasib sama seperti guru swasta di kotaku ????????????????????

Nama : Dwi
Alamat : Tandes Lor II

Awaludin Nur GURU INDONESIA

ketidak adilan di indonesia ketika melihat guru honorer yang
penghasilanya 360 derajat jauh berbeda dengan guru PNS

mau jadi apa negeri ini .....
kenapa engga semua guru dijadikan PNS ajaaaaaa

n gak usah ada sertifikasi,,,, saya yakin akan lebihbaik pendidikan
dimasa yang akan datang tidak seperti ini carut marut dan banyak
kesenjangan sosiallllll

Nama : awaludin nur
Alamat : arjawinangun kab cirebon

SYAHRUL,SPd GURU INDONESIA

TOLONG GIMANA KAMI INI GURU HONORER INI

Nama : SYAHRUL,SPd
Alamat : BUKIT KEMUNING

Bentop GURU INDONESIA

aku senang artikel-arkel dari luar papua

Nama : Bentop
Alamat : jln.Hom-hom wmx

Taqyudin GURU INDONESIA

Belum ada perhatian dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Nama : Taqyudin
Alamat : Kp. Wanasari Jalan RT 003/001 Desa. Junti Kec. Jawilan Kab.
Serang Prop. Banten

Ariyanto GURU INDONESIA

kapan GTT dapat hidup layak walaupun tidak sama seperti yang sudah PNS
setidaknya pemerintah memikirkan hal itu karna yang jelas walaupun
masih berstatus GTT mereka sangat rajin bahkan melebihi dari jyg sudah
PNS

Nama : Ariyanto
Alamat : pekalongan

Selasa, 27 November 2012

Perubahan Kurikulum Tidak Melibatkan Guru

JAKARTA, KOMPAS.com -- Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) mempersoalkan perubahan kurikulum 2013 yang sejak awal tidak melibatkan guru. Mereka menilai hal itu memang direncanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bahwa guru hanya akan dilibatkan pada saat uji publik.
Sikap Kemendikbud itu, menurut FSGI, mengindikasi bahwa guru memang tidak berhak terlibat dalam tataran penyusunan kurikulum. Guru hanya dianggap pelaksana yang harus mentah-mentah menerima kurikulum yang sudah dibuatkan para ahli dan para profesor.

Drs. Nurawan GURU INDONESIA

Jadilah Guru sebagai panutan, contoh dan suri tauladan anak
didik,jangan cepat resah walaupun tunjaangan sertifikasi, atau
tunjangan apapun terlambat keluar, mungkin dibalik itu ada hikmahnya.
Oleh karena itu wahai teman guru se indonesia bersabar, bersabar dan
bersabarlah.

Nama : Drs. Nurawan
Alamat : Gerung Lombok Barat

Rudi Eka Saputra GURU INDONESIA

selama 6 tahun ini saya mengajar, saya belum juga mendapatkan NUPTK.
mengapa NUPTK saya tdak kluar2 juga?
padahal saya sudah memasukkan formulir pendaftaran NUPTK ke Kantor
Dinas Pendidikan di Kota Pariaman Prov.Sumatera Barat. tapi sampai
sekarang NUPTK Saya belum Juga Keluar.

Nama : Rudi Eka Saputra
Alamat : Lubuk Basung Kab.Agam Prov.Sumatera Barat

MUHAMMAD IMRANSYAH GURU INDONESIA

SEMANGAT GURU SERTIFIKASI BUKAN SEMAKIN MEROSOT, BAHKAN SEMAKIN
BERGAIRAH DALAM MENJALANKAN TUGASNYA SEBAGAI SEORANG GURU / PENDIDIK.
KARENA SUDAH TIDAK MEMIKIRKAN BERAPA BESAR PENGHASILAN YANG AKAN
DIDAPAT. APALAGI BAGI GURU HONORER YANG UMUMNYA MEMPUNYAI UPAH DIBAWAH
STANDAR TENTU HAL INI SANGAT MEMBANTU DALAM MENINGKATKAN
KESEJAHTERAANNYA DAN TENTUNYA AKAN MENINGKAT PULA DISIPLINNYA DALAM
BEKERJA.
LAGIPULA SUDAH BANYAK SEKOLAH-SEKOLAH MELAKUKAN PROGRAM-PROGRAM KERJA
TAMBAHAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA BAGI GURU YANG TELAH
TERSERTIFIKASI BAIK DALAM MENDIDIK SISWA DI SEKOLAH MAUPUN PERANNYA
DALAM BERMASYARAKAT.
UNTUK ITU MARI KITA DUKUNG PROGRAM PEMERINTAH DALAM MENSEJAHTERAKAN
PARA PENDIDIK DI NEGERI INI AGAR TERUS DAPAT BERKARYA SEMAKSIMAL
MUNGKIN DALAM MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA DAN TENTUNYA KITA BERHARAP
AGAR PROGRAM SERTIFIKASI GURU TERUS BERKELANJUTAN.

Nama : MUHAMMAD IMRANSYAH
Alamat : JL. LETJEND. JAMIN GINTING BINJAI

Abdul Haris GURU INDONESIA

GURU ADALAH SEBUAH PENGABDIAN MULIA YG PENUH DGN SUKA CITA BILA KITA
TULUS MENJALANINYA.
SELAMAT HARI GURU SMOGA HARI JADI GURU AKAN MEMBAWA GURU KEARAH YG
LEBIH PROFESIONAL.

Nama : abdul haris
Alamat : dompu ntb

Amran GURU INDONESIA

Selamat hari ulang tahun Pondok Pesantren Darussalam yang ke-26

Nama : Amran
Alamat : Gerung Lombok Barat

Asep Dian Hermawan GURU INDONESIA

tolong bagaimana nasib saya? apa ada harapan untuk jadi
PNS?bertahun-tahun saya mengabdi belum ada kepastiannya. gaji cuma 500
ribu/bln


Nama : asep dian hermawan
Alamat : Dsn Cikaramas Rt/w 01/08 desa cikaramas, kec Tanjungmedar, Kab Sumedang

DARKHASYI GURU INDONESIA

Dengan melihat draf perubahan kurikulum tahun 2013 guru yang mengajar
TIK dan sudah sertifikasi tidak ada mata pelajaran di SMP, jadi
ditempatkan kemana, mohon penjelasan

Nama : DARKHASYI
Alamat : BAKTIYA BARAT

Senin, 26 November 2012

Hafid Taufik GURU INDONESIA

Apa kriteria bagi guru daerah terpencil/kepulauan yang mendapatkan
tunjangan guru daerah terpencil/kepulauan? karena sebagian besar dari
kami (khususnya saya) tidak mendapat tunjangan tersebut walaupun
mayoritas dari guru yang dapat tunjangan itu masih dibawah saya baik
masa kerja dan usia bahkan saya adalah asli putra daerah tempat saya
bekerja, mohon penjelasan trimakasih. tolong kirim penjelasannya ke
email saya : albajordi67@gmail.com

Nama : hafid taufik
Alamat : Ds.Gayam Kec.Gayam Kab.Sumenep JATIM

Popo Wartopo GURU INDONESIA

dimana bisa saya lihat data longlis calon peserta sertifikasi tahun
2012 untuk kemenag.prv. sumut yaa..sy dari asahan

Nama : popo wartopo
Alamat : kisaran

Mochamad Nur GURU INDONESIA

GuruKu Sayang Guruku Malang

Dari Pagi kau ayun kan langkahmu
demi anak bangsa
hari demi hari kobarkan semangatmu untuk anak bangsa
anak didikmu menangis kau tetap sabar untuk membimbingmu
masa depan mu terus diukir agar jadi anak yang bermanfaat.

nasibmu tetap selalu tertinggal oleh pp yang selalu memojokanmu
pp yang selalu menjadi hantumu
pp yang selalu menjadi kamu menderita
tapi kau tetap selalu berjuang untuk bangsamu

guruku apakah nasibmu akan selalu seperti itu
apakah suara hatimu tidak didengan oleh orang orang pejabat
apakah bukaman suara yang selalu kauterima
padahal kau guru yang dikatakan pahlawan dengan penuh pengorbanan
...... demi anak bangsa yang selalu ..... dan selalu menangis


selamat hari PGRI kami pengurus PGRI ranting Barat selalu berjuang
untuk guru (Guru Swasta)

Nama : mochamad Nur
Alamat : Kraton - Maospati - Magetan - Jawa Timur

Faridha Naim, S.Pd GURU INDONESIA

Pendidikan nomor 1
Met Hari Guru untuk seluruh guru di dunia ini..... smoga kita smua di
berikan kesehatan dr Allah SWT agar dapat melaksanakn tugas sebagai
panglima..... Amin

Nama : Faridha Naim, S.Pd
Alamat : Jln. Andi Djemma no 52 Palopo

Nelly Sulastri GURU INDONESIA

bisakah minta tlg ditampilkan contoh program remedial dan pengayaan
mata pelajaran tik

Nama : Nelly Sulastri
Alamat : Jl. pangeran Duayu No. 03

Rosdiana GURU INDONESIA

jadilah guru yang terbaik di seluruh dunia

Nama : rosdiana
Alamat : dompu

Wanda Asmara S.Pd GURU INDONESIA

Terkait Berita Akan Diberlakukan Pensiun Dini Bagi PNS Menurut Saya
Ini adalah suatu terobosan baru yang perlu di apresiasi oleh semua
pihak terutama BAKN

Nama : Wanda Asmara S.Pd
Alamat : Jln G.golkar 94 Komplek SMPN 2 Meliau Kab sanggau KALBAR 78571

Tantoso GURU INDONESIA

Dukung terus program pemerintah dalam penuntasan sertifikasi.

Nama : Tantoso
Alamat : Dukuhturi II

yulia fitri haryanti,s.s GURU INDONESIA

"SELAMAT HARI PGRI 24 NOF. 2012" YANG HIDUP DALAM JIWAMU ADALAH CINTA
& KASIH, MENYEJUKKAN BAGAI EMBUN DI PAGI HARI.DHARMA BHAKTIMU MENGUKIR
MASA DEPAN GENERASI PENERUS BANGSA,BERJUANG TANPA PAMRIH & TAK KENAL
AKHIR....ENGKAU MENJADI INSPIRASI ,IDOLA , DAN PENGOBAR SEMANGAT BAGI
ANAK DIDIKMU . BAGAI PELITA DI MALAM HARI, PERJUANGAN MU BERHASIL
MENCRDASKAN ANAK BANGSA. ENGKAU LAYAK DIANUGERAHI " PAHLAWAN PEMBANGUN
INSAN CENDEKIA " . SELAMAT HARI GURU NASIONAL KE 67 , SEMOGA SEMUA
GURUMELAKSANAKAN TUGAS DENGAN HATI YANG IKHLAS , DEMI MENGHARAP RIDHA
ALLAH. SEMOGA . AMIN !

Nama : yulia fitri haryanti,s.s
Alamat : painan sumbar

yulia fitri haryanti,s.s GURU INDONESIA

saya ingi sekali jadi guru,tapi sayang akta 4 sudah dihapus, saya
lulusan sastra indonesia non pendidikan. apa yg harus saya lakukan
agar saya bisa jadi guru pns. apakah bisa saya diterima masuk
pendidikan provesi guru? kalau bisa perguruan tinggi mana yg sudah
membuka program pdd provesi guru ? pendapat saya, jadi guru itu adalah
tugas yg sangat mulia,karena tugas guru selain mendidik dan membimbing
siswa, juga mencerdaskan kehidupan bangsa.Apalagi kalau kita kerjakan
dengan hati yg ikhlas,tentulah mendapat pahala di sisi Allah swt.Saya
selalu berdoa semoga Allah mengabulkan cita-saya untuk menjadi guru
provesional. Amin !

Nama : yulia fitri haryanti,s.s
Alamat : painan sumbar

Minggu, 25 November 2012

Amin Tohari GURU INDONESIA

sertifikasi harusnya menjadikan guru lebih giat,semangat, disiplin dan
bertangggungjawab terhadap kode etik keprofesionalanya, bukannya
setiapharinya terngiang-ngiang oleh gaji yang menumpuk-numpuk.
lihatlah guru swasta seperti kami yang begitu menderita, sudah gaji
amat tidak manusiawi , hak hak nya pun begitu dimarginalkan oleh
pemerintah. lihat saja_dalam masalah perekrutan honorer K-1,K-2 guru
guru swasta tidak pernah dianggap ada. masya Allah ......padahal
banyak guru swasta yang kerjanya justru luar biasa. sebab jika tidak
begitu_alamat tahun depan tidak dapat siswa. semoga TUHAN membuka hati
pemerintah agar lebih adil dalam membuat kebijaksanaan

Nama : amin tohari
Alamat : baron-nganjuk

TUMBUR SIMBOLON GURU INDONESIA

KAMI SUDAH MELENGKAPI BERKAS KE DINAS KAB/KOTA UNTUK PEMBERKASAN
IMPASSING GURU GTY TETAPI SAMPAI HARI INI KAMI BELUM MENGETAHUI STATUS
BERKAS YANG KAMI KIRIMKAN APAKH MASIH BELUM LENGKAP ATAU SUDAH LENGKAP
BELUM ADA INFORMASI YANG JELAS

Nama : TUMBUR SIMBOLON
Alamat : JL DAMAI SIDIKALANG

Labibahfarjah GURU INDONESIA

kapan ya guru honorer seperti kami ini di angkat jadi PNS ..?
sementara banyak honorer yg lebih lama mengabdi belum juga PNS,
bahkanyg lebih dulu PNS adalah yg baru lulus dari perguruan tinggi/yg
tidak pernah honor sama sekali,jadi mereka langsung lulus PNS,menurut
saya sebaiknya PNS di angkat berdasarkan lama masa
kerjanya.terimakasih

Nama : labibahfarjah
Alamat : sijunjung

Nana Suryana GURU INDONESIA

semoga pemerintah dapat mengangkat tenaga tata usaha untuk di tingkat dasar

Nama : Nana Suryana
Alamat : Tanjungsukur - Rajadesa - Ciamis - Jawa Barat

Sri Wardhani, S.Pd GURU INDONESIA

Ketika melihat murid murid yang menjengkelkan dan melelahkan... Maka
hadirkanlah gambaran bahwa di antara satu dari mereka akan menarik
tangan kita menuju surga...
Selamat berjuang wahai Guru ....!!!!
Kebahagian kita adalah saat menyadari murid kita adalah butiran tasbih
pengabdian kita kepada Nya " Selamat Hari Guru Nasional yang ke 67"


Nama : Sri Wardhani, S.Pd
Alamat : Bandar Lampung

Mohammad Adib Ridwan, S.Pd.I GURU INDONESIA

Mari Kita bersama mencerdaskan bangsa,Charity begins at home "

Nama : Mohammad Adib Ridwan, S.Pd.I
Alamat : Rembang,Jawa Tengah

Yulia Fitri Haryanti,s.s GURU INDONESIA

saya lulusan S1 SASTRA INDONESIA non pendidikan,saya ingin sekali jadi
guru. bagaimana caranya agar saya diterima masuk pendidikan provesi
guru ? adakah perguruan tinggi yg sudah membuka pendidikan provesi
guru di sumbar?

Nama : yulia fitri haryanti,s.s
Alamat : painan sumbar

Asep Saepul Ulum GURU INDONESIA

bantuan pemerintah khususnya wilayah tasikmalaya kurang memperhatikan
lembaga pendidikan... terutama terhadap bantuan-bantuan pembangunan
lembaga pendidikan,,,

Nama : asep saepul ulum
Alamat : tasikmalaya

Ermayulis spd GURU INDONESIA

'' Waktu jepang setelah kalah perang dunia ke 2 pertama yg dicari
adalah guru ,bukan jendral begitu jepang menghargai guru,begitu
pentingnya pendidikan,tapi apa di Indonesia tayanggan tv selalu
menayangkan guru yg goblok yg di olok-olok.Dulu gaji guru kecil
sehingga guru diejek dengan Umar Bakri ,sekarang guru sudah agak
mendingan dengan sertifikasi ,tapi itu tidak sepenuh hati oleh
pemerintah guru harus mencukupkan jam 24 jam kesana kemari ,kadang
guru-guru sama guru tidak enak.bagaimana guru bisa memacu ilmu
,mendidik ,membimbing siswa kalau hanya yg dituntut mengajar /tatap
muka .pasti saja pendidikan akan mundur jadi sebaiknya kepada guru
berikanlah apa yg jadi haknya jam tatap muka cukup 18 jam .dengan
segudang kerja guru dibawa pulang dan kerja guru,membina siwa nakal
,malas , membina untuk prestasi ,berkepribadian dll..( jadi guru
tidak mengajar saja tapi ,mendidik ,membina ) insyallah pendidikan
akan maju selamat hari guru se Indonesia

Nama : ermayulis spd
Alamat : Bukittinggi (sumbar)

Ritayani Sinaga, S.Pd. GURU INDONESIA

*SERTIFIKASI GURU 2013*

Menjadi seorang guru adalah hal yang menyenangkan merupakan sebuah
pengabdian yang tulus.Saat ini guru-guru lagi di panggil untuk
mengikuti SERGUR 2013,adalah hal yang sangat membanggakan bila
berhasil mengikuti diklat dan dapat menjadi guru yang prefosional.
Untuk menjadi guru yang prefosional butuh proses yang sangat panjang,
dimana kita di tuntut harus bekerja keras, tekun,di siplin dan penuh
pengabdian serta mencintai anak didik serta memperhatikan
karakteristik siswa karena tingkat kemampuan anak berbeda-beda dalam
proses belajar. Guru di tuntut lebih sabar memahami perbedaan
itu.Untuk bisa menjadi guru yang bersertifikatpun sangat sulit butuh
pegorbanan, di mana kita terpanggil mengikuti diklat,kita akan
meninggalkan anak, suami dalam masa 10 hari,itu merupakan perjuangan
yang sangat besar, bagi guru dan juga ibu rumah tangga, yang
senantiasa mengurus rumah tangga,mendidik anak serta memberikan kasih
sayang setiap detik tak terlewatkan bagi suami dan anak.Guru yang
merupakan ibu rumah tangga,seperti saya yang akan mengikuti diklat dan
guru- guru yang lain janganlah terlalu sulit,dibebani terlalu menumpuk
tugas-tugas,sementara beban pikiran sangat banyak yang meninggalkan
suami dan anak dalam waktu 10 hari, apalagi bagi guru-guru yang sudah
tua-tua belum tau memakai komputer karena ada juga sekolah belum ada
atau belum mempelajari komputer apa lagi bagi guru yang tinggal di
desa terpencil yang masih kurang sarana serta inpormasi.Saya sangat
berharap diklat 2013 ini hendaknya dipermudah, tutornyapun bersahabat
supaya dalam mengikuti diklat tidak terlalu tegang, khususnya ibu
rumah tangga,karena meninggalkan anak dan suami.
Terima Kasih.

Nama : Ritayani Sinaga, S.Pd.
Alamat : TANGGA BATU, KECAMATAN HATONDUHAN KAB. SIMALUNGUN

Dien Mindiakhidiyah Wardani, S.Pd GURU INDONESIA

Saya guru yang bertugas di SMP ALMA ATA Majenang, sudah 4 tahun lebih
saya mengajar, namun sampai sekarang saya belum mendapatkan NUPTK,
padahal sudah berkali-kali mengajukan.Masih banyak guru di sekolah
kami yang belum mendapatkan NUPTK, padahal kamisudah mengisi data dan
mengajukannya, tapi sampai saat ini belum ada beritany.
Mohon bantuannya, langkah apa yang harus dilakukan agar bisa
memperoleh NUPTK. trims.

Nama : Dien Mindiakhidiyah Wardani, S.Pd
Alamat : Jl Ki Adeg No 07 Rt 05 / Rw 04 Majenang-Cilacap

Meki Hariyanto GURU INDONESIA

Artikel Pendidikan merupakan sebuah tulisan yang memberikan informasi
mengenai bidang pendidikan baik formal maupun non formal. Sekedar
untuk mengingatkan Anda tentang pendidikan berikut ini saya paparkan
tentang filosofi pendidikan dan fungsi pendidikan.

Filosofi Pendidikan
Pendidikan bisa saja berawal dari sebelum bayi lahir seperti dilakukan
banyak orang dengan memainkan musik dan membaca kepada bayi dalam
kandungan dengan harapan ia bisa mengajar bayi mereka sebelum
kelahiran.

Bagi sebagian orang, pengalaman kehidupan sehari-hari lebih berarti
daripada pendidikan formal. Anggota keluarga mempunyai peran
pengajaran yang amat mendalam, sering kali lebih mendalam dari yang
disadari mereka, walaupun pengajaran anggota keluarga berjalan secara
tidak resmi.

Fungsi Pendidikan
Menurut Horton dan Hunt, lembaga pendidikan berkaitan dengan fungsi
yang nyata (manifes). Mempersiapkan anggota masyarakt untuk mencari
nafkah, fungsi laten lembaga sebagai wadah pendidikan, melalui
pendidikan di sekolah orang tua melimpahkan tugas dan wewenangnya
dalam mendidik anak kepada sekolah.

Sekolah memiliki potensi untuk menanamkan nilai pembangkangan di
masyarakat. Hal ini tercermin dengan danya perbedaan pandangan antara
sekolah dan masyarakat tentang sesuatu hal, misalnya pendidikan seks
dan sikap terbuka.

Pendidikan sekolah diharapkan dapat mensosialisasikan kepada para anak
didiknya untuk menerima perbedaan prestise, privilese, dan status yang
ada dalam masyarakat. Memilih dan mengajarkan peranan sosila.

Berikut ini beberapa artikel pendidikan yang dapat Anda baca dan
mudah-mudahan dapat memberikan manfaat utamanya bagi penulis :

Nama : meki hariyanto
Alamat : lhokseumawe

Mukhtar AK GURU INDONESIA

Untuk mengetahui kita termasuk daftar Tunggu (Waiting List)
sertifikasi Klik Informasi Sertifikasi Ter- update :

Langkahnya sebagai berikut :

Setelah mengklik Link Di atas,

- Klik Kriteria

-Pilih Propinsi

- pilih Kab/Kota

-Tampilkan

Sertifikasi guru adalah proses pemberian sertifikat pendidik kepada
guru yang telah memenuhi persyaratan. Sertifikasi guru bertujuan
untuk: (1) menentukan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sebagai
pendidik profesional, (2) meningkatkan proses dan hasil pembelajaran,
(3) meningkatkan kesejahteraan guru, serta (4) meningkatkan martabat
guru; dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu.

Berdasarkan Surat Keputusan MENDIKNAS Nomor 075/P/2011, penyelenggara
sertifikasi guru dalam jabatan Rayon 110 ditetapkan Universitas
Pendidikan Indonesia (UPI) sebagai LPTK Induk dan empat LPTK Mitra,
yaitu: (1) Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, (2) STKIP
Siliwangi Bandung, (3) Universitas Langlangbuana, (4) Universitas
Kuningan.

Memaknai dasar dan tujuan sertifikasi, maka dalam pelaksanaannya baik
para guru peserta sertifikasi, panitia pelaksana maupun instansi yang
terkait dengan aktivitas sertifikasi jangan memanfaatkan sertifikasi
hanya untuk memperoleh tambahan tunjangan dan pendapatan semata,
tetapi semua pihak harus memiliki komitmen dan menunjukkan
akuntabilitas kinerjanya yang didasari nilai moral yang tinggi.

Untuk menjunjung prinsip akuntabilitas sertifikasi yang jujur,
transparan, objektif, Rayon 110 Universitas Pendidikan Indonesia
menyediakan Website yang dapat dijadikan sebagai sumber informasi dan
komunikasi oleh semua pihak yang berkepentingan dengan penyelenggaraan
Sertifikasi Guru dalam Jabatan.

Nama : Mukhtar AK
Alamat : Jl Raya Ciamis Banjar KM.4 Dusun Pende Pamalayan Cijeungjing Ciamis

Ta'if, S.Ag GURU INDONESIA

Assalamu'alaikum Wr.Wb. Salam sejahtera untuk kawan-kawan
semua.Selamat berjuang...Mari melakukan yang terbaik untuk dunia
pendidikan di Indonesia..

Nama : Ta'if, S.Ag
Alamat : Tirpas, Desa Tirtanadi, Kec.Labuhan Haji Lombok Timur Nusa
Tenggara Barat

Ida Rini Fudayati GURU INDONESIA

setiap bulan semua lembaga pendidikan negeri maupun swasta
melaksanakan laporan bulanan ke kantor upt ,mengapa masih melakukan
update data seperti: up date nuptk harusnya data-data tersebut secara
otomatis ter up date di upt setempat.

Nama : ida rini fudayati
Alamat : pandaan pasuruan jawa timur

Liem Jim GURU INDONESIA

aturan Kasi mapenda kemenag kab bandung akan menyulut gelombang demo
dan efek puncaknya pendidikann di madrasah mendatang terpuruk untuyk
di swasta

Nama : Liem Jim
Alamat : Bandung

Sri Wardhani, S.Pd GURU INDONESIA

Sebagai guru kita harus memahami betul bidang tugas kita. Harus juga
di kerjakan secara iklas... . Guru Profesional adalah guru yang selalu
menciptakan pembelajaran yang inovatif.

Nama : Sri Wardhani, S.Pd
Alamat : Bandar Lampung

Endang Sukarna,S.sos.I GURU INDONESIA

Berbicara masalah pendidikan seorang anak tidak bisa dilepaskan dari
tiga komponen. Yakni, Peran orang tua, peran lingkungan, dan peran
pendidikan di sekolah. Ketiga-tiganya adalah merupakan kunci
keberhasialan suatu pendidikan.

Peran orang tua sangat dominan sekali dalam mendorong anak untuk dapat
melakukan hal-hal positif. Selain itu juga peran lingkungan sangatlah
mempengaruhi terhadap perkembangan kejiwaan anak, dalam hal ini adalah
dengan siapa anak bergaul?.

Terlepas dari itu semua peran pendidikan di sekolahpun dapat
mempengaruhi terhadap perkembangan anak. Sekolah yang baik bukan hanya
mengejar sebuah target suatu lembaga. Namun, apakah anak mampu
berakhlak kearah akhlak yang baik?

Nama : Endang Sukarna,S.sos.I
Alamat : MI.An-Nuroniyah

Nurmaningsih GURU INDONESIA

keputusan adalah suatu yang harus dijalani dan di pertanggung
jawabkan,karena suatu keputusan adalah langkah menuju keberhasilan
atau kegagalan,untuk itu jangan terlalu cepat mengambil keputusan,
lihatlah dari berbagai sisi agar keputusan yang diambil telah memenuhi
berbagai manfaat yang berlandasan bagi kepentingan orang banyak.Lebih
baik sedikit ilmu tapi bermanfaat untk orang lain, dari pada banyak
ilmu tapi tak di amalkan sehingga tak bermanfaat.

Nama : nurmaningsih
Alamat : sd bumi ratu

Sabtu, 24 November 2012

Santi Siregar GURU INDONESIA

Kita telah merdeka dari belenggu penjajahan bangsa Belanda dan Jepang
namun apakah kita sudah terbebas dari belenggu ketidakadilan oleh
bangsa kita sendiri? Semua kita memiliki agama yang mengajarkan
kebaikan namun apakah kita sudah melakukan kebaikan?Dalam ajaran agama
Islam diajarkan untuk berbuat adil kepada setiap orang tanpa
membedakan agama,suku,dan bangsa maupun warna kulit,dan diajarkan
untuk bersikap jujur.Saya yakin semua agama pasti mengajarkan kebaikan
namun mungkin tak sedikit dari kita yang melalaikan apa yang
diperintahkan Tuhan.Dan tak sedikit yang mencintai kejujuran namun
malangnya di negara ini,jika kita jujur bisa terbujur dengan kata
lain* mengungkapkan kejujuran bisa terbujur berbaring dibui karena
yang benar bisa disalahkan,yang salah bisa dibenarkan,sehingga rakyat
kecil seperti kita ini bingung mau mengungkapkan kejujuran takut
disalahkan karena tak selamanya kejujuran berbuahkan manis

Nama : santi siregar
Alamat : jl.ir h juanda
semoga lebih bagus lagi blogspot ini

Nama : rosita manik
Alamat : jln.haji ulakma sinaga no2

Teti Marni GURU INDONESIA

Artikel Teknologi : 9 Tips dan Trick Menghemat Energi PC/Laptop

Pernahkah anda merasa pembayaran listrik bengkak gara-gara penggunaan
computer atau laptop setiap hari? Apalagi sekarang ini listrik
menggunakan pulsa, tentunya kita harus lebih hemat sehemat mungkin
agar pulsa listrik kita tidak cepet habis. Nah untuk mengatasi hal
tersebut, berikut AllSoft berbagi tips cara menghemat energi pada
computer dan laptop.

9. Atur pencahayaan dan kontras monitor
Mungkin bagi orang yang awam atau pemula dalam menggunakan komputer,
mereka jarang sekali memperhatikan pengaturan monitor mereka. Yang
dimaksud dalam hal ini adalah tingkat pencahayaan dan kontras yang
diatur terlalu tinggi akan bisa menghabiskan banyak energi. Maka untuk
itu anda harus bisa mengatur pencahayaan dan kontras tersebut, untuk
mengatur pencahayaan dan kontras monitor tersebut gunakan tombol yang
berada di bawah monitor.

8. Matikan monitor
Tips yang ke-dua adalah dengan mematikan monitor, terutama monitor
yang jenisnya adalah jenis CRT (Cathode Ray Tubel), karena monitor
jenis tersebut lebih banyak mengkonsumsi tenaga listrik. Jadi, jika
anda ingin meninggalkan PC tersebut dalam waktu yang lama, sebaiknya
matikan monitor anda.

Anda juga dapat menyetting Windows agar secara otomatis langsung mati
dalam beberapa waktu tertentu, itu bisa dilakukan dengan cara, klik
"Control Panel-Options". Dalam "Power Options Properties" klik tab
"Power Schemes". Lalu klik tanda panah di bagian "Power Schemes" lalu
pilih "Home/Office desk". Lalu pilih waktu yang diinginkan pada "Turn
Off Monitor" dan klik "Apply" dan "OK".

7. Matikan Hard disk
Meskipun kita tidak sedang melakukan apa pun pada komputer kita, tapi
data anda akan selalu dibaca dari hard disk (oleh sistem operasi dan
beberapa aplikasi). Karena alasan ini, hard disk hard disk akan terus
menerus berputar dan tentu saja ini akan menghabiskan energi. Jika
anda ingin meninggalkan PC anda dalam waktu yang lama, maka sebaiknya
matikan hard disk PC anda. Pada "Power Options Properties" lalu klik
tab "Power Schmes". Klik tanda panah di bagian "Power Schemes" dan
pilih "Home/Off desk". Kemudian klik "Turn off hard disk" dan pilih
waktunya. Lalu klik "Apply" dan "Ok".

6. Matikan peralatan lainnya
Matikanlah peralatan lainnya seperti, speaker, modem eksternal,
scanner, Zip drive dan printer. Karena peralatan itu sangat
menghabiskan banyak energi. Seringkali orang meninggalkan peralatan
tersebut dalam keadaan aktif, bahkan saat kita sedang keluar dalam
waktu yang lama.

5. Mode Hibernate
Mode hibernate ini adalah fasilitas untuk melakukan shut down, tapi
tidak menutup atau mematikan aplikasi yang sedang kita buka tadi. Hal
ini dapat dilakukan dengan cara Mode "Hibernate". Dengan mode ini, isi
memory utama (RAM) akan tersimpan dalam hard disk. Cara melakukan mode
hibernate adalah sebagai berikut, pada "Power Options" kliklah tab
"Hibernate". Lalu klik kotak dekat "Enable Hibernation". Klik juga
pada tab "Advanced". Dalam bagian "When I Press the power button" lalu
klik tanda panahnya kemudian klik "Hibernate". Klik "Apply" dan "Ok".
Setelah itu tekan tombol "Power" pada komputer anda. Mode hibernate
sudah berfungsi, tekan tombol "Power" sekali lagi, komputer anda akan
menyala dan akan otomatis membuka aplikasi yang telah anda buka tadi.

4. Mode Standby
Agar bisa menghemat energi, sebaiknya pengaturan monitor dan hard disk
berada di bagian yang paling rendah pada mode standby. Jika anda ingin
meninggalkan PC sebentar, sebaiknya aktifkan mode standby. Namun yang
harus anda ketahui adalah, saat mode standby aktif data-data yang
belum anda simpan dapat rusak atau hilang kalau PC anda mengalami
kerusakan. Sebaiknya simpan dahulu data atau dokumen anda sebelum anda
mengaktifkan mode standby ini. Mode standby dapat dilakukan dengan
cara, klik "Start-Turn Off computer" lalu klik "Stanby".

3. Gunakanlah UPS
Gunakanlah selalu alat UPS, karena alat ini bisa membantu penyelamatan
data atau shut down saat terjadi mati listrik. Untuk mengatur
peralatan UPS dan mengkonfigurasikan alat tersebut "Power Option
Properties" lalu pilih tab UPS. Bagian status dalam tab UPS
menampilkan perkiraan jumlah menit yang dapat didukung UPS terhadap PC
anda. Sebenarnya banyak cara untuk mengkonfigurasikan UPS, namun hal
ini tergantung dari model dan kapasitas UPS yang digunakan.

2. Baterai Laptop
Jika anda men-charge baterai laptop, pastikan proses charge-nya
selesai. Karena proses charge yang dilakukan setengah-setengah lalu
dilanjutkan kembali, itu malah akan menghabiskan banyak energi. Jika
anda ingin berpergian, sebaiknya bawa selalu baterai tambaha. Untuk
menghemat pemakaian baterai. Anda bisa memanfaatkan feature
Hibernate/Suspended atau gunakan soket listrik yang dihubungkan ke
stopkontak.

1. Port USB
Jika saat anda menggunaka laptop dan saat itu anda memasukkan salah
satu ke port USB di laptop, sebaiknya kalau sudah selesai langsung
dilepaskan saja. Karena peralatan yang masih tertancap di port USB,
itu juga dapat menghabiskan tenaga pada PC atau laptop anda. Sebaiknya
lepaskan alat tersebut bila pemakainnya dirasa sudah cukup.


Nama : teti marni
Alamat : padang

Bahrul Anwar GURU INDONESIA

Membangun Sebuah Lembaga Pendidikan Yang Bermutu Membutuhkan Sebuah
Perjuangan Yang sangat Maksimal dan Berat.
Jadikan lah ini sebagai nilai ibadah dalam hidup kami untuk
mencerdaskan Anak Bangsa

Nama : Bahrul Anwar
Alamat : Ds. Ciledug Kec. Setu Kab. Bekasi

MARZA, S.Pd GURU INDONESIA

Melalui forum Guru Indonesia saya ingin menyampaikan bahwa jagalah
persatuan dan kesatuan kita sehinggga kita para guru ini mendapat
penghargaan yang tinggi dlam masyarakat dan PGRI sebagai wadah kita
berperan aktif dalam meningkatkan kualitas Guru dan ke profesionalan
sehingga akan terwujud cita-cita luhur bangsa ini.

Nama : MARZA, S.Pd
Alamat : Sawang

Riduansyah GURU INDONESIA

salam hangat buat pa Sby :)

Nama : Riduansyah
Alamat : Banjarmasin

Beber GURU INDONESIA

Langsung saja, di SMPN 1 Beber Kab. Cirebon Jawa Barat beberapa Guru
yang telah lama lulus sertifikasi guru dalam jabatan dan telah pula
menikmati tunjangan profesi guru, sampai saat ini keadaannya sangat
memprihatinkan. mereka sama sekali tidak menunjukkan perubahan atau
peningkatan kualitas mereka sebagai Tenaga Pendidik. Diantaranya
mereka tidak mampu membuat soal ulangan harian sendiri, sehingga
pembuatan soal tersebut dilimpahkan kepada pihak administrasi sekolah
atau TU. anehnya mereka tidak merasa malu, bahkan mereka akan marah
jika kemauan mereka itu tidak dilaksanakan. bukankah sudah menjadi
kewajiban guru untuk membuat soal harian siswa? apalagi mereka telah
lulus sertifikasi guru. saya melaporkan keadaan yang sebenarnya, dan
sebaiknya di evaluasi lebih lanjut, kalau perlu cabut saja tunjangan
sertifikasi guru tersebut, sehingga tidak membuang uang RAKYAT dengan
percuma. terima kasih.

Nama : beber
Alamat : kec. beber kab. cirebon jawa barat

Zuhria GURU INDONESIA

saya guru bidang studi biologi brhubung belum ada pengangkatan utk
mengisi waktu saya mengabdikan diri sebagai guru non PNS di kota saya.


Nama : zuhria
Alamat : kota baubau

Rovi Sulistiawan, S. Pd GURU INDONESIA

Guru yang hebat adalah guru yang bisa sukses mencerdaskan anak bangsa
bukan tertib dan bagus administrasi karena bukan jaminan,...Indonesia
terlalu memaksakan pendidikan anaknya mengharuskan untuk semua bisa
paadahal SDM manusia itu berbeda beda dan potensi ke unggulanya juga
berbeda. karena pemaksaan tersebut anak yang punya SDM yang rendah
malah tidak dapat apa apa...harusnya pengelolaanya seperti SLB sudah
mengikuti pola potensi anak didik,..bisanya apa ya itu yang di
tekankan tapi tanpa mengabaikan pendidikan yang lain,..

Nama : Rovi Sulistiawan, S. Pd
Alamat : Ngledok Rt 1 / Rt 2 balepanjang baturetno wonogiri surakarta

Muhammad Susilajaya GURU INDONESIA

tlong bantu kami di sekolah negeri, belum bisa bersertifikasi

Nama : muhammad susilajaya
Alamat : jln ki merogan kertapati palembang

Trisna Handoko, S.Kom GURU INDONESIA

Saya Ingin sekali slalu mengabdi kepada sekolah untuk mencerdaskan
anak bangsa, dan menjunjung tinggi nama bangsa indonesia.

Nama : Trisna Handoko, S.Kom
Alamat : Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur

Sukarni GURU INDONESIA

saya sudah mengabdi cukup lama, yaitu 15 tahun lebih,dan telah
mengikuti program pemerintah S1 PGSD pemerintah, telah selesai
mengikuti ujian proposal,usia sudah 51 selain menjadi guru kelas juga
merangkap kepala sekolah sejak 2 periode mohon penjaringan proses
sertifikasi, dan ditindaklanjuti.


Nama : sukarni
Alamat : Simorejo Sari A VIII/6

Bayhaqi Program Pengelolaan Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Singaraja

Program Kerja
KATA PENGANTAR

Puji syukur kepada Sang Hyang Widi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa yang
telah melimpahkan rahmatnya, sehingga penyusunan Program Pengelolaan
Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Singaraja dapat diselelsaikan, yang
berisi Program Pengelolaan Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Singaraja
selaku unit pelaksanaan teknis Pendidikan formal yang mutlak
diperlukan sebagai landasan titik tolak segala kegiatan untuk mencapai
tujuan pendidikan.

Didalam memuat Program Umum, Program Khusus, Kalender Pendidikan /
Program Kerja, Pembagian Tugas Guru / Pegawai, lampiran. Kami sadar
bahwa program ini masih jauh dari sempurna mengingat keterbatasan
kami, baik pengalaman pengetahuan. Untuk kesempurnaan program ini,
kritik dan saran-saran sangat kami perlukan. Kami berharap semoga
program ini, Pengelolaan Pendidikan di SMP Negeri 4 Singaraja dapat
lebih terarah, guna lebih cepatnya pencapaian tujuan Pendidikan
Nasional.


Singaraja,
Kepala SMP
Negeri 4 Singaraja



Dra. Ni Putu Karnadhi, M.Si
NIP. 19620502 199512 2 002

Saleh Piloto s.pd GURU INDONESIA

mohon di informasikan sertifikasi guru di kab bonebolango

Nama : saleh piloto s.pd
Alamat : sdn 2 tilongkabila kab.bonebolango

Sumini GURU INDONESIA

Pendidikan di indonesia akan berhasil apabila pendidik dan tenaga
pendidiknya bekerja dengan profesional dan pandai memanfaatkan waktu.

Nama : sumini
ALamat : indramayu

Istiqomah GURU INDONESIA

Semoga artikel di website ini semoga bermanfaat bagi para guru

Nama : istiqomah
Alamat : dsn Mando Desa Pandu Kec Cerme Kab Gresik

Andi Muliyana, spd GURU INDONESIA

ingin mengetahui informasi calon peserta sertifikasi guru umum tingkat madrasah

Nama : andi muliyana, spd
Alamat : jln. jend sudirman no 42 benteng kab kep selayar

Nurul Susanto GURU INDONESIA

kapan ada pengangkatan PNS lagi?

Nama : Nurul Susanto
Alamat : Desa Tanjung Makmur Kec. Sinar Peninjauan Kab. OKU

Abdillah GURU INDONESIA

jadikan lah yang PTTH menjadi PTTB karena sebagai seorang suami kami
tidak memiliki tunjangan kesehatan buat keluarga

Nama : Abdillah
Alamat : Jl.Pusaka Rt.14 Lok Bahu Samarinda

RINNG TRI WAHYUNI GURU INDONESIA

MOHON DENGAN HORMAT PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS TIDAK DI HAPUS DI
SD,KALAU BISA JADIKAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI MATA PELAJARAN SEHINGGA
JELAS STATUS PELAJARAN KAMI DAN TIDAK MENJADIKAN NASIB SUKWAN KAMI
TERKATUNG-KATUNG.SETIDAKNYA KAMIPUN TELAH IKUT MENCERDASKAN ANAK
BANGSA SELAMA INI.

Nama : RINNG TRI WAHYUNI
Alamat : PASURUAN - JAWATIMUR

Andi Irawan GURU INDONESIA

Segala puji bagi Allah Subhanahu wata'ala. Kita memuji, memohan
pertolongan dan meminta ampun kepadaNya. Kita berlindumg kepada Allah
dari kejahatan diri dan keburukan amal perbuatan. Barang siapa diberi
petunjuk oleh Allah Subhanahu wata'ala maka tidak ada yang bisa
menyesatkannya, dan barang siapa disesatkan oleh Allah maka tidak ada
yang bisa menunjukinya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak
disembah selain Allah semata, tiada sekutu bagiNya. Dan aku bersaksi
bahwa Muhammad itu adalah hamba dan RasulNya.
Sangat ironis, banyak orang Islam sangat lemah dalam hal
aqidah/tauhid. Padahal itu adalah pondasi dasar/akar yang harus
menancap kuat agar dapat menumbuhkan pohon yang lebat daunya yang
menghasilkan buah manis yang bermanfaat. Banyak orang Islam masih
percaya akan ramalan, dukun yang dipanggil ustadz/kyai, orang
"pintar", benda-benda yang dianggap memberikan manfaat&mudarat seperti
cincin, batu, keris, tulisan-tulisan "arab" dan masih banyak lagi yang
lainya. Tidak hanya itu saja, ibadah yang seharusnya sebagai sarana
penghambaan kepada Allah dan untuk tujuan akhirat malah di jadikan
sebagai sarana untuk kepentingan dunia, sudah banyak contohnya di
masyarakat sekitar kita . Rangkaian kata di bawah akan sedikit
memberikan ilmu yang semoga menjadi ilmu yang bermanfaat untuk kita
semua.

URGENSI TAUHID
Sesungguhnya Allah menciptakan segenap alam agar mereka menyembah
kepadaNya. Mengutus para rasul untuk menyeru semua manusia agar
mengesakanNya. Al-Qur'anul Karim dalam banyak suratnya menekankan
tentang arti pentingnya aqidah tauhid. Menjelaskan bahaya syirik atas
pribadi dan jama'ah. Dan syirik merupakan penyebab kehancuran di dunia
serta keabadian di dalam Neraka. Semua para rasul memulai dakwah
(ajakan)nya kepada tauhid. Hal ini merupakan perintah Allah yang harus
mereka sampaikan kepada umat manusia. Allah berfirman:
"Dan Kami tidak mengutus seorang rasul pun sebelum kamu melainkan Kami
wahyukan kepadanya, 'Bahwasanya tidak ada Tuhan (yang hak) melainkan
Aku, maka sembahlah olehmu sekalian akan Aku'." (Al-Anbiyaa': 25)
Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam tinggal di kota Makkah selama
tiga belas tahun. Selama itu, beliau mengajak kaumnya untuk mengesakan
Allah, memohon kepadaNya semata, tidak kepada yang lain. Di antara
wahyu yang diturunkan kepada beliau saat itu adalah:
"Katakanlah, 'Sesungguhnya aku hanya menyembah Tuhanku dan aku tidak
mempersekutukan sesuatu pun denganNya' (Al-Jin: 20).
Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam mendidik para pengikutnya
kepada tauhid sejak kecil. Kepada anak pamannya, Abdullah bin Abbas,
beliau bersabda,
"Bila kamu meminta, mintalah kepada Allah dan bila kamu me-mohon
pertolongan maka mohonlah pertolongan kepada Allah." (HR. At-Tirmidzi,
ia berkata hadits hasan shahih)
Tauhid inilah yang di atasnya didirikan hakikat ajaran Islam. Dan
Allah tidak menerima seseorang yang mempersekutukanNya. Rasulullah
Shallallahu'alaihi wasallam mendidik para sahabatnya agar memulai
dakwah kepada umat manusia dengan tauhid. Ketika mengutus Mu'adz ke
Yaman sebagai da'i, beliau bersabda:
"Hendaknya yang pertama kali kamu serukan mereka adalah bersaksi,
'Sesungguhnya tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Allah,'
Dalam riwayat lain disebutkan, 'Agar mere-ka mengesakan Allah'."
(Muttafaq 'alaih)
Sesungguhnya tauhid tercermin dalam kesaksian bahwa tidak ada Tuhan
(yang berhak disembah) selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah.
Maknanya, tidak ada yang berhak disembah selain Allah dan tidak ada
ibadah yang benar kecuali apa yang di bawa oleh Rasulullah Kalimat
syahadat ini bisa memasukkan orang kafir ke dalam agama Islam, karena
ia adalah kunci Surga. Orang yang mengikrarkannya akan masuk Surga
selama ia tidak dirusak dengan sesuatu yang bisa membatalkannya,
misalnya syirik atau kalimat kufur.
Orang-orang kafir Quraisy pernah menawarkan kepada Rasulullah
kekuasaan, harta benda, isteri dan hal lain dari kesenangan dunia,
tetapi dengan syarat beliau meninggalkan dakwah kepada tauhid dan tak
lagi menyerang berhala-berhala. Rasulullah tidak menerima semua
tawaran itu dan tetap terus melanjutkan dakwahnya. Maka tak
mengherankan, dengan sikap tegas itu, beliau bersama sege-nap
sahabatnya menghadapi banyak gangguan dan siksaan dalam perjuangan
dakwah, sampai datang pertolongan Allah dengan kemenangan dakwah
tauhid. Setelah berlalu masa tiga belas tahun, kota Makkah
ditaklukkan, berhala-berhala dihancurkan. Ketika itulah beliau membaca
ayat:
"Dan katakanlah yang benar telah datang dan yang batil telah lenyap.
Sesungguhnya yang batil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap."
(Al-Israa': 81)
Tauhid adalah tugas setiap muslim dalam hidupnya. Seorang muslim
memulai hidupnya dengan tauhid. Meninggalkan hidup ini pula dengan
tauhid. Tugasnya di dalam hidup adalah berdakwah dan menegakkan
tauhid. Tauhid mempersatukan orang-orang beriman, menghimpun mereka
dalam satu wadah kalimat tauhid. Kita memohon kepada Allah, semoga
menjadikan kalimat tauhid sebagai akhir dari ucapan kita di dunia,
serta mempersatukan umat Islam dalam satu wadah kalimat tauhid. Amin

MACAM-MACAM TAUHID
Tauhid adalah mengesakan Allah Subhanahu wata'ala dengan beribadah
kepadaNya semata. Ibadah merupakan tujuan penciptaan alam semesta ini.
Allah Subhanahu wata'ala berfirman,
"Dan Aku (Allah) tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya
mereka menyembahKu." (Adz-Dzaariyaat: 56)
Maksudnya, agar manusia dan jin mengesakan Allah Subhanahu wata'ala
dalam beribadah dan mengkhususkan kepadaNya dalam berdo'a. Tauhid
berdasarkan Al-Qur'anul Karim ada tiga macam:
1. Tauhid Rububiyah
Yaitu pengakuan bahwa sesungguhnya Allah Subhanahu wata'ala adalah
Tuhan dan Maha Pencipta. Orang-orang kafir pun mengakui macam tauhid
ini. Tetapi pengakuan tersebut tidak menjadikan mereka tergolong
sebagai orang Islam. Allah Subhanahu wata'ala berfirman,
"Dan sungguh, jika Kamu bertanya kepada mereka, 'Siapakah yang
menciptakan mereka', niscaya mereka menjawab,'Allah'." (Az-Zukhruf:
87).
Berbeda dengan orang-orang komunis, mereka mengingkari keberadaan
Tuhan. Dengan demikian, mereka lebih kufur daripada orang-orang kafir
jahiliyah.
2. Tauhid Uluhiyah
Yaitu mengesakan Allah Subhanahu wata'ala dengan melakukan berbagai
macam ibadah yang disyari'atkan. Seperti berdo'a, memohon pertolongan
kepada Allah, thawaf, menyembelih binatang kurban, bernadzar dan
berbagai ibadah lainnya.Macam tauhid inilah yang diingkari oleh
orang-orang kafir. Dan ia pula yang menjadi sebab perseteruan dan
pertentangan antara umat-umat terdahulu dengan para rasul mereka,
sejak Nabi Nuh alaihissalam hingga diutusnya Nabi Muhammad
Shallallahu'alaihi wasallam. Dalam banyak suratnya, Al-Qur'anul Karim
sering memberikan anjuran soal tauhid uluhiyah ini. Di antaranya, agar
setiap muslim berdo'a dan meminta hajat khusus kepada Allah semata.
Dalam surat Al-Fatihah misalnya, Allah berfirman,
"Hanya Kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah Kami
memohon pertolongan." (Al-Fatihah: 5).
Maksudnya, khusus kepadaMu (ya Allah) kami beribadah, hanya kepadaMu
semata kami berdo'a dan kami sama sekali tidak memohon pertolongan
kepada selainMu. Tauhid uluhiyah ini mencakup masalah berdo'a
semata-mata hanya kepada Allah, mengambil hukum dari Al-Qur'an, dan
tunduk berhukum kepada syari'at Allah. Semua itu terangkum dalam
firman Allah,
"Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain
Aku maka sembahlah Aku." (Thaha: 14)
3. Tauhid Asma' Wa Shifat
Yaitu beriman terhadap segala apa yang terkandung dalam Al-Qur'anul
Karim dan hadits shahih tentang sifat-sifat Allah yang berasal dari
penyifatan Allah atas DzatNya atau penyifatan Rasulullah Subhanahu
wata'ala. Beriman kepada sifat-sifat Allah tersebut harus secara
benar, tanpa ta'wil (penafsiran), tahrif (penyimpangan), takyif
(visualisasi, penggambaran), ta'thil (pembatalan, penafian), tamtsil
(penyerupaan), tafwidh (penyerahan, seperti yang banyak dipahami oleh
manusia) .Misalnya tentang sifat al-istiwa ' (bersemayam di atas),
an-nuzul (turun), al-yad (tangan), al-maji' (kedatangan) dan
sifat-sifat lainnya, kita menerangkan semua sifat-sifat itu sesuai
dengan keterangan ulama salaf. Al-istiwa' misalnya, menurut keterangan
para tabi'in sebagaimana yang ada dalam Shahih Bukhari berarti
al-'uluw wal irtifa' (tinggi dan berada di atas) sesuai dengan
kebesaran dan keagungan Allah Shallallahu'alaihi wasallam. Allah
berfirman,
"Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia, dan Dialah Yang Maha
Mendengar lagi Maha Melihat." (Asy-Syuura: 11).
Maksud beriman kepada sifat-sifat Allah secara benar adalah dengan
tanpa hal-hal berikut ini:
1. Tahrif (penyimpangan): Memalingkan dan menyimpangkan zhahirnya
(makna yang jelas tertangkap) ayat dan hadits-hadits shahih pada makna
lain yang batil dan salah. Seperti istawa (bersemayam di tempat yang
tinggi) diartikan istaula (menguasai).
2. Ta'thil (pembatalan, penafian): Mengingkari sifat-sifat Allah dan
menafikannya. Seperti Allah berada di atas langit, sebagian kelompok
yang sesat mengatakan bahwa Allah berada di setiap tempat.
3. Takyif (visualisasi, penggambaran): Menvisualisasikan sifat-sifat
Allah. Misalnya dengan menggambarkan bahwa bersemayamnya Allah di atas
'Arsy itu begini dan begini. Bersemayamnya Allah di atas 'Arsy tidak
serupa dengan bersemayamnya para makhluk, dan tak seorang pun yang
mengetahui gambarannya kecuali Allah semata.
4. Tamtsil (penyerupaan): Menyerupakan sifat-sifat Allah dengan
sifat-sifat makhlukNya. Karena itu kita tidak boleh mengatakan, "Allah
turun ke langit, sebagaimana turun kami ini". Hadits tentang nuzul-nya
Allah (turunnya Allah) ada dalam riwayat Imam Muslim.Sebagian orang
menisbatkan tasybih (penyerupaan) nuzul ini kepada Syaikhul Islam Ibnu
Taimiyah. Ini adalah bohong besar. Kami tidak menemukan keterangan
tersebut dalam kitab-kitab beliau, justru sebaliknya, yang kami
temukan adalah pendapat beliau yang menafikan tamtsil dan tasybih.
5. Tafwidh (penyerahan): Menurut ulama salaf, tafwidh hanya pada
al-kaif (hal, keadaan) tidak pada maknanya. Al-Istiwa' misalnya
berarti al-'uluw (ketinggian), yang tak seorang pun mengetahui
bagaimana dan seberapa ketinggian tersebut kecuali hanya Allah.
Tafwidh (penyerahan): Menurut Mufawwidhah (orang-orang yang menganut
paham tafwidh) adalah dalam masalah keadaan dan makna secara
bersamaan. Pendapat ini bertentangan dengan apa yang diterangkan oleh
ulama salaf seperti Ummu Salamah, Rabi'ah guru besar Imam Malik dan
Imam Malik sendiri. Mereka semua sependapat bahwa, "Istiwa'
(bersemayam di atas) itu jelas pengertiannya, bagaimana
cara/keadaannya itu tidak diketahui, iman kepadanya adalah wajib dan
bertanya tentangnya adalah bid'ah.

KEUTAMAAN TAUHID
Allah Subhanahu wata'ala berfirman:
"Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka
dengan kezhaliman (syirik), mereka itulah orang-orang yang mendapat
keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk."
(Al-An'am: 82)
Abdullah bin Mas'ud meriwayatkan, "Ketika ayat ini turun, banyak umat
Islam yang merasa sedih dan berat. Mereka berkata siapa di antara kita
yang tidak berlaku zhalim kepada dirinya sendiri? Lalu Rasulullah
Shallallahu'alaihi wasallam menjawab:
"Yang dimaksud bukan (kezhaliman) itu, tetapi syirik. Belumkah kalian
mendengar nasihat Luqman kepada puteranya, "Wahai anakku, janganlah
kamu mempersekutukan Allah. Sesungguhnya mempersekutukan Allah
(syirik) benar-benar suatu kezhaliman yang besar" (Luqman: 13).
Ayat ini memberi kabar gembira kepada orang-orang beriman yang
mengesakan Allah. Orang-orang yang tidak mencampur adukkan antara
keimanan dengan syirik. Serta menjauhi segala bentuk perbuatan syirik.
Sungguh mereka akan mendapatkan keamanan yang sempurna dari siksaan
Allah di akhirat. Mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk di
dunia. Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam bersabda:
"Iman memiliki lebih dari enam puluh cabang. Cabang yang paling utama
adalah 'Laa Ilaaha Illallah'dan cabang paling rendah adalah
menyingkirkan kotoran dari jalan." (HR. Muslim)

TAUHID PENGANTAR BAHAGIA DAN PELEBUR DOSA
Dalam kitab Dalilul Muslim fil I'tiqaadi wat Tathhiir karya Syaikh
Abdullah Khayyath dijelaskan, "Dengan kemanusiaan dan
ketidakmaksumannya, setiap manusia berkemungkinan terpeleset,
terjerumus dalam maksiat kepada Allah."
Jika dia adalah seorang ahli tauhid yang murni dari kotoran-kotoran
syirik maka tauhidnya kepada Allah, serta ikhlasnya dalam mengucapkan
"Laa ilaaha illallah" menjadi penyebab utama bagi kebahagiaan dirinya,
serta menjadi penyebab bagi penghapusan dosa-dosa dan kejahatannya.
Sebagaimana dijelaskan dalam sabda Rasulullah Shallallahu'alaihi
wasallam :
"Barangsiapa bersaksi bahwa tidak ada Tuhan (yang berhak disembah)
selain Allah semata, tiada sekutu bagiNya, dan Muhammad adalah hamba
dan utusanNya, dan kalimatNya yang disampaikanNya kepada Maryam serta
ruh daripadaNya, dan (bersaksi pula bahwa) Surga adalah benar adanya
dan Neraka pun benar adanya maka Allah pasti memasukkannya ke dalam
Surga, apapun amal yang diperbuatnya." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
Maksudnya, segenap persaksian yang dilakukan oleh seorang muslim
sebagaimana terkandung dalam hadits di atas mewajibkan dirinya masuk
Surga, tempat segala kenikmatan. Sekalipun dalam sebagian amal
perbuatannya terdapat dosa dan maksiat. Hal ini sebagaimana ditegaskan
dalam hadits qudsi, Allah Subhanahu Wata'ala berfirman:
"Hai anak Adam, seandainya engkau datang kepadaKu dengan dosa sepenuh
bumi, sedangkan engkau ketika menemuiKu dalam keadaan tidak
menyekutukanKu sedikitpun, niscaya Aku berikan kepadamu ampunan
sepenuh bumi pula." (HR. At-Tirmidzi dan Adh-Dhayya', hadits hasan)
Maknanya, seandainya engkau datang kepadaKu dengan dosa dan maksiat
yang banyaknya hampir sepenuh bumi, tetapi engkau meninggal dalam
keadaan bertauhid, niscaya aku ampuni segala dosa-dosamu itu.
Dalam hadits lain disebutkan:
"Barangsiapa meninggal dunia (dalam keadaan) tidak berbuat syirik
kepada Allah sedikit pun, niscaya akan masuk Surga. Dan barangsiapa
meninggal dunia (dalam keadaan) berbuat syirik kepada Allah, niscaya
akan masuk Neraka." (HR. Muslim)
Hadits-hadits di atas menegaskan tentang keutamaan tauhid. Tauhid
merupakan faktor terpenting bagi kebahagiaan seorang hamba. Tauhid
juga merupakan sarana yang paling agung untuk melebur dosa-dosa dan
maksiat.

MANFAAT TAUHID
Jika tauhid yang murni terealisasi dalam hidup seseorang, baik secara
pribadi maupun jama'ah, niscaya akan menghasilkan buah yang amat
manis. Di antara buah yang didapat adalah:
1. Memerdekakan manusia dari perbudakan serta tunduk kepada selain
Allah, baik benda-benda atau makhluk lainnya:
Semua makhluk adalah ciptaan Allah. Mereka tidak kuasa untuk
menciptakan, bahkan keberadaan mereka karena diciptakan. Mereka tidak
bisa memberi manfaat atau bahaya kepada dirinya sendiri. Tidak mampu
mematikan, menghidupkan atau membangkitkan. Tauhid memerdekakan
manusia dari segala perbudakan dan penghambaan kecuali kepada Tuhan
yang menciptakan dan membuat dirinya dalam bentuk yang sempurna.
Memerdekakan hati dari tunduk, menyerah dan menghinakan diri.
Memerdekakan hidup dari kekuasaan para Fir'aun, pendeta dan dukun yang
menuhankan diri atas hamba-hamba Allah.Karena itu, para pembesar kaum
musyrikin dan thaghut-thaghut jahiliyah menentang keras dakwah para
nabi, khususnya dakwah Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam . Sebab
mereka mengetahui makna laa ilaaha illallah sebagai suatu permakluman
umum bagi kemerdekaan manusia. Ia akan menggulingkan para penguasa
yang zhalim dan angkuh dari singgasana dustanya, serta meninggikan
derajat orang-orang beriman yang tidak bersujud kecuali kepada Tuhan
semesta alam.
2. Membentuk kepribadian yang kokoh:
Tauhid membantu dalam pembentukan kepribadian yang kokoh. Ia
menjadikan hidup dan pengalaman seorang ahli tauhid begitu istimewa.
Arah hidupnya jelas, tidak mempercayai Tuhan kecuali hanya kepada
Allah. KepadaNya ia menghadap, baik dalam kesendirian atau ditengah
keramaian orang. Ia berdo'a kepadaNya dalam keadaan sempit atau
lapang. Berbeda dengan seorang musyrik yang hatinya terbagi-bagi untuk
tuhan-tuhan dan sesembahan yang banyak. Suatu saat ia menghadap dan
menyembah kepada orang hidup, pada saat lain ia menghadap kepada orang
yang mati. Sehubungan dengan ini, Nabi Yusuf Alaihissalam berkata:
"Hai kedua penghuni penjara, manakah yang lebih baik tuhan-tuhan yang
bermacam-macam itu ataukah Allah Yang Mahaesa lagi Mahaperkasa?"
(Yusuf: 39)
Orang mukmin menyembah satu Tuhan. Ia mengetahui apa yang membuatNya
ridha dan murka. Ia akan melakukan apa yang membuatNya ridha, sehingga
hatinya tenteram. Adapun orang musyrik, ia menyembah tuhan-tuhan yang
banyak. Tuhan ini menginginkannya ke kanan, sedang tuhan lainnya
menginginkannya ke kiri. Ia terombang-ambing di antara tuhan-tuhan
itu, tidak memiliki prinsip dan keteapan.
3. Tauhid sumber keamanan manusia:
Sebab tauhid memenuhi hati para ahlinya dengan keamanan dan
ketenangan. Tidak ada rasa takut kecuali kepada Allah. Tauhid menutup
rapat celah-celah kekhawatiran terhadap rizki, jiwa dan keluarga.
Ketakutan terhadap manusia, jin, kematian dan lainnya menjadi sirna.
Seorang mukmin yang mengesakan Allah hanya takut kepada satu, yaitu
Allah. Karena itu, ia merasa aman ketika manusia ketakutan, serta
merasa tenang ketika mereka kalut.Hal itu diisyaratkan oleh Al-Qur'an
dalam firmanNya
"Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka
dengan kezhaliman (syirik) mereka itulah orang-orang yang mendapat
keamanan dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk."
(Al-An'am: 82)
Keamaan ini bersumber dari dalam jiwa, bukan oleh penjaga-penjaga
polisi atau pihak keamanan lainnya. Dan keamanan yang dimaksud adalah
keamanan dunia. Adapun keamanan akhirat maka lebih besar dan lebih
abadi mereka rasakan. Yang demikian itu mereka peroleh, sebab mereka
mengesakan Allah, mengikhlaskan ibadah hanya untuk Allah dan tidak
mencampuradukkan tauhid mereka dengan syirik, karena mereka
mengetahui, syirik adalah kazhaliman yang besar.
4. Tauhid sumber kekuatan jiwa:
Tauhid memberikan kekuatan jiwa kepada pemiliknya, karena jiwanya
penuh harap kepada Allah, percaya dan tawakkal kepadaNya, ridha atas
qadar (ketentuan)Nya, sabar atas musibahNya, serta sama sekali tak
mengharap sesuatu kepada makhluk. Ia hanya menghadap dan meminta
kepadaNya. Jiwanya kokoh seperti gunung. Bila datang musibah ia segera
mengharap kepada Allah agar dibebaskan darinya. Ia tidak meminta
kepada orang-orang mati. Syi'ar dan semboyannya adalah sabda
Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam :
"Bila kamu meminta maka mintalah kepada Allah. Dan bila kamu memohon
pertolongan maka mohonlah pertolongan kepada Allah." (HR. At-Tirmidzi,
ia berkata hadits hasan shahih)
Dan firman Allah Subhanahu wata'ala
"Jika Allah menimpakan kemudharatan kepadamu maka tidak ada yang
menghilangkannya melainkan Dia sendiri." (Al-An'am: 17)
5. Tauhid dasar persaudaraan dan persamaan:
Tauhid tidak membolehkan pengikutnya mengambil tuhan-tuhan selain
Allah di antara sesama mereka. Sifat ketuhanan hanya milik Allah
satu-satunya dan semua manusia wajib beribadah kepadaNya. Segenap
manusia adalah hamba Allah, dan yang paling mulia di antara mereka
adalah Muhammad Shallallahu'alaihi wasallam.

MUSUH-MUSUH TAUHID
Allah Subhanahu Wata'ala berfirman:
"Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh. Yaitu
setan-setan (dari jenis) manusia dan (dari jenis) jin. Sebagian mereka
membisikkan kepada sebagian yang lain perkataan-perkataan yang
indah-indah untuk menipu (manusia)." (Al-An'am: 112)
Di antara hikmah dan kebijaksanaan Allah adalah menjadikan bagi para
nabi dan du'at tauhid musuh-musuh dari jenis setan-setan jin yang
membisikkan kesesatan, kejahatan dan kebatilan kepada setan-setan dari
jenis manusia. Hal itu untuk menyesatkan dan menghalangi mereka dari
tauhid yang merupakan dakwah utama dan pertama para nabi kepada
kaumnya. Sebab tauhid merupakan asas penting yang di atasnya dibangun
dakwah Islam. Anehnya, sebagian orang berasumsi, dakwah kepada tauhid
hanya akan memecah belah umat. Padahal justru sebaliknya, tauhid akan
mempersatukan umat. Sungguh namanya saja (tauhid berarti mengesakan,
mempersatukan) menunjukkan hal itu.
Adapun orang-orang musyrik yang mengakui tauhid rububiyah, dan bahwa
Allah pencipta mereka, mereka mengingkari tauhid uluhiyah dalam
berdo'a kepada Allah semata, dengan tidak mau meninggalkan berdo'a
kepada wali-wali mereka. Kepada Rasulullah yang mengajak mereka
mengesakan Allah dalam ibadah dan do'a, mereka berkata:
"Mengapa dia menjadikan tuhan-tuhan itu Tuhan Yang Satu saja?
Sesungguhnya ini benar-benar suatu hal yang sangat mengherankan."
(Shaad: 5)
Tentang umat-umat terdahulu Allah berfirman:
"Demikianlah tidak seorang rasul pun yang datang kepada orang-orang
yang sebelum mereka, melainkan mereka mengata-kan, 'Dia itu adalah
seorang tukang sihir atau orang gila.' Apakah mereka saling berpesan
tentang apa yang dikatakan itu. Sebenarnya mereka adalah kaum yang
melampaui batas," (Adz-Dzaariyaat: 52-53)
Di antara sifat kaum musyrikin adalah jika mereka mendengar seruan
kepada Allah semata, hati mereka menjadi kesal dan melarikan diri,
mereka kufur dan mengingkarinya. Tetapi jika mendengar syirik dan
seruan kepada selain Allah, mereka senang dan berseri-seri. Allah
menyifati orang-orang musyrik itu dengan firmanNya:
"Dan apabila hanya nama Allah saja yang disebut, kesallah hati
orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat, dan apabila
nama sesembahan selain Allah yang disebut, tiba-tiba mereka bergirang
hati." (Az-Zumar: 45)
Allah Subhanahu Wata'ala berfirman:
"Yang demikian itu adalah karena kamu kafir apabila Allah saja yang
disembah. Dan kamu percaya apabila Allah diperseku-tukan. Maka putusan
(sekarang ini) adalah pada Allah Yang Mahatinggi lagi Mahabesar,"
(Ghaafir: 12)
Ayat-ayat di atas meski ditujukan kepada orang-orang kafir, tetapi
bisa juga berlaku bagi setiap orang yang memiliki sifat seperti
orang-orang kafir. Misalnya mereka yang mendakwahkan dirinya sebagai
orang Islam, tetapi memerangi dan memusuhi seruan tauhid, membuat
fitnah dusta kepada mereka, bahkan memberi mereka julukan-julukan yang
buruk. Hal itu dimaksudkan untuk menghalangi manusia menerima dakwah
mereka, serta menjauhkan manusia dari tauhid yang karena itu Allah
mengutus para rasul. Termasuk dalam golongan ini adalah orang-orang
yang jika mendengar do'a kepada Allah hatinya tidak khusyu'. Tetapi
jika mendengar do'a kepada selain Allah, seperti meminta pertolongan
kepada rasul atau para wali, hati mereka menjadi khusyu' dan senang.
Sungguh alangkah buruk apa yang mereka kerjakan.

SIKAP ULAMA TERHADAP TAUHID
Ulama adalah pewaris para nabi, Dan menurut keterangan Al-Qur'an, yang
pertama kali diserukan oleh para nabi adalah tauhid, sebagaimana
disebutkan Allah dalam firmanNya:
"Dan sesungguhnya kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk
menyerukan), 'Sembahlah Allah (saja) dan jauhilah thaghut," (An-Nahl:
36)
Karena itu wajib bagi setiap ulama untuk memulai dakwahnya sebagaimana
para rasul memulai. Yakni pertama kali menyeru manusia kepada
mengesakan Allah dalam segala bentuk peribadatan. Terutama dalam hal
do'a, sebagaimana disabdakan Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam :
"Do'a adalah ibadah". (HR. At-Tirmidzi, ia berkata hadits ha-san shahih)
Saat ini kebanyakan umat Islam terjerumus ke dalam perbuatan syirik
dan berdo'a (memohon) kepada selain Allah. Hal inilah yang menyebabkan
kesengsaraan mereka dan umat-umat terdahulu. Allah membinasakan
umat-umat terdahulu karena mereka berdo'a dan beribadah kepada selain
Allah, seperti kepada para wali, orang-orang shalih dan sebagainya.
Adapun sikap ulama terhadap tauhid dan dalam memerangi syirik,
terdapat beberapa tingkatan:
1. Tingkatan paling utama:
Mereka adalah ulama yang memahami tauhid, memahami arti penting tauhid
dan macam-macamnya. Mereka mengetahui syirik dan macam-macamnya.
Selanjutnya para ulama itu melaksanakan kewajiban mereka: menjelaskan
tentang tauhid dan syirik kepada manusia dengan menggunakan hujjah
(dalil) dari Al-Qur'anul Karim dan hadits-hadits shahih . Para ulama
tersebut, tak jarang sebagaimana para nabi dituduh dengan berbagai
macam tuduhan bohong, tetapi mereka sabar dan tabah. Syi'ar dan
semboyan mereka adalah firman Allah:
"Dan bersabarlah terhadap apa yang mereka ucapkan dan jauhilah mereka
dengan cara yang baik." (Al-Muzammil: 10).
Dahulu kala, Luqmanul Hakim mewasiatkan kepada putranya, seperti
dituturkan dalam firman Allah:
"Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang
baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah
terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu
termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah)." (Luqman: 17)
2. Tingkatan kedua:
Mereka adalah ulama yang meremehkan dakwah kepada tauhid yang menjadi
dasar agama Islam. Mereka merasa cukup mengajak manusia mengerjakan
shalat, memberikan penjelasan hukum dan berjihad, tanpa berusaha
meluruskan aqidah umat Islam. Seakan mereka belum mendengar firman
Allah Subhanahu wata'ala :
"Seandainya mereka mempersekutukan Allah, niscaya lenyaplah dari
mereka amalan yang telah mereka kerjakan." (Al-An'am: 88)
Seandainya mereka dahulu mengajak kepada tauhid sebelum mendakwahkan
kepada yang lain, sebagaimana yang dilakukan oleh para rasul, tentu
dakwah mereka akan berhasil dan akan mendapat pertolongan dari Allah,
sebagaimana Allah telah memberikan pertolongan kepada para rasul dan
nabiNya.
Allah Subhanahu Wata'ala berfirman:
"Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara
kamu dan mengerjakan amal-amal shalih bahwa Dia sungguh-sungguh akan
menjadikan mereka berkuasa di bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan
orang-orang yang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan
meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhaiNya untuk mereka, dan
Dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka, sesudah mereka berada
dalam ketakutan menjadi aman sentausa. Mereka tetap menyembahKu dengan
tiada mempersekutukan sesuatu apapun dengan Aku. Dan barangsiapa
(tetap) kafir sesudah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang
fasik." (An-Nuur: 55)
Karena itu, syarat paling asasi untuk mendapatkan pertolongan Allah
adalah tauhid dan tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun.
3. Tingkatan ketiga:
Mereka adalah ulama dan du'at yang meninggalkan dakwah kepada tauhid
dan memerangi syirik, karena takut ancaman manusia, atau takut
kehilangan pekerjaan dan kedudukan mereka. Karena itu menyembunyikan
ilmu yang diperintahkan Allah agar mereka sampai-kan kepada manusia.
Bagi mereka adalah firman Allah:
"Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah Kami
turunkan berupa keterangan (yang jelas) dan petunjuk, setelah Kami
menerangkannya kepada manusia dalam Al-Kitab, mereka itu dilaknati
Allah dan dilaknati (pula) oleh semua (makhluk) yang dapat melaknati."
(Al-Baqarah: 159).Semestinya para du'at adalah sebagaimana difirmankan
Allah:"(Yaitu) orang-orang yang menyampaikan risalah-risalah Allah,
mereka takut kepadaNya dan mereka tiada merasa takut kepada seorang
(pun) selain kepada Allah," (Al-Ahzab: 39).
kaitan ini Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam bersabda:
"Barangsiapa menyembunyikan ilmu, niscaya Allah akan mengekangnya
dengan kekang dari api Neraka." (HR. Ahmad, hadits shahih)
4. Tingkatan keempat:
Mereka adalah golongan ulama dan para syaikh yang menentang dakwah
kepada tauhid dan menentang berdo'a semata-mata kepada Allah. Mereka
menentang seruan kepada peniadaan do'a terhadap selain Allah, dari
para nabi, wali dan orang-orang mati. Sebab mereka membolehkan yang
demikian.Mereka menyelewengkan ayat-ayat ancaman berdo'a kepada selain
Allah hanya untuk orang-orang musyrik. Mereka beranggapan, tidak ada
satu pun umat Islam yang tergolong musyrik. Seakan-akan mereka belum
mendengar firman Allah:
"Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka
dengan kezhaliman (syirik), mereka itulah orang-orang yang mendapat
keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk."
(Al-An'am: 82)
Dan kezhaliman di sini artinya syirik, dengan dalil firman Allah:
"Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezhaliman
yang besar." (Luqman: 13)
Menurut ayat ini, seorang muslim bisa saja terjerumus kepada perbuatan
syirik. Hal yang kini kenyataannya banyak terjadi di negara-negara
Islam.Kepada orang-orang yang membolehkan berdo'a kepada selain Allah,
mengubur mayit di dalam masjid, thawaf mengelilingi kubur, nadzar
untuk para wali dan hal-hal lain dari perbuatan bid'ah dan mungkar,
kepada mereka Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam memperingatkan:
"Sesungguhnya aku sangat takutkan atas umatku (adanya)
pemimpin-pemimpin yang menyesatkan." (Hadits shahih, riwayat
At-Tirmidzi).
Salah seorang Syaikh Universitas Al-Azhar terdahulu, pernah ditanya
tentang bolehnya shalat atau memohon ke kuburan, kemudian syaikh
tersebut berkata, "Mengapa tidak dibolehkan shalat (memohon) ke kubur,
padahal Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam di kubur di dalam
masjid, dan orang-orang shalat (memohon) ke kuburannya?"Syaikh
Al-Azhar menjawab: "Harus diingat, bahwa Rasulullah Shallallahu'alaihi
wasallam tidak dikubur di dalam masjidnya, tetapi beliau dikubur di
rumah Aisyah. Dan Rasulullah melarang shalat (memohon) ke kuburan. Dan
sebagian dari do'a Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam adalah:
"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari ilmu yang tidak
bermanfaat." (HR. Muslim)
Maksudnya, yang tidak aku beritahukan kepada orang lain, dan yang
tidak aku amalkan, serta yang tidak menggantikan akhlak-akhlakku yang
buruk menjadi baik. Demikian menurut keterangan Al-Manawi.
5. Tingkatan kelima:
Mereka adalah orang-orang yang mengambil ucapan-ucapan guru dan syaikh
mereka, dan menta'atinya meskipun dalam maksiat kepada Allah. Mereka
adalah orang-orang yang melanggar sabda Rasulullah Shallallahu'alaihi
wasallam :
"Tidak (boleh) ta'at (terhadap perintah) yang di dalamnya terdapat
maksiat kepada Allah, sesungguhnya keta'atan itu hanyalah dalam
kebajikan." (HR. Al-Bukhari).
Pada hari Kiamat kelak, mereka akan menyesl atas keta'atan mereka itu,
hari yang tiada berguna lagi penyesalan. Allah menggambarkan siksaNya
terhadap orang-orang kafir dan mereka berjalan di atas jalan kufur,
dalam firmanNya:
"Pada hari ketika muka mereka dibolak-balikkan dalam Neraka, mereka
berkata, 'Alangkah baiknya, andaikata kami ta'at kepada Allah dan
ta'at (pula) kepada Rasul.' Dan mereka berkata, 'Ya Tuhan kami,
sesungguhnya kami telah menta'ati pemimpin-pemimpin dan
pembesar-pembesar kami, lalu mereka menyesatkan kami dari jalan (yang
benar). Ya Tuhan kami, timpakanlah kepada mereka adzab dua kali lipat
dan kutuklah mereka dengan kutukan yang besar." (Al-Ahzab: 66-68)
Ibnu Katsir dalam menafsirkan ayat ini berkata, "Kami mengikuti para
pemimpin dan pembesar dari para syaikh dan guru kami, dengan melanggar
keta'atan kepada para rasul. Kami mempercayai bahwa mereka memiliki
sesuatu, dan berada di atas sesuatu, tetapi kenyata-annya mereka
bukanlah apa-apa."


Diambil dari kitab Al Firqotun Naajiyah karya Syaikh Muhammad Jamil
Zainu dan dicompile dari blogsite www.firqatun-najiyah.co.nr.


Nama : andi irawan
Alamat : jl. RS. Fatmawati no. 22a
Status Honorer (Sekolah/Madrasah Swasta)
Tempat Bertugas/Mengajar : sd ibnu umar

Jumat, 23 November 2012

SUSILAWATI : Pemanfaatan Sumberdaya Kelautan Yang Berwawasan Lingkungan


Negara indonesia di kenal sebagai Negara kepulauan yang memiliki potensi Sumberdaya alam yang cukup besar. Sebagai Negara yang banyak memiliki pulau, Indonesia dianugerahi laut yang begitu luas dengan berbagai sumber daya ikan di dalamnya. Potensi sumber daya perikanan tersebut tersebar di seluruh wilayah laut nusantara. Sumber daya alam lainnya yang terkandung di dalam laut Indonesia adalah terdapat berbagai jenis bahan mineral, yakni minyak bumi dan gas. Seluruh
potensi kelautan ini perlu dikelola dan dikembangkan bagi kepentingan pembangunan nasional secara optimal dan berkesinambungan. Pengelolaan sumber daya laut tersebut dilakukan dengan menggunakan teknologi sederhana atau teknologi modern ramah lingkungan.


Saat ini, kondisi laut dan sumberdaya laut di Indonesia semakin hari semakin memburuk. Praktek-praktek penangkapan ikan yang illegal dan merusak semakin hari semakin tidak terkendali. Ribuan kapal-kapal penangkap ikan asing dengan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan beroperasi di wilayah-wilayah yang seharusnya dibatasi hanya untuk kepentingan nelayan lokal dan tradisional. Maraknya kegiatan ilegal dengan teknologi yang buruk tersebut mengakibatkan kerusakan habitat
biota laut negeri ini. Selama ini, teknologi yang diterapkan Indonesia adalah yang termurah dari sudut ekonomi, menggunakan sumberdaya alam maupun sumber daya manusia yang murah walaupun dari sudut ekologi bisa saja bernilai mahal.

Dera Ari Amrullah, S.Pd GURU INDONESIA

Saya sudah bekerja selama 3 tahun 6 bulan di SMK Negeri 1 MPA OKU
Timur dan mengajukan NUPTK sejak 2011 dikarenakan ada wacana syarat
mengajukan NUPTK harus sudah 2 thun berkerja. tetapi sampai skrang
NUPTK belum keluar Apa masalahnya dan bagaimana solusinya, Apakah itu
akan menghambat saya ikut sertifikasi ?..Kalau menghambat artinya apa
yang saya kejakan selama ini sia2....tolong penjelasnya terima
kasih...


Nama : Dera Ari Amrullah, S.Pd
Alamat : Kota Baru
Status : PNS
Tempat Bertugas/Mengajar : SMK Negeri 1 Martapura
Lama Pengabdian : 3 thn 6 bulan

Andri Setiawan, S.Kom GURU INDONESIA

mengapa nuptk telah diajukan pada tahun 2011 tapi belum juga
keluar...mkasih atas perhatiannya...

Nama : Andri Setiawan, S.Kom
Alamat : Kota Baru
Status : PNS
Tempat Bertugas/Mengajar : SMK Negeri 1 Martapura
Lama Pengabdian : 3 thn 6 bulan

Sujani GURU INDONESIA

aku anak kurang mampu

Nama : sujani
Alamat : bangli
Status : PNS
Tempat Bertugas/Mengajar : sman 1 bangli
Lama Pengabdian :

ITA MARIA GURU INDONESIA

AKU SEORANG GURU

Nama : ITA MARIA
Alamat ; JL.NEGARA TIUH BALAK PASAR BARADATU WAYKANAN
Status : Non PNS (Sekolah/Madrasah Negeri)
Tempat Bertugas/Mengajar : SDN BANJAR SETIA BARADATU WAYKANAN
Lama Pengabdian : 7TAHUN 4BULAN

Kusai Rahman GURU INDONESIA

kapn pengumuman NRG th 2012

Nama : kusai rahman
Alamat : pademawu pamekasan madura
Status : Non PNS (Sekolah/Madrasah Negeri)
Tempat Bertugas/Mengajar : MTs al ula 2
Lama Pengabdian : 9

Karsono GURU INDONESIA

kabarnya tunjangan untuk daerah terpencil untuk SD dan SMP akan naik?
apa tunjangan tersebut hanya untuk PNS saja? lalu bagaimana dengan
yang non PNS/Honorer.
kami mengajar di SMPN Satap Jipurapah Plandaan Jombang Jatim tapi kami
tidak mendapatkan tunjangan apapun sementara beban tugas kami berat
mengingat kondisi geografis yang di dalam hutan,
lalu bagaimana mekanismenya untuk mendapatkan tunjangan
tersebut?karena selama ini tidak ada pemeberitahua dari Dinas
Pendidikan Kab

Nama : Karsono
Alamat : Plandaan Jombang Jatim
Status : Non PNS (Sekolah/Madrasah Negeri)
Tempat Bertugas/Mengajar : SMPN Satap Jipurapah
Lama Pengabdian : 10 Tahun

Zoya GURU INDONESIA

saya mengajar sudah 3 tahun, dari 2009. apakah saya belum bisa
mendapat tunjangan atau sejenisnya dari pemerintah? sementara gaji
yang saya peroleh dari dana bos sebanyak Rp. 250.000 per bulan yang
diterima bila dana BOS keluar.

Nama : zoya
Alamat : sumbar
Status : Non PNS (Sekolah/Madrasah Negeri)
Tempat Bertugas/Mengajar : sd negeri
Lama Pengabdian : 3 tahun

M SYARIFUL ILMI, S.Pd I GURU INDONESIA

PROPOSAL
HONORIUM IMAM DAN GHORIM
MESJID HIDAYATULLAH 2011

Hal : Rekomendasi Imam

Kepada Yth,
Bapak Gubernur RIAU
Cq. Kepala Biro Kesejahteraan
Propinsi RIAU
Di –
Pekan Baru

Assalamu'alaikum Wr Wb
Dengan hormat,
Dalam rangka mendapatkan bantuan Honorium Imam dan Ghorim dari
pemerintah Propinsi Riau melalui Biro Kesejahteraan Rakyat di Kantor
Gubernur Riau di Pekan Baru. Kami Cantumkan Nama : KAHARUDDIN, S.Ag
sebagai Imam Mesjid Hidayatullah Desa Kuala Mulia.
Namun pertimbangan selanjutnya kami serahkan kepada Bapak sepenuhnya.
Wassalam

PENGURUS MESJID HIDAYATULLAH DESA KUALA MULIA

KETUA



KAHARUDDIN, S. Ag




KEPALA DESA KUALA MULIA



R A M L I


Mengetahui :

KETUA RW 05 SEKRETARIS



H A R D I U S I R I A N T O




MESJID HIDAYATULLAH


Lampiran :


ANGGARAN DANA

NO PETUGAS NAMA BIAYA KET
1 Imam Mesjid KAHARUDDIN, S. Ag Rp. 500.000.,-/ Bulan X 12 Bulan =
Rp.6.000.000.,-


PENGURUS MESJID HIDAYATULLAH DESA KUALA MULIA

KETUA



KAHARUDDIN, S. Ag

SEKRETARIS



I R I A N T O





Nama : M SYARIFUL ILMI, S.Pd I
Alamat : DESA KUALA MULIA KEC. KULA CENAKU KAB INHU- RIAU

Chusmiyati,S.Ag GURU INDONESIA

Mohon Tunjangan TPP Periode Juli - Desember 2012 dicairkan,karena sd
negeri sudah cair,mohon perhatian dinas terkait

Nama : chusmiyati,S.Ag
Alamat : Simorejo Sari A VIII/6
Status : Honorer (Sekolah/Madrasah Swasta)
Tempat Bertugas/Mengajar : SD Asy Syafi'iyah
Lama Pengabdian : 16 Tahun

Ngadiman GURU INDONESIA

Saya tujukan kepada seluruh guru di tanah air Indonesia. Kita sebagai
guru tidak boleh merasa bosan untuk mengajar, membimbing dan mendidik
anak-anak kita. Karena tugas guru merupakan tugas yang paling mulia di
bunia maupun alkhirat. Kalau kita melaksanakan tugas dengan ikhlas
Insya Allah kita akan mendapatkan balasan yang baik dari Yang Maha
Kuasa yang akan kita nikmati di akhirat nanti. dan semoga Guru-guru di
Indonesia tetap dalam lindunganNya. Amin.

Nama : Ngadiman
Alamat : Nanga Embaloh
Status : PNS
Tempat Bertugas/Mengajar : SMP Negeri 1 Embaloh Hilir
Lama Pengabdian : 21 tahun

ASIS, S.Pd GURU INDONESIA

Aplikasi Pendataan Ujian Nasional 2013

Nama : ASIS, S.Pd
Alamat : Jeneponto
Status : PNS
Tempat Bertugas/Mengajar : MAN BINAMU JENEPONTO
Lama Pengabdian : 8 tahun

Drs.SAPARUDDIN S.Pd.I GURU INDONESIA

MOHON KEPADA YANG BERWENANG DALAM TENAGA PENDIDIK MEMPERHATIKAN YANG
SEBENARNYA GURU YANG MENGABDI DAN MEMBERIKAN PELUANG APA YANG MEREKA
HARAPKAN SELAKU PENDIDIK.

Nama : Drs.SAPARUDDIN S.Pd.I
Alamat : KOMPLEKS PP NURUSSALAM LASSA-LASA DESA
DASSA-LASSA,KEC.BONTOLEMPANGAN KAB.GOWA,SULSEL LASSA
Status : Honorer (Sekolah/Madrasah Swasta)
Tempat Bertugas/Mengajar : MI DDI NURUSSALAM LASSA-LASSA
Lama Pengabdian : 1993 SAMPAI SEKARANG

H Batubara, S.Sp.I GURU INDONESIA

Guru.......

"Kurang bijak sana untuk mendapatkan sertifikasi"

Nama : H Batubara, S.Sp.I
Alamat : Sibolga (SUMUT)
Status : Non PNS (Sekolah/Madrasah Negeri)
Tempat Bertugas/Mengajar : SMP/MTs Sederajat
Lama Pengabdian : 5 Tahun

Kabupaten Batanghari Usulkan 150 CPNS Untuk Formasi CPNS 2013

Merupakan kabar gembira bagi putra putri Batanghari. Pasalnya, Pemkab Batanghari di tahun 2013 ini telah mengusulkan 150 CPNS dalam penerimaan CPNS Tahun 2013. ‘’CPNS ini kelak akan ditempatkan sebagai tenaga sopir, cleaning service, dan pengantar surat,’’ sebut Bupati Batanghari, HA Fattah SH. Sebelumnya, pada pandangan umum fraksi DPRD, Senin 22 Otober kemarin, Fraksi Persatuan Gerakan Peduli Demokrasi, mengusulkan agar pemerintah daerah mengangarkan penerimaan PNS untuk tenaga sopir dan cleaning service. Menanggapi pandangan umum Fraksi Gerakan Peduli Demokrasi, bupati Batanghari menegaskan kepada Fraksi Persatuan Gerakan Peduli Demokrasi bahwa tahun 2013 akan ada penerimaan CPNS golongan II.

Saat ini Pemkab Batanghari telah mengusulkan ke Menpan tentang penambahan Pegawai negeri sipil khusus golongan II, ’Kami sudah mengajukan ke Menpan, tentang penambahan PNS di Batanghari sebanyak 150 orang dengan kategori yang diusulkan khusus untuk golongan II saja,’’ kata bupati.

Alasan pengusulan hanya untuk tamatan SMA, akunya, dikarenakan para pejabat membutuhkan sopir, di setiap SKPD perlu pengantar surat, dan cleaning service. ‘’Tidak mungkin golongan III mau menjadi sopir, mengantar surat, atau membersihkan kantor,’’ tegas Bupati. Bupati menambahkan, pengusulan penambahan PNS khusus golongan II, bisa disetujui dan bisa tidak disetujui, tergantung putusan Menpan. ‘’Usulan penambahan PNS sudah sampai ke Menpan, namun hingga saat ini, kami belum menerima Putusan Menpan. Setuju atau tidak setuju itu keputusan Menpan,’’ pungkasnya.

Sumber Berita PPCI: pengumuman cpns 2012 - 2013

Entri Populer