MA MUALLIMIN NW BORO'TUMBUH: 2012/08
SITUS PRESIDEN RI

Rabu, 22 Agustus 2012

Kemdikbud Akan Berlakukan Diklat Online

AKARTA - Dari hasil uji kompetensi guru (UKG) yang sedang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan diketahui peta kompetensi para guru. Guru yang masih belum memenuhi standar kompetensi, wajib mengikuti diklat.

Diklat setelah UKG itu rencananya akan dilaksanakan pada pertengahan tahun 2013. "Sekarang baru kita rancang, kita akan gelar diklat pada 2013 berdasarkan hasil UKG 2012," ungkap Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemdikbud Syawal Gultom, setelah rapat kerja (raker) dengan Komisi X DPR RI, di Gedung DPR Jakarta, kemarin. Menurutnya, dari analisis hasil UKG dapat diketahui mana saja yang akan menjadi prioritas untuk dikembangkan.

Selasa, 21 Agustus 2012

Status Sekolah Terpencil di KLU Masih Gamang

Oleh: Ria Sukandi - LOMBOK UTARA
Lagi-lagi dunia pendidikan di Lombok Utara semakin lama menjadi semakin hilang arah dari makna yang sesungguhnya, karena beberapa dari harapan para tenaga pendidik dan pegawai yang bekerja pupus harapan.
Lain lagi dengan adanya perbedaan status yang memberi jaminan kesejahteraan bagi mereka yang nota bene bekerja di sekolah seperti kategori adanya sekolah terpencil dengan guru yang menyandang Gudacil atau guru daerah terpencil acap kali menjadi selera yang menggairahkan bagi para guru yang tidak menyandang status itu karena gaji dan tunjangan yang menggairahkan perut dan syaraf.
Anehnya status guru daerah terpencil ( Gudacil)  itu tidak diikuti dengan adanya status sekolah terpencil pada laporan rekapitulasi sekolah dari SD, SMP, SMK/ SMA se Lombok Utara di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dikpora). “Status sekolah terpencil diusulkan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD)
disetiap kecamatan yang kemudian ditindaklanjuti melalui SK Bupati,” ungkap Drs. Sukasman Sekertaris Dikpora di ruang kerjanya (31/7/2012) lalu.

Informasi Calon Peserta Sertifikasi Guru 2013

  1. Cek dalam daftar calon peserta menggunakan tombol pencarian dengan memasukkan NUPTK
  2. Jika nama Anda termasuk dalam daftar calon peserta segera hubungi dinas pendidikan setempat untuk mendapatkan Format A0
  3. Mengoreksi dan memperbaiki data pada Format A0 (data ini tidak boleh salah karena kemudian akan digunakan sebagai acuan untuk sertifikat pendidik) Data yang dikoreksi adalah nama lengkap harus sesuai dengan dokumen lainnya (ijasah atau SK PNS); golongan (bagi PNS); tempat dan tanggal lahir; ijasah, tahun lulus, dan nama perguruan tinggi; nama sekolah tempat mengajar. Dokumen yang dijadikan acuan verifikasi nama dan tempat tanggal lahir peserta bagi guru PNS adalah SK PNS, sedangkan bagi guru bukan PNS adalah ijasah terakhir dari perguruan tinggi.
  4. Mengisi pola sertifikasi yang dipilih.
    • Pola portofolio bagi guru yang memiliki dan memenuhi skor minimal portofolio (kuota maksimal 1%).
    • Pola PLPG bagi guru yang tidak memenuhi skor minimal portofolio.
    • Pola pemberian sertifikat secara langsung (PSPL) bagi guru yang telah memenuhi syarat PSPL.
  5. Menetapkan bidang studi yang akan disertifikasi Bidang studi tersebut harus ditetapkan sendiri oleh guru yang bersangkutan sesuai dengan kompetensi yang dikuasainya. Harus disadari oleh guru bahwa bidang studi ini akan terus melekat dalam tugas mengajar yang akan dilaksanakan oleh guru selama guru tersebut mengajar. Dengan kata lain, guru harus konsisten dengan pilihannya secara profesional karena guru harus mengajarkan bidang studi atau mata pelajaran tersebut selama bertugas sebagai guru.
    Penetapan bidang studi sertifikasi mengikuti ketentuan sebagai berikut:
    • sesuai dengan program studi S-1 (linier),
    • apabila tidak sesuai (tidak linier) dengan program studi S-1, dapat menggunakan program studi D-III,
    • apabila tidak sesuai (tidak linier) dengan program studi S-1 dan program studi D-III, guru dapat menetapkan bidang studi yang serumpun dengan program studi S-1 dan D-III,
    • apabila tidak sesuai (tidak linier) dengan program studi S-1 dan program studi D-III, guru dapat menetapkan bidang studi sertifikasi sesuai dengan mata pelajaran, rumpun mata pelajaran, atau satuan pendidikan yang diampunya, dan harus memiliki masa kerja minimal sudah 5 tahun berturut-turut mengajar mata pelajaran tersebut.
  6. Mengumpulkan berkas/dokumen/portofolio ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
  7. Memantau proses penetapan peserta melalui website www.sergur.pusbangprodik.org
  8. Menerima Format A1 berisi nomor peserta sebagai bukti terdaftar sebagai peserta sertifikasi guru
  9. Mencari informasi tentang pelaksanaan uji kompetensi awal (bagi peserta PLPG) ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota masing-masing

Dokumen yang harus dikumpulkan untuk Pola PSPL

Untuk guru yang berkualifikasi akademik S-2/S-3 dan sekurang-kurangnya golongan IV/b.

  1. Format A1 yang telah ditandatangani oleh LPMP.
  2. Fotokopi ijazah S-1/D-IV, fotokopi ijazah dan transkrip nilai S-2 dan/atau S-3 yang telah dilegalisasi (kecuali Ijazah S-3 by research). Ijazah dari perguruan tinggi negeri dilegalisasi oleh perguruan tinggi yang mengeluarkan, untuk ijazah dari perguruan tinggi swasta dilegalisasi oleh kopertis wilayah perguruan tinggi yang mengeluarkan ijazah, dan untuk ijazah dari luar negeri dilampiri fotokopi surat keterangan akreditasi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
  3. Fotokopi tugas belajar/izin belajar atau surat keterangan tugas belajar dari pejabat berwenang yang telah dilegalisasi oleh atasan langsung.
  4. Fotokopi SK pangkat/golongan terakhir (minimal IV/b) yang telah dilegalisasi oleh atasan langsung.
  5. Fotokopi SK mengajar (SK pembagian tugas mengajar) terakhir yang telah dilegalisasi oleh atasan langsung.

Pola PF mengumpulkan Portofolio

Peserta pola PF menyusun portofolio sebanyak dua rangkap sesuai urutan sebagai berikut.
  1. Halaman sampul disisipkan Format A1
  2. Daftar isi
  3. Instrumen portofolio, yang meliputi: (a) identitas peserta dan pengesahan, dan (b) komponen portofolio yang telah diisi.
  4. Bukti fisik atau portofolio meliputi komponen sebagai berikut.
    • Kualifikasi Akademik
    • Pendidikan dan Pelatihan
    • Pengalaman Mengajar
    • Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran
    • Penilaian dari Atasan dan Pengawas
    • Prestasi Akademik

Peserta PLPG Mengumpulkan Berkas

Peserta yang memilih pola PLPG secara langsung harus menyerahkan berkas sebagai berikut.
  1. Format A1 yang telah ditandatangani oleh LPMP.
  2. Fotokopi Ijazah S-1 atau D-IV, serta Ijazah S-2 dan atau S-3 (bagi yang memiliki) dan disahkan oleh perguruan tinggi yang mengeluarkan,
  3. Fotokopi SK pangkat/golongan terakhir yang telah dilegalisasi oleh atasan langsung (bagi PNS)
  4. Fotokopi SK pengangkatan sebagai guru sejak pertama menjadi guru sampai dengan SK terakhir yang disahkan oleh pejabat terkait,
  5. Fotokopi SK mengajar dari Kepala Sekolah yang disahkan oleh atasan, dan
  6. Pasfoto terbaru berwarna (enam bulan terakhir dan bukan polaroid) ukuran 3x4 cm sebanyak 4 lembar, di bagian belakang setiap pasfoto ditulis identitas peserta (nama, nomor peserta, dan satminkal).

Transfer Daerah Naik, Tunjangan Guru Jangan Telat

JAKARTA--Untuk mencapai berbagai sasaran strategis dalam RAPBN tahun 2013, alokasi anggaran transfer ke daerah direncanakan mencapai Rp518,9 triliun. Ini berarti mengalami peningkatan Rp40,1 triliun atau 8,4 persen dari pagu anggaran transfer ke daerah dalam APBN-P 2012.

Anggaran sebesar itu masing-masing untuk dana perimbangan Rp435,3 triliun, serta dana otonomi khusus dan penyesuaian Rp83,6 triliun. Alokasi dana perimbangan, naik Rp26,9 triliun atau 6,6 persen dari pagu APBN-P 2012. Dana perimbangan itu terdiri atas Dana Bagi Hasil Rp99,4 triliun; Dana Alokasi Umum (DAU) Rp306,2 triliun; dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp29,7 triliun.

Di bidang DAK, dalam rangka mempercepat pembangunan di daerah tertinggal, diberikan prioritas dan perhatian khusus kepada daerah-daerah tertinggal dalam pengalokasian anggaran DAK. Dengan kebijakan itu, maka distribusi alokasi DAK ke daerah tertinggal meningkat dari sebelumnya Rp10,5 triliun dalam APBN-P 2012, menjadi Rp13,06 triliun dalam RAPBN tahun 2013.

325 Guru Ditargetkan Sertifikasi di 2013

JAKARTA--Pemerintah terus melanjutkan program sertifikasi guru di tahun 2013. Hal ini dimaksudnya guna mewujudkan pendidikan yang berkualitas bagi anak didik di seluruh Indonesia. Selain itu anggaran pendidikan juga mengalami kenaikan melebihi amanat UU yakni 20 persen dari APBN.

"Pada tahun 2013 kita akan melanjutkan pelaksanaan sertifikasi guru bagi lebih dari 325 ribu guru. Pelaksanaan sertifikasi akan didahului dengan Uji Kompetensi bagi Guru yang belum bersertifikasi," kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di DPR RI, Kamis (16/8).

Dalam RAPBN 2013, anggaran pendidikan mengalami peningkatan signifikan. Bila pada tahun 2011 lalu, anggaran pendidikan mencapai Rp266,9 triliun, lalu di 2012 meningkat menjadi Rp310,8 triliun, maka pada tahun 2013 mendatang anggaran pendidikan direncanakan sebesar Rp331,8 triliun atau naik 6,7 persen.

Minggu, 19 Agustus 2012

Cara Mencari NRG Nomor Registrasi Guru Sertifikasi

Salah satu syarat untuk pencairan Tunjangan Sertifikasi Guru adalah mempunyai Nomor Register Guru (NRG). Banyak guru yang bingung karena mereka tidak mempunyai NRG (Nomor Registrasi Guru). Sebenarnya semua guru yang mempunyai sertifikat pendidik pasti mempunyai NRG (Nomor Registrasi Guru), cuma mereka tidak tahu cara mendapatkannya.

Oleh karena itu, berikut ini akan bagaimana cara mendapatkan NRG (Nomor Registrasi Guru). Sebenarnya bukan cuma kita mendapatkan NRG (Nomor Registrasi Guru), tetapi kita akan mendapatkan (mencari) SK Tunjangan Profesi secara online. OK, langsung saja ke pokok permasalahan.
  1. Kunjungi halaman web ini : Klik disini
  2. Setelah itu masukkan Nomor NUPTK Anda dan klik tombol “CARI” maka akan muncul SK Tunjangan Profesi Anda.
  3. Bila Anda mau mencetak, tinggal Anda klik tombol “CETAK”
  4. Setelah klik tombol “CETAK” SK tunjangan profesi Anda tidak langsung tercetak, akan tetapi terbentuk file tersebut dalam format pdf. Simpan file tersebut.
  5. Print (cetak) file dalam format pdf tersebut. (by sman1tanjung)

Sabtu, 18 Agustus 2012

Presiden SBY: Indonesia Harus Jadi Etalase Toleransi

Foto
 Jakarta (Pinmas)— Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menghindari kekerasan horisontal. Baik yang dipicu oleh sengketa lahan, ekses Pemilukada maupun perbedaan pandangan dan keyakinan.
Hal ini diungkapkan Presiden SBY pada sambutan kenegaraan dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun ke-67 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Kamis 16 Agustus 2012.
Isu ini, kata presiden, perlu disampaikan. Mengingat masih terjadinya aksi-aksi kekerasan dan konflik komunal di tengah masyarakat.
“Kita harus menghindarkan diri dari sikap mau menang sendiri dan memaksakan kehendak,” kata Presiden SBY.
Menurutnya, sebagai negara yang menjunjung nilai-nilai demokrasi, Indonesia harus menjunjung tinggi toleransi. “Negeri kita justru harus menjadi etalase dari harmoni dan toleransi. Bukan konflik dan kekerasan horisontal,” katanya.
Aksi-aksi kekerasan dan konflik komunal itu, menurutnya bisa dicegah jika semua pihak, baik kepala daerah, tokoh masyarakat, kepolisian dan TNI peduli dan terus menjaga kerukunan serta ketentraman masyarakat.
“Pastilah tidak semudah itu terjadi aksi-aksi kekerasan, tindakan main hakim sendiri, dan konflik komunal,” dia menambahkan.
Polri diminta tegas, cepat dan tepat jika terjadi aksi kekerasan di tengah masyarakat. Penanganannya pun jangan terlambat, dan harus tuntas.
“Jangan pula ada kesan Polri melakukan pembiaran. Yang penting hindari dan cegah jatuhnya korban jiwa dari pihak mana pun,” pesannya. (viva)

Kamis, 16 Agustus 2012

Pidato Kenegaraan HUT Ke-67 Proklamasi Kemerdekaan RI di Depan Sidang Bersama DPR dan DPD RI

PIDATO KENEGARAAN
PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
DALAM RANGKA
HUT KE-67 PROKLAMASI KEMERDEKAAN
REPUBLIK INDONESIA
DI DEPAN SIDANG BERSAMA
DEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIA
DAN
DEWAN PERWAKILAN DAERAH REPUBLIK INDONESIA
Jakarta, 16 Agustus 2012


Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua,

Yang saya hormati, Saudara Ketua, para Wakil Ketua, dan para Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia,
Yang saya hormati, Saudara Ketua, para Wakil Ketua, dan para Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia,
Yang saya hormati, Saudara Ketua, para Wakil Ketua, dan para Anggota Lembaga-Lembaga Negara,
Yang Mulia para Duta Besar Negara-Negara Sahabat dan para Pimpinan Perwakilan Badan-Badan dan Organisasi Internasional,
Saudara-saudara se-Bangsa dan se-Tanah Air,

Hadirin sekalian yang saya muliakan,
Hari ini, dengan penuh rasa syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT, di bulan suci Ramadhan yang mulia ini, kita dapat menghadiri Sidang Bersama Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), dan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI). Sidang pagi ini kita laksanakan dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun ke-67 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, yang akan dilanjutkan nanti malam untuk penyampaian Pengantar Keterangan Pemerintah Atas Rancangan Undang-Undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2013, Beserta Nota Keuangannya.

855 Guru PNS dan Non PNS Kemenag Rohul Terima Tunjangan Transport

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Sebanyak 855 tenaga pendidik dan kependidikan PNS, serta guru non PNS di lingkungan Kantor Kemenag Rokan Hulu menerima dana tunjangan transport dan tunjangan tambahan fungsional guru non PNS tahap pertama, Rabu (14/8/12).

Kepala Seksi Madrasah Pendidikan Islam (Mapendais) Kantor Kemenag Rohul, Syahrudin, mengatakan, dana transport dan tunjangan fungsional bagi guru PNS dan non PNS, dianggarkan sebesar Rp1,533 miliar bersumber dana hibah Pemkab Rohul 2012.

“Dana ini diserahkan kepada 167 tenaga pendidik dan kependidikan dan 688 guru non PNS,” terangnya di Pasirpangaraian, Rabu (15/8/12).

Dana tunjangan transport tenaga pendidik dan kependidikan tahap pertama, dibayarkan sebesar Rp3.000.000 per guru, dengan rincian penerimaan sebesar Rp500 ribu per bulan.

Sedangkan tunjangan tambahan fungsional guru non PNS dibayarkan Rp1.500.000 per bulan, dengan rincian penerimaan sebesar Rp250 ribu per bulan.

Pejabat Daerah Endapkan Tunjangan Guru Terancam Pidana

JAKARTA--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) saat ini sudah memulai melakukan verifikasi data daerah yang lambat menyalurkan tunjangan profesi guru. Untuk urusan ini, Kemdikbud menggandeng Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

"Kemarin kita bekerjasama dengan BPKP untuk mengumpulkan data mengenai daerah mana yang masih belum membayarkan. Tapi laporannya belum disampaikan ke kitadari BPKP. Mudah-mudahan minggu depan sudah kita terima laporannya," ungkap Irjen Kemdikbud, Haryonoo Umar kepada JPNN di Jakarta, Senin (13/8).

Pencairan Tunjangan Guru Honorer Dinilai Tak Efektif

WONOSOBO, suaramerdeka.com - Ratusan guru honorer yang berada di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) mengantre di Kantor Pos Wonosobo untuk menerima subsidi tunjangan fungsional bagi guru bukan pegawai negeri sipil (PNS), Rabu (15/8). Namun pendistribusian dana itu dinilai tidak efektif.

Salah satu guru MI Maarif Islamiyah Jolontoro, Sapuran, Tri Indana (27) mengatakan, seharusnya pendistribusian dana itu dilakukan di masing-masing Kantor Pos Kecamatan sehingga tidak terjadi banyak antrean. Selain itu, pihak Kantor Pos sendiri akan terbantu karena tidak direpotkan melayani ratusan guru dalam satu waktu.

Sistem lain yang bisa dilakukan misalnya melalui rekening masing-masing guru. Dengan demikian akan lebih efektif dan efisien. "Kami mengantre sangat lama dan melelahkan, apalagi ini sedang puasa," keluhnya.
Sementara itu, Kepala Kanto Pos Wonosobo, Seno Adji Agung Nugroho mengatakan, pihaknya hanya betugas mendistribusikan tunjangan tersebut. Pihaknya juga sudah menyiapkan dua loket di luar loket utama, agar pendistribusian itu tidak mengganggu pelayanan lainnya.

IHZA MAHESA

Koleksi Wallpaper Windows 8


Senin, 13 Agustus 2012

Data Hasil Nilai UKG Online

Berikut info data hasil UKG 2012. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan cukup serius dalam pemetaan kompetensi guru melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) secara online. Keseriusan ini dapat dilihat dari antara lain
  • Tersedianya website Uji Kompetensi Guru, yang menyediakan info tentang daftar peserta, pedoman UKG, kisi-kisi UKG, dan daftar TUK
  • Tersedianya website untuk publikasi hasil UKG
 Berikut data hasil UKG Online untuk jenjang Guru Kelas SD dari 5 Provinsi hasil tertinggi (data nilai sampai dengan 11 Agustus 2012).

Minggu, 12 Agustus 2012

Anak-anak Kurang Mampu di Bekasi Terima Bantuan Buku Tulis

 
Bekasi -- Anak-anak yatim dan anak-anak dari keluarga kurang mampu di Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi menerima bantuan buku tulis. Bantuan tersebut hasil kerja sama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan Sinar Mas Group. Bantuan secara simbolik diserahkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh di sela-sela acara safari Ramadhan di Masjid Baitul Makmuur, Perumahan Telaga Sakinah, Cikarang Barat Bekasi, Sabtu (11/8).
Mendikbud dalam kesempatan tersebut menyempatkan diri berdialog dengan anak-anak penerima bantuan tersebut. Menteri Nuh berpesan agar mereka terus semangat menuntut ilmu dan belajar ilmu-ilmu agama. Mendikbud mengapresiasi siswa-siswi yang sudah mulai menghafal Alquran. "Tidak apa-apa, kuliah di jurusan teknik dan hafal Alquran," ujar Mendikbud. Lebih lanjut, Menteri Nuh juga berpesan agar masjid selain dijadikan tempat ibadah, juga dioptimalkan sebagai tempat pendidikan bagi anak-anak generasi penerus. "Jadikan masjid-masjid kita taman ilmu bagi anak-anak kita," ujarnya menambahkan.
Mendikbud juga mengapresiasi kepedulian Sinar Mas Group atas program corporate social responsibility (CSR) di bidang pendidikan. Selain itu acara-acara seperti ini juga merupakan bentuk kepedulian dari masyarakat yang lebih beruntung secara ekonomi untuk membantu saudaranya yang memerlukan bantuan.  (NW)

UKG Digelar agar Guru Kompeten

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Bidang Pendidikan, Musliar Kasim menyatakan, Uji Kompetensi Guru (UKG) dilaksanakan pemerintah untuk memastikan semua guru di satuan pendidikan memiliki kompetensi yang baik. Musliar menyampaikan, hasil UKG juga sangat berguna sebagai peta saat pemerintah akan melakukan pembinaan dalam rangka meningkatkan mutu guru.

"UKG untuk meyakinkan kita, agar semua guru di satuan pendidikan punya kompetensi yang baik," kata Musliar, di gedung Kemdikbud, Jakarta, Jumat (10/8/2012).

Nantinya, lanjut Musliar, para guru akan mendapatkan pembinaan yang berbeda sesuai dengan hasil ujiannya. Ini merupakan upaya untuk memeratakan kompetensi guru.

Perjuangkan Nasib Guru, Tiga Guru Dimutasi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sebanyak tiga pengurus organisasi guru di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, yang mengkritisi masalah pembayaran tunjangan profesi guru yang terlambat dan kurang, dimutasi mendadak pada Sabtu (11/8/2012). Para guru ini memiliki bukti bahwa dana tunjangan pendidik guru selama enam bulan untuk guru-guru bersertifikat di Kota Makassar ternyata tidak dibayarkan tepat waktu dan tidak sesuai jumlah yang ditransfer Kementerian Keuangan.

Selain Nurdin sebagai Ketu Dewan Pimpinan Daerah Federasi Guru Independen Indonesia (FGII) Sulsel, dua guru lain yang juga pengurus FGII mendadak dimutasi. Mereka adalah Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) FGII Marwan dan Sekretaris DPC FGII Kota Makassar Mustofa.

Gaji Dan Tunjangan Guru PNS Naik Rp 10,1 Triliun

 
Wakil Mendikbud Bidang Pendidikan Musliar Kasim. Foto: Randy/RM
JAKARTA - Angin segar berhembus di kalangan guru PNS. Di tengah terpaan kabar hasil sementara uji kompetensi guru (UKG) yang jeblok, gaji dan tunjangan mereka tahun depan naik signifikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meminta izin DPR untuk menaikkan dana alokasi umum (DAU) pos belanja gaji guru PNS sebesar Rp 10,1 triliun.

Permintaan kenaikan anggaran untuk gaji guru PNS tadi sudah dilaporkan Kemendikbud kepada Komisi X. Kepastian usulan tadi diterima atau ditolak DPR menunggu keputusan Undang-undang APBN 2013 yang rencananya digedok akhir tahun ini.

Tren kenaikan DAU untuk belanja gaji PNS periode 2013 tentu direspon guru PNS karena meningkat dibanding periode sebelumnya. Dari rekaman Kemendikbud menyimpulkan jika anggaran gaji guru PNS periode 2011 dipatok sebesar Rp 92,59 triliun.

Kemudian pada periode 2012 anggaran ini naik menjadi Rp 102,05 triliun. Selanjutnya tahun depan Kemendikbud sudah menghitung jika anggaran gaji plus tunjangan guru PNS senilai Rp 112,15 triliun. Atau naik sebesar Rp 10,1 triliun.

Wakil Mendikbud Bidang Pendidikan Musliar Kasim di Jakarta kemarin (9/8) menuturkan, anggaran DAU ini adalah anggaran yang langsung ditransfer dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ke pemerintah daerah (provinsi, kota, dan kabupaten). "Uang DAU ini tidak masuk ke rekening kita. Tetapi masih menjadi bagian dari anggaran fungsi pendidikan," kata mantan rektor Universitas Andalas, Padang itu.

Pemerintah Daerah Diminta Tak "Sandera" Tunjangan Guru

BEKASI, KOMPAS.com - Pemerintah pusat kembali melontarkan sindiran untuk pemerintah daerah. Kali ini mengenai dana Tunjangan Profesi Guru (TPG). Daerah diminta untuk segera menyalurkan tunjangan itu kepada guru yang berhak.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, anggaran untuk TPG telah disalurkan ke daerah sejak beberapa bulan lalu. Menurutnya, tak ada alasan bagi pemerintah daerah untuk menunda penyalurannya.

"Kami sudah salurkan ke daerah, tolong agar segera disampaikan pada yang berhak," kata Nuh, di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (11/8/2012).

Nuh menjelaskan, dana TPG untuk dua triwulan telah disalurkan pemerintah pusat kepada daerah, yakni pada Maret dan Juni 2012 lalu. Bahkan, untuk triwulan ketiga, Kemdikbud akan mulai menyalurkannya pada September mendatang. Akan tetapi, eksekusi di daerah sering macet dan telat sampai ke tangan guru.

"Ini sudah di triwulan ketiga. Jadi dua triwulan yang lalu agar segera disampaikan pada guru penerima," ujar Nuh.

Telatnya pencairan TPG terjadi hampir di semua daerah. Hal ini membuat guru-guru menjerit dan mengeluh pada pelaksanaan uji kompetensi guru (UKG). Beban terus diberikan, sementara tunjangannya belum sampai ke tangan penerima.

Terkait macetnya penyaluran tunjangan profesi guru di daerah, Ibu Negara Ani Yudhoyono bahkan langsung mengirimkan pesan singkat kepada Mendikbud M Nuh. 

Mekanisme Penyaluran Dana BOS SMA Sama dengan SD/SMP

BEKASI, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, mekanisme penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) jenjang SMA akan disamakan dengan mekanisme BOS SD/SMP, yakni dari pusat disalurkan ke provinsi, dan dilanjutkan ke sekolah.

"Mekanisme penyaluran BOS SMA akan mengikuti BOS untuk SD dan SMP," kata Nuh, Sabtu (11/8/2012) malam, di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat.

Ia menjelaskan, alasan dipilihnya mekanisme penyaluran BOS SD/SMP untuk menyalurkan dana BOS SMA adalah karena mekanisme penyaluran BOS SD/SMP dinilai lebih aman dan cenderung tanpa masalah dalam pencairannya. Selain itu, mekanisme tersebut juga telah teruji selama beberapa tahun BOS SD/SMP digulirkan.

Harus Ada Standar Gaji Guru Honor

 JUMAIN SULAIMAN/FAJAR
Dr Sulistiyo 

JIKA berbicara tentang guru, maka hal paling pertama yang disoal adalah kesejahteraan guru honorer, pola rekrutmen, sampai pada distribusi pendidik di berbagai  daerah. Di beberapa wilayah, guru honorer dipekerjakan penuh waktu, namun gajinya sangat minim. Bagaimana Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) menyikapi berbagai persoalan ini? Berikut petikan wawancara wartawan FAJAR, Hasbi Zainuddin, dengan Ketua Umum PB PGRI, Dr Sulistiyo, di Hotel Grand Clarion Makassar, Kamis 28 Juni.

 

Menurut Anda, apa persoalan paling krusial yang dialami guru saat ini?

Banyak persoalan. Di antaranya, kekurangan guru Sekolah Dasar (SD), ketimpangan distribusi untuk guru SMP dan SMA, sampai persoalan gaji guru honorer yang minim. Padahal, banyak dari mereka yang bekerja maksimal layaknya guru tetap.

Untuk SD, kami menemukan kekurangan guru yang jumlahnya sangat besar. Dari semua provinsi yang pernah kami kunjungi, tidak ada Sekolah Dasar yang cukup guru tetapnya.

Berapa jumlah guru SD yang kurang?

Kita masih sementara menghitung. Jumlah kekurangan guru sedang dikumpulkan pengurus PGRI di masing-masing provinsi. Namun, saya bisa gambarkan, kekurangannya itu bervariasi. Untuk SD di kota-kota, kekurangannya relatif kecil. Sekitar enam banding lima. Maksudnya, enam kelas, tapi cuma lima guru tetapnya.

3 Bulan Tunjangan Sertifikasi Guru Telat Dibayar

MAKASSAR - Tunjangan sertifikasi guru di setiap proses pencairannya selalu saja tidak utuh. Dana yang diterima semestinya tiga bulan, tetapi guru hanya memperoleh dana tunjangannya untuk dua bulan.
   
Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Abdullah Djabbar mengatakan, tunjangan sertifikasi mestinya komplet diterima para guru di setiap periode pencairannya. Pemerintah Pusat telah mengalokasikan anggarannya dan disalurkan langsung ke kas daerah pemerintah kabupaten dan kota.
   
"Saya tidak memahami kalau tunjangan sampai terlambat atau dibayarkan tidak utuh kepada guru. Anggarannya sudah disiapkan oleh Kementerian Keuangan langsung ke kas daerah," kata Djabbar, Jumat (10/8).

Pencairan TPP Mampet, Dibahas di Komite Pendidikan

 Kemendikbud Tegaskan, Pegang Sertifikat Belum Tentu dapat TPP
 
JAKARTA - Urusan pencairan tunjangan profesi pendidik (TPP) tahun ini benar-benar bermasalah. Untuk perbaikan, sistem pencairan TPP akan dibahas serius dalam rapat komite pendidikan yang diketuai oleh Wakil Presiden Boediono 14 Agustus depan.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Bidang Pendidikan Musliar Kasim di Jakarta kemarin (10/8) menjelaskan, pihaknya bakal mengusulkan beberapa perubahan sistem pencairan TPP. "Bagaimana nanti kepastian akhirnya, tunggu hasil rapat," kata dia.

Mantan rektor Universitas Andalas, Padang itu menjelaskan persoalan pencairan TPP yang bermasalah ini mirip dalam sistem pencairan dana bantuan operasional sekolah (BOS) periode 2011. Musliar menjelaskan, sistem pencairan dana BOS yang sempat kacau terjadi karena dana tersebut dicairkan dulu ke pemkab atau pemkot dulu. Baru kemudian ke rekening guru.

Tunjangan Ngadat, Guru Ancam Mogok

SAMARINDA-Ribuan guru mengeluh. Tunjangan profesi untuk mereka pada triwulan II belum cair. Sejumlah Umar Bakrie ini pun mengancam mogok mengajar. Bahkan mereka siap turun ke jalan untuk menuntut hak. Demikian disampaikan Ketua Forum Guru Sertifikasi Samarinda (FGSS) Darmadi.

Kata dia, tunjangan sertifikasi guru pada Juni 2010, Desember 2011, dan Juni 2012 belum dibayar. Tahun ini triwulan I sudah lunas, sedangkan triwulan II belum dibayar. Para guru yang mengatasnamakan FGSS itu, sudah menyambangi kantor DPRD Samarinda pada pertengahan Mei lalu, untuk menyampaikan masalah mereka.

Para guru, kata dia, sudah lama bersabar, namun hingga kini dana sertifikasi tak kunjung dicairkan. Padahal kebutuhan hidup saat Ramadan dan jelang Idulfitri semakin meningkat. “Ketika kami ke DPRD Samarinda, yang menemui saat itu Ketua Komisi IV Ariffin Idris dan anggotanya Nursobah,” ucapnya.

Persoalan Tunjangan Guru Sampai ke Istana

JAKARTA – Persoalan mampetnya pencairan tunjangan profesi pendidik (TPP) akhirnya masuk juga ke lingkungan istana presiden. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengaku mendapat SMS (short message service) dari ibu negara Ani Yudhoyono tentang pencairan TPP bermasalah di Maluku.

’’Laporan yang diterima ibu negara menyebutkan, tunjangan untuk guru di SMAN 1 Maluku sampai sekarang belum dikeluarkan,’’ ucap Nuh kemarin (11/8). Menteri asal Surabaya itu lantas segera menerjunkan tim untuk mengecek persoalan yang menyumbat pencairan TPp tersebut.

Nuh mengaku sangat heran kenapa sampai saat ini masih ada banyak laporan para guru bersertifikat yang belum menerima TPP. Padahal, pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Keuangan (Kemenkeu), sudah mengucurkan anggaran TPP ke pemkab atau pemkot rutin setiap tiga bulan sekali. Pada 2012 ini sudah dua kali pencairan.

Dana BOS untuk Gaji Guru Honorer Tetap 20 Persen

JAKARTA – Pengucuran dana bantuan operasional sekolah (BOS) perlu pengawalan ketat karena rentan penyimpangan dalam pemanfaatannya. Diantara peluang penyimpangan terbesar adalah, penggunaan dana BOS untuk gaji guru honorer melebihi ambang batas yang sudah ditetapkan.

Dalam rangkaian safari Ramadan Kemendikbud banyak terungkap jika masih saja ada pihak sekolah yang meminta ambang batas penggunaan dana BOS untuk gaji guru honorer diubah. Selama ini, pemerintah menoleransi penggunaan dana BOS untuk gaji guru honorer hanya 20 persen saja.

’’Ketentuan ini sudah baku. Dan belum mengalami perubahan,’’ terang Plt Direktur Jenderal Pendidikan Dasar (Dirjen Dikdas) Suyanto ketika dihibungi kemarin. Mantan rektor UNY itu mengatakan, desakan dari pihak sekolah supaya batas toleransi penggunaan dana BOS untuk gaji guru honorer tadi dirubah sulit sekali untuk dituruti.

Catatan Guru Honorer Sertifikasi

Di Tempatku mengajar ada beberapa Guru PNS yang sudah disertifikasi, dan Aku Salah satu Guru Honorer Yang Sudah Disertifikasi.

Saya Sebagai Guru Honorer yang sudah disertifikasi Oleh Aturan dibebankan Jam Mengajar Harus Terpenuhi 24 Jam Tatap Muka. Dan Oleh Bapak Kepala Sekolah Saya Di ingatkan Cara Mengajarnya Harus Profesional, dan Perangkat Pembelajaran Harus Siap.

Sehingga Sejak Tahun 2008 Saya Guru Honorer Sertifikasi Mempunyau Beban yang sama dengan Guru PNS yang lain, sama-sama memenuhi 24Jam Tatap Muka, Sama-sama menyediakan segala Administrasi Guru. Intinya, dalam hal tugas mengajar saya dengan Guru PNS sama sekali tidak ada perbedaan.

Sehingga pada suatu saat saya berfikir, sungguh menyakitkan kebijakan pemerintah Indonesia, Karena Pemerintah Tega Memberikan beban yang sama dengan memberikan Upah Yang Jauh Berbeda.

Sehingga pada Suatu Malam, saya bangun dari tidur dan mengambil selembar kertas, yang bertuliskan seperti di bawah ini :

KEWAJIBAN GURU HONORER SERTIFIKASI
KEWAJIBAN GURU PNS SERTIFIKASI
KETERANGAN
1.    24 Jam Tatap Muka
2.    Selalu menyiapkan Perangkat Pembelajaran
3.    Selalu Menyelesaikan Segala Macam Administrasi Guru
4.    Harus Profesional dalam mengajar
5.    Tapat Waktu dalam mengajar

1.    24 Jam Tatap Muka
2.    Selalu menyiapkan Perangkat Pembelajaran
3.    Selalu Menyelesaikan Segala Macam Administrasi Guru
4.    Harus Profesional dalam mengajar
5.    Tapat Waktu dalam mengajar




BEBAN SAMA
HAK  GURU HONORER SERTIFIKASI
HAK GURU PNS
 SERTIFIKASI
KETERANGAN
1.    Mendapatkan Tunjangan sebesar Rp. 1.500.000/Bln  dibayarkan 6 bulan sekali
1.    Mendapatkan Gaji Pokok Sebesar sesuai Golongan
2.    Mendapatkan Tunjangan pension
3.    Mendapatkan Uang Lauk Pauk
4.    Jaminan Kesehatan
5.    Jaminan keluarga ( Anak+Istri)
6.    Tunjangan Guru terpencil
7.    Tunjangan Sertifikasi Sebesar 1 x Gaji Pokok
8.    Dan Tunjangan lainnya



SUNGGUH
TIDAK MANUSIAWI
Tunjangan Dibayar Per Musim dan Tidak Menentu
Gaji dan Tunjangan dibayar Per Bulan
Sangat Tidak Manusiawi

Habis Menulis Catatan diatas, saya kembali berfikir, Sungguh Berat Menjadi Guru Honorer yang sudah di Sertifikasi. Beratnya bukan terletak pada kewajibannya, melainkan pada perbedaan perlakuan Pemerintah antara Guru Honor Sertifikasi dengan Guru PNS yang kewajiban sama tetapi Hak Yang Jauh Berbeda.

Guru PNS Wajib memikul beban 24 Jam Tatap Muka dan Wajib Untuk disertifikasi serta Wajib Untuk di Uji Kinerjanya Tapi Tidak Perlu Diberikan Tunjangan Sertifikasi.
Kenapa..!?!?!?!
Karena......!!!!!!
1. Guru PNS Mendapat Gaji Pokok Setiap Bulan
2. Guru PNS Mendapat Uang Lauk Pauk Setiap Bulan
3. Guru PNS Mendapat Tunjangan Keluarga (Istri Anak Mungkin Juga Cucu nantinya)
4. Guru PNS Mendapat Tunjangan Pensiun
5. Guru PNS Yang Sudah Disertifikasi LAGI-LAGI Mendapat Gaji sebesar 1 x Gaji Pokok

Memangnya yang ikut berperan serta dalam menjalankan  pendidikan di Indonesia ini Cuma Guru PNS Saja..!?!?

Memangnya Alokasi Dana untuk Gaji Guru di Indonesia ini Cuma Guru PNS Saja...!?!?!?

SEBENARNYA APA ALASAN PEMERINTAH MEMBERIKAN GAJI SERTIFIKASI LAGI KEPADA GURU PNS..????

APA TIDAK CUKUP GURU PNS DENGAN BERBAGAI MACAM GAJI DAN TUNJANGAN YANG DIBERIKAN SETIAP BULANNYA....????

APA GURU PNS DI INDONESIA INI SUDAH 100% AKTIF MENJALANKAN TUGASNYA..????

MASYA'ALLAH..!!!!

Pantas Sebagian besar Rakyat Indonesia terlena dengan istilah " Pegawai Negeri Sipil " Terlena dengan berbagai macam Gaji dan Tunjangan Pegawai Negeri Sipil. Sehingga sudah bukan cerita lagi kalau ada seseorang yang Demi Mendapatkan Status PNS, Rela Habis-habisan.
 MASYA'ALLAH..!!!!

Ini Sebenarnya salah satu penyebab yang bisa menimbulkan :
1. Persaingan yang tidak sehat dikalangan para guru
2. Persaingan yang tidak sehat untuk menjadi Guru PNS
3. Penyubur Ajaran Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme

LALU DIMANA POSISI GURU HONORER DIMATA PEMERINTAH..?????


APAKAH BERLEBIHAN GURU HONORER MENDAPAT GAJI 250.000/bln DARI YAYASAN
SEHINGGA TUNJANGAN FUNGSIONAL DARI PEMERINTAH TERSENDAT-SENDAT PENCAIRANNYA....?????

APAKAH BERLEBIHAN GURU HONORER YANG SUDAH DISERTIFIKASI MENDAPAT GAJI 1.500.000/bln SEHINGGA DITUNTUT HARUS 24 JAM TATAP MUKA (Sama Dengan Guru PNS ) dan PENCAIRANNYA DIBAYARKAN PER ENAM BULAN SEKALI DITAMBAH WAKTU KELUARNYA TIDAK TENTU...????

Coba Guru PNS Diberikan Masa Aktif 3 Tahun dan Tes Ulang Lagi. Jangan Se Umur Hidup
 
Coba Tunjangan Sertifikasi Guru PNS di Berikan Ke Guru Honorer atau Disumbangkan Untuk Media Pembelajaran di Sekolah Yang Membutuhkan

Atau Mungkin Ada Guru Honorer yang Mau diangkat Jadi Guru PNS, Yang hanya sekedar Menerima Tunjangan Pokok Saja.

AKu Mau Lho Pak......!?!?!?!?!?

Sabtu, 11 Agustus 2012

Nasib Guru Honorer Yang Menyedihkan

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Sulistiyo menyatakan, perlakuan pemerintah kepada guru honorer masih buruk. Menurut dia, hal itu terbukti dari tiadanya sistem perekrutan dan pembinaan yang jelas, disusul dengan kesejahteraan dan perlindungan yang menyedihkan.

"Perlakuan terhadap guru honorer sangat menyedihkan. Terlebih perlakuan kepegawaiannya jauh dari memadai," kata Sulistiyo di Jakarta, Kamis (9/8/2012).

Jumat, 10 Agustus 2012

Peresmian Laboratorium Ketrampilan MAN 1 Mataram

Foto

Mataram_04/08/2012 Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat Drs. H. Usman menghadiri undangan buka puasa persama dalam rangka peringatan Nuzulul Qur’an 1433 H sekaligus dirangkaikan dengan peresmian Laboratorium Keterampilan MAN 1 Mataram. Tampak hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Bidang Mapenda, Kasubbag Tata Usaha Kemenag Kota Mataram, Kepala MAN 2 Mataram, ketua Pokjawas Kota Mataram dan Lombok Barat serta tamu undangan lainnya.
Kepala MAN 1 dalam sambutannya mengatakan bahwa latar belakang dibangunnya Loboratorium Keterampilan MAN 1 Mataram adalah untuk memberikan bekal keterampilan bagi para siswa miskin yang ada di MAN 1 berkisar antara 20% murid yang ada di MAN 1 ini masih tergolong miskin. Beliau juga mengatakan bahwa siswa dan siswi MAN 1 yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi, banyak diantara mereka yang menjadi kuli ataupun buruh bangunan dan penjaga toko. Hal inilah yang menginspirasi Kepala MAN 1 Mataram untuk membangun Laboratorium Keterampilan guna membekali siswa siswinya agar memiliki keterampilan kecakapan hidup (life skill).

Tes CPNS 2012 Berpeluang Mundur

JAKARTA, FAJAR -- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) sudah melansir jadwal seleksi CPNS baru dijalankan serentak pada 8 September nanti. Namun tanggal pelaksanaan tadi terancam diundur karena persiapan teknis mereka belum matang.

Hingga kemarin persiapan teknis penyelenggaraan seleksi CPNS baru yang diimpikan berjalan serentak itu belum optimal. Pada tahap terbaru kemarin, Kemen PAN-RB ternyata masih menjalankan pembagian distribusi atau alokasi CPNS saja.

"Pembagian kuotanya sampai sekarang masih berjalan dan tahap penuntasan pembagian. Saya tidak hafal persis pembagian di masing-masing instansi," jelas Sekretaris Kemen PAN-RB Tasdik Kinanto di kantornya kemarin (3/8). Dia menuturkan persiapan teknis lainnya sedang dalam pembasahan bersama konsorsium 10 PTN yang digaet Kemen PAN-RB.

Pengumuman Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNS) Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2012

Berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor : R/80/M.PAN-RB/06/2012 tanggal 11 Juni 2012 Perihal : Persetujuan Rincian . Alokasi Tambahan Formasi CPNS Daerah Untuk Jabatan yang dikecualikan Tahun 2012 dan Keputusan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Nomor : 188.44/386/BKD/2012 Tanggal 7 Agustus 2012 tentang Formasi Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNS) Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2012, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membuka pendaftaran dengan ketentuan sebagai berikut:
I. PERSYARATAN PELAMAR
A. Persyaratan Umum :
  1. Warga Negara Republik Indonesia;
  2. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  3. Memiliki integritas yang tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  4. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri/Pegawai Negeri;
  5. Tidak berkedudukan sebagai anggota atau pengurus partai politik;
  6. Tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri atau Pegawai Swasta;
  7. Tidak pernah dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap;
  8. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau Negara lain yang ditentukan pemerintah;

Acer Guraru Award 2012: Ajang Blogger Guru Kreatif dan Inovatif

Tunjangan Profesi Pendidik : Guru Swasta Dirugikan

 JAKARTA, KOMPAS.com--- Guru swasta melaporkan tidak menerima tunjangan profesi pendidik sebesar satu kali gaji pokok seperti yang diterima guru pegawai negeri sipil (PNS). Guru swasta umumnya mendapatkan tunjangan profesi yang dipatok Rp 1,5 juta/bulan.
Budi Santoso, Anggota Ombudsman Bidang Penyelesaian Laporan/Pengaduan, di Jakarta, Selasa (7/8/2012), mengatakan para guru swasta menghadapi kendala pengurusan surat keputusan inpassing atau penyetaraan golongan seperti guru PNS. Pengurusan inpassing oleh guru swasta kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dilaporkan tidak terlayani dengan baik dan memakan waktu lama.
Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistiyo mengatakan, guru-guru swasta dirugikan dalam pembayaran tunjangan profesi pendidik (TPP).

Permintaan Berkas Pencairan BSM dan Siswa Berprestasi Juli – Desember 2012

Kami postingkan kembali, permintaan data atau berkas BSM dan Siswa Berprestasi dari Lembaga dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo untuk memenuhi permintaan dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur. Untuk itu kami harapkan kerjasama dan perhatian dari saudara untuk dengan segera mengumpulkan data atau berkas tersebut paling akhir hari senin tanggal 30 Juli 2012 dengan ketentuan berkas yang dikumpulkan sebagaimana link dibawah ini :
01. Form -06 SK Kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI)
02. Form -06 SK Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs)
03. Form -06 SK Kepala Madrasah Aliyah (MA)
04. Form -07 Berita Acara SK Madrasah
05. Form BSM -08 (Lampiran SK)
Demikian postingan kali dan atas perhatian serta kerjasamanya kamai sampaikan terimakasih.
Sie Mapenda_admin
Sumber mapenda kab probolinggo

Syarat dan ketentuan nominasi Acer Guraru Award 2012


  1. Aktif berkontribusi di dunia pendidikan Indonesia melalui media blog dan media sosial lainnya (Twitter, Facebook, forum, dll.)
  2. Blog yang dinominasikan berusia minimal 1 tahun (sejak Juli 2011)
  3. Blog yang didaftarkan dikelola oleh guru (pribadi) dan bukan milik kelompok atau sekolah
  4. Seluruh profesi guru (tidak harus anggota PGRI/IGI) boleh turut serta, termasuk guru honorer, guru privat, serta guru – guru dari Indonesia Mengajar
  5. Blog telah dioptimalkan untuk berbagi pengetahuan dan dilibatkan dalam proses belajar mengajar atau menjadi sarana interaksi antara guru dan murid
  6. Guru mendorong murid untuk pemanfaatan teknologi, khususnya media sosial, secara positif
  7. Aktif berkontribusi di situs www.guraru.org dan media sosial lain (Twitter, Facebook, forum, dan lain-lain.) untuk berbagi informasi dan pengetahuan tentang pendidikan menjadi nilai tambah.
Mekanisme

Guru Indonesia, Mari Ikut Acer Guraru Award 2012!

Guraru,
Setahun sudah berlalu sejak pelaksanaan Acer Guraru Award 2011. Tahun ini kami kembali menyelenggarakan Acer Guraru Award.

Apakah Anda guru yang gemar nge-blog atau mengenal blog yang dikelola oleh seorang guru?
Jika ya, ini saatnya menominasikan blog-blog tersebut untuk Acer Guraru Award 2012!

Acer
Guraru Award adalah penghargaan tahunan dari Acer Indonesia untuk para Guru Era Baru yang secara konsisten mengoptimalkan penggunaan blog dan media sosial untuk berbagi seputar pendidikan serta memanfaatkannya untuk berinteraksi dengan murid dan audiens yang lebih luas. Tak hanya itu, guru tersebut juga mendorong penggunaan blog dan media sosial secara positif.

Akan dipilih 1 guru penerima Acer Guraru Award 2012 yang berhak mendapat 1 unit ultrabook Acer Aspire M5, sertifikat, serta uang tunai sebesar Rp. 6.000.000,- Selain itu, Dewan Juri juga akan memilih 2 orang guru penerima penghargaan khusus yang masing-masing berhak mendapat 1 unit ultrabook Acer Aspire M5 dan uang tunai sebesar Rp.3.000.000,-.

Guru Era Baru terpilih akan mendapat kesempatan berbagi pengetahuannya seputar pendidikan melalui berbagi kegiatan Acer Guraru, baik secara online maupun offline (seminar dan workshop).
Untuk keterangan lebih lengkap, silakan klik Guraru Award 2012 dan daftarkan blog andalan Anda.


Guru Indonesia, Mari Ikut Acer Guraru Award 2012!

Download Browser NUPTK Terbaru V176.15

Data NUPTK baru 2012, 2013, . . . dapat dengan mudah dilihat. Dengan program nuptkwebbrowser.exe, status usulan baru NUPTK pun dapat dipantau: sudah masuk atau belum dan sudah diproses atau belum.
Data NUPTK yang selama ini dipublikasikan melalui www.nuptk.info sudah ditutup dan dialihkan ke situs PMPTK Kementerian Diknas dengan program nuptkwebbrowser.exe. Dengan program ini usulan baru NUPTK dapat dipantau.
Beberapa kelebihan program ini, antara lain:
  • tidak perlu menginstal
  • dapat menampilkan data PTK per sekolah (sebelumnya, data yang dipublikasikan melalui www.nuptk.info adalah per kab/kota dan harus diunduh)
  • data dilihat langsung (tanpa melalui proses mengunduh)

Kamis, 09 Agustus 2012

Evaluasi Guru Bersertifikasi

Oleh Prof. Suyanto, Ph.D
Plt. Dirjen Pendidikan Dasar Kemdikbud
Guru yang saat ini sudah memegang sertifikat pendidik akan segera dievaluasi. Demikian rencana pemerintah dalam kerangka meningkatkan kualitas layanan pendidikan secara terus menerus. Pendidikan dalam prosesnya akan menghasilkan outcome yang final. Artinya, sekali satuan pendidikan memberikan tanda tamat belajar kepada siswa ya itulah hasil akhir dari proses yang ditawarkan sekolah dan dibeli oleh siswa. Jadi, kalau terjadi kesalahan dalam proses pendidikan yang diakibatkan oleh tidak dimilikinya kompetensi oleh guru, maka tidak ada lagi kesempatan untuk memperbaiki outcome dari sebuah proses pendidikan oleh satuan pendidikan itu sendiri.

Pemkab Diminta Cairkan TPP Guru

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mendesak pemkab/pemkot untuk segera
mencairkan tunjangan profesi pendidik (TPP). Sebab, faktanya masih banyak daerah yang belum mencairkan TPP kepada guru yang berhak menerima.

�Sampaikan hak orang lain sesuai dengan aturan yang berlaku. Saya tegaskan kepada dinas kabupaten/kota atau provinsi untuk segera menyalurkan TPP, itu hak para guru,� ujar Nuh di sela-sela rapat kerja (raker) antara Kemdikbud dan Komisi X DPR RI, di Gedung DPR Jakarta, kemarin.

Nuh menegaskan, tidak ada alasan bagi daerah untuk menunda pencairan TPP. Sebab, anggaran tersebut sudah dipastikan sampai dan berada di kas daerah kabupaten/kota.

�Sudah tidak ada alasan lagi. Dulu alasannya soal SK, sudah saya turunkan semua. Kemudian masalah syarat mengajar 24 jam. Masa, memverifikasi hal itu sampai satu semester?� tanya dia.
Karena itu, Nuh mengharapkan komitmen daerah untuk segera mencairkan. Diharapkan, pencairan tunjangan sertifikasi itu dilakukan sebelum Lebaran.

Dana hibah Pemerintah Australia melalui AusAID untuk mendukung Kemenag menuntaskan akreditasi madrasah sesuai renstra pembangunan pendidikan Islam 2010-2014

Pendis - "Dukungan Pemerintah Australia melalui Program Kemitraan Pendidikan Australia Indonesia dapat mempercepat peningkatan mutu madrasah terutama di Kabupaten Kutai Kartanegara", demikian harapan Bupati Kutai Kartanegara yang dibacakan oleh Wakil Bupati Kukar HM Ghufron Yusuf, dalam acara penandatanganan MoA Direktorat Pendidikan Madrasah dan Pemeritah Kabupaten Kutai Kartanegara tentang Program Peningkatan Mutu dan Layanan Pendidikan Madrasah yang berlangsung di Pendopo Bupati Kabupaten Kutai Kartanegara Senin (23/07).

Sementara itu, Contractor Representative for SSQ, Gill Westaway, mengatakan bahwa Program Kemitraan Pendidikan Australia Indonesia di bawah program besar ESSP (Education Sector Support Program) merupakan salah satu jenis kemitraan pendidikan terbesar di dunia. Sebagaimana diketahui bahwa Program Kemitraan Australia Indonesia terdiri atas empat komponen: (i) komponen 1 memfokuskan pada program rekonstruksi sekolah, (ii) komponen 2 adalah peningkatan kapasitas distrik, (iii) Komponen 3 tentang akreditasi madrasah, dan (iv) komponen 4 tentang studi kebijakan atau Analytical Capacity Development Program (ACDP). Hal ini sebagaimana tercantum dalam Subsidiary Arrangment antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Australia yang ditandatangani kedua belah pihak pada tanggal 14 Juni 2011.

Kementerian Agama : Surat Edaran Cuti Bersama

Surat Edaran Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1433H/2012M di Lingkungan Kementerian Agama


 

Pengukuran Kinerja Guru Dilakukan Tahun Depan

Yogyakarta --- Setelah uji kompetensi guru (UKG) selesai dilaksanakan, pemerintah akan melanjutkan proses perbaikan kompetensi guru dengan pelatihan dan dibarengi dengan pengukuran kinerja guru. Hal tersebut disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, di Yogyakarta, Minggu (5/08). "UKG rampung bulan Oktober, tahun depan pelatihan-pelatihannya dimulai," kata Menteri Nuh.
UKG merupakan ujian multi-objective. Selain ingin mengetahui kompetensi profesionalitas, juga untuk mengetahui apakah pedagogik dalam pengajaran yang dilakukan berjalan dengan baik atau tidak. "Melalui UKG, kita ingin mengetahui sumurnya para guru ini ada isinya apa tidak. Itu yang kita uji melalui uji kompetensi profesionalnya. Kalau ada airnya, pompanya jalan apa tidak? Pedagogiknya jalan apa tidak?" kata Mendikbud.

Pengumuman Penerimaan CPNSD Kalimantan Tengah 2012

Kalimantan Tengah 2012 – Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor : 98 Tahun 2000 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2002, Peraturan Kepala BKN Nomor 30 Tahun 2007 tanggal 27 Agustus 2007 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil dan Surat Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor : R/82/M.PAN-RB/06/2012 tanggal 11 Juni 2012 perihal Persetujuan Rincian Tambahan Alokasi Formasi CPNS Daerah untuk Jabatan yang dikecualikan Tahun 2012, maka dalam rangka pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2012, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah akan menyelenggarakan seleksi penerimaan pegawai baru dari pelamar umum untuk mengisi formasi yang lowong pada unit/satuan kerja di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dengan ketentuan sebagai berikut :
Syarat Umum
  • Warga Negara Indonesia;
  • Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Calon Pegawai Negeri/Pegawai Negeri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
  • Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri/Pegawai Negeri;
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Republik Indonesia;
  • Berkelakuan Baik;
  • Sehat Jasmani dan Rohani;
  • Tidak menjadi anggota dan atau pengurus partai politik;
  • Penyandang cacat sesuai dengan jenis spesifikasi pekerjaan yang dilamar;

Rabu, 08 Agustus 2012

Tunjangan Sertifikasi di Solo Diharap Cair Sebelum Lebaran

SOLO, suaramerdeka.com - Tunjangan sertifikasi guru untuk triwulan kedua (April-Juni) tahun 2012 di Kota Solo diharap bisa cair sebelum Lebaran. Kepala Bidang Pendidikan dan Tenaga Pendidik (PTK) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Surakarta Sulardi mengemukakan, pihaknya baru saja mengajukan berkas pencairan tunjangan sertifikasi ke Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA).

"Baru kami ajukan ke DPPKA dan dalam pekan ini akan segera ada kepastian kapan bisa dicairkan. Kami harap sebelum Lebaran sudah bisa dicairkan," katanya, Rabu (8/8).

Aplikasi Web EMIS Online KEMENAG Kurang Bagus Dijadikan Aplikasi Pendataan

Pelaksanaan Pendataan Data Sekolah/Madrasah Secara Online sekarang ini memang sangat diperlukan sekali, selain lebih mempermudah Lembaga Sekolah dalam menyampaikan data-data lembaga secara langsung, juga dapat mempercepat Pemerintah di dalam menghipun berbagai data sekolah yang tersebar di Negeri ini.

Namun Dibalik itu, Pemerintah dalam hal ini Bidang Pendidikan (Kemenag/Kemendiknas) juga harus perlu membuat suatu Aplikasi Pendataan Online yang cukup bagus dan sudah teruji baik kemudahan pengoperasian oleh Operator Pusat maupun Operator Sekolah.

Dalam Postingan ini kali ini, saya akan menginformasikan beberapa kelemahan/kekurangan sebuah Aplikasi Web Pendataan Online yang dikeluarkan oleh Kemenag, yang saya rasa dari kekurangannya Aplikasi Pendataan Data Sekolah Secara Online ini tidak Cocok Dijadikan Aplikasi Pendataan Sekolah yang tujuannya untuk mendapatkan data yang tepat dan akurat.

Saya sebagai Oprator Sekolah setelah mendapatkan pelatihan tata cara pengoperasian dan Entry Data Melalui Web Emis Online Kemenag yang diselenggarakan oleh Kementeraian Agama Kabupaten Lombok Timur. Dan Setelah menggunakan Aplikasi ini muncul beberapa kesulitan yang saya hadapi. diantaranya :

1. Aplikasi EMIS Online 2012 Kemenag Tidak Bisa Menerima Karakter Tanda Petik ( ' )
Dengan tidak diterimanya Karakter Tanda Petik ( ' ) sudah membuktikan bahwa Aplikasi Emis Online ini tidak mampu mendapatkan Data yang tepat dan Akurat.

Karena pada prinsipnya perbedaan dan perubahan satu karakter saja baik pada Identitas Lembaga terlebih-lebih Identitas Seseorang akan menciptakan Identitas yang berbeda. salah satu contoh Abdul Ma'ad berbeda dengan Abdul Maad atau Muhammad Syai'in akan berbeda dengan Muhammad Syaiin. sehingga menurut saya menuliskan nama seseorang yang aslinya Muhammad Syai'in kemudian kita Entry dengan nama Muhammad Syaiin agar bisa diterima oleh Aplikasi,ini berarti kita mengirimkan data yang tidak akurat, yang dikarenakan aplikasinya tidak bisa menerima tanda petik. Konsekswensinya Hasil Pendataan melalui Emis Online Kemenag ini tidak bisa dipakai pada Penulisan Ijazah, dan untuk Keperluan-penting lainnya.

Seharusnya untuk sebuah Aplikasi Pendataan yang tujuannya untuk mendapatkan data yang akurat, harus bebas dari pengecualian karakter-karakter huruf dan simbol.

2. Entry Data Pada Kolom Penghasilan Orang Tua tidak bisa diubah.

Sebenarnya maksud diadakannya Aplikasi Emis Online Kemenag ini, untuk mempermudah setiap lembaga sekolah dalam melakukan Update data yang dapat dilakukan kapan saja. tetapi kalau ada satu poin saja menu pada aplikasi ini tidak bisa berfungsi, ini akan membuat para operator kesulitas dalam meng-Update datanya.

3. Aplikasi Web Emis Online 2012 Tidak menyediakan menu Hapus Delette
Saya sendiri tidak tau maksud apa sehingga pada Aplikasi Emis Online kemenag ini tidak disediakan MENU HAPUS/DELETTE. yang jelas dengan tidak adanya menu ini akan menyulitkan Operator dalam memperbaiki data yang diakibatkan oleh kesalahan pengentryan data.

4. Tidak Tersedianya Menu Infort Data (Full Online)
Tidak seperti Aplikasi Pengisian Data Dapodik,dimana operator sekolah dapat melakukan pengentryan data secara Ofline dulu sehingga tidak membutuhkan jaringan, setelah data selesai di entry dan diperiksa baru kita masukkan ke entry online, sehingga tidak membutuhkan terlalu banyak biaya dalam pengentryan data.
Beda jauh dengan Aplikasi Web Emis Online Kemenag 2012, semua pengentryan dilakukan secara online,sehingga mau tidak mau semua operator diperkotaan, dipedesaan, dipedalaman harus tersambung dengan jaringan internet. operator di perkotaan mungkin tidak menjadi masalah, tapi bagaimana dengan Operator di pedesaan di pedalaman yang jauh dari jaringan internet dan sinyal modem, tentu ini menjadi kendala dalam pengentryan data.

Berdasarkan beberapa temuan-temuan di atas yang menurut saya Aplikasi EMIS Online Kemenag harus segera diperbaiki dan menu-menu penting yang dapat mempermudah oprator harus dimasukkan.
By M. Abid, SH.

Selasa, 07 Agustus 2012

Tunjangan Guru Sertifikasi Dipotong

JAKARTA, KOMPAS.com — Guru-guru di sejumlah daerah mengeluh karena pemerintah kabupaten/kota menahan uang tunjangan profesi guru. Kalaupun dananya cair, pencairannya terlambat sekitar lima bulan dan uangnya tidak utuh diterima para guru karena dipotong aparat daerah.

Di Makassar, Sulawesi Selatan, sekitar 200 guru, Senin (6/8/2012), berunjuk rasa ke DPRD Makassar karena tunjangan profesi pendidik lambat dicairkan. Sampai Agustus ini, baru tunjangan Januari-Februari yang cair. Padahal, semestinya tunjangan guru diterima setiap tiga bulan dan utuh tanpa potongan apa pun.

Kenyataannya, uang tunjangan guru itu dipotong dengan berbagai alasan. ”Kami menolak pemotongan tersebut,” kata Nurdin, Ketua Forum Komunikasi Pengkajian Aspirasi Guru Indonesia Sulawesi Selatan.

Sabtu, 04 Agustus 2012

Uji Kompetensi Guru Tetap Dilanjutkan, Nilai Sementara DIY Tertinggi

 Jakarta - Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru gelombang pertama yang dimulai 31 Juli lalu tetap dilanjutkan. Dari total 4.158 tempat uji kompetensi (TUK), sebanyak 2.344 TUK aktif dan 937 TUK yang akan mulai diaktifkan mulai tanggal 8 Agustus mendatang, sedangkan 877 nonaktif.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyampaikan, sampai dengan hari ketiga ((1/08) pelaksanaan UKG telah diikuti oleh sebanyak 373.415 peserta. Dari jumalah tersebut sebanyak 243.619 peserta yang datanya sudah diolah. "Memang ada yang ngadat, tetapi prinsipnya jalan. TUK yang tidak jalan distop, sedangkan yang normal tetap berjalan," katanya saat memberikan keterangan pers di Kemdikbud, Jakarta, Jumat (3/08).

Sekilas Layanan SIAP SEKOLAH ONLINE

SIAP SIAP SEKOLAH adalah sebuah layanan online yang dirancang khusus untuk memudahkan pengguna dalam mengelola dan mengakses administrasi akademik sekolah secara online seperti absensi siswa, penjadwalan mata pelajaran, laporan hasil belajar (raport), pengelolaan data guru, dan laporan sekolah yang sesuai dengan standar nasional. Layanan ini juga berfungsi sebagai sistem pendukung keputusan pendidikan dan analisis data.
Pengelolaan Data
SIAP Sekolah mengelola catatan personal tentang staf, guru, siswa dan orang tua sebagai komunitas sekolah Anda beserta atribut-atributnya. Tidak seperti halnya sistem lain yang terdapat di pasaran, SIAP Online menggunakan sistem basis data terpusat, sehingga seluruh data akan konsisten dan mencegah terjadinya duplikasi data.
Media Komunikasi
Dengan email terpadu, penjadwalan dan berita/pengumuman SIAP Online akan menjadi pusat komunikasi bagi seluruh komunitas sekolah.

Jumat, 03 Agustus 2012

Pelaksanaan UKG Online : Ada Guru Yang Dapat Nilai NOL

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh mengatakan, dari hasil olah data sementara, tepatnya hingga hari ketiga pelaksanaan uji kompetensi guru, ada peserta guru yang mendapatkan nilai tertinggi 91. Sementara, untuk nilai terendah, ada yang mendapatkan nilai 0 (nol) karena tak berhasil menjawab satu soal pun dengan benar.

"Memang ada yang tinggi sekali nilainya, 91 dan ada juga yang nol. Tapi ya memang itulah hasilnya," kata Nuh, dalam jumpa pers di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Jumat (3/8/2012).

Hasil ini didapatkan setelah dilakukan pengolahan data terhadap nilai dari 243.619 orang peserta. Ada pun, hingga hari ketiga, sebanyak 373.415 guru telah mengikuti uji kompetensi dari jumlah total 1.006.211 guru yang akan diuji.

Kemdikbud: Banyak yang Berhasil, UKG Dilanjutkan

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski diwarnai banyak kritik, penyelenggaraan gelombang pertama Uji Kompetensi Guru (UKG) secara online tetap dilanjutkan sesuai jadwal, sampai 12 Agustus mendatang. Semua guru peserta yang gagal mengikuti UKG di gelombang pertama dijadwalkan untuk mengikuti gelombang kedua yang akan digelar mulai 2 Oktober 2012 mendatang.

"Semua tempat uji kompetensi yang lancar harus dilanjutkan, kecuali yang bermasalah ditunda sampai Oktober," seperti disampaikan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidik (BPSDMP-PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Syawal Gultom melalui pesan singkatnya, Kamis (2/8/2012) sore, di Jakarta.

Pelaksanan UKG Online Guru Lombok Timur


Uji Kompetensi Diikuti 3.251 Guru di Lombok

 REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM - Sebanyak 3.521 orang guru di lingkungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, yang telah lulus sertifikasi akan mengikuti Uji Kompetensi Guru sesuai kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Lombok Timur H Syamsuhaidi di Selong, Senin, mengatakan, pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) itu dipusatkan di enam Sekolah, yakni di SMAN 1 Selong, SMAN 1 Labuhan Haji, SMAN 1 Masbagik, SMAN 1 Aikmel dan SMKN 1 Selong.

Ia mengatakan, untuk UKG guru SD, SMP dan SMA dilaksanakan mulai 30 Juli hingga 9 Agustus 2012, sedangkan untuk guru SMK digelar 1 hingga 6 Oktober 2012.

Masuki hari ke-5, penyelenggaraan uji kompetensi guru masih kacau

JAKARTA: Sejumlah guru mengeluhkan kesiapan panitia, dalam hal ini Kemendiukbud, dalam menyelenggarakan uji kompetensi guru. Pasalnya, sampai hari ke-5 hari ini, para guru belum juga bisa mengakses soal-soal ujian UKG online tersbeut.

Persoalan utama adalah pada koneksi Internet, dan belum siapnya server Kemendikbud dalam menerima akses yang meningkat signifikan dalam waktu bersamaan, yaitu jutaan guru dari seluruh Indonesia. Faktor sosialisasi yang kurang dan pelaksanaan yang mepet di bulan Ramadan juga menjadi kendala serius para guru.

Mendikbud Muhammad NUh mengungkapkan uji kompetensi terkesan digelar dengan terburu-buru. Ia mengatakan, persiapan telah dilakukan dengan matang. Persoalan yang muncul hanya merupakan kendala teknis.

Kamis, 02 Agustus 2012

Kelemahan Web EMIS Online Kemenag

Education Management Information System. EMIS diawali dari proyek ADB yaitu JSEP-ADB loan thn 1994-1998. Kemudian berlanjut tahun 1998 menjadi BEP-DMAP. Sumber awal pendanaan kegiatan EMIS berasal dari ADB melalui proyek2 JSEP, BEP dan DMAP. Sejak TA 2001, seluruh kegiatan EMIS dibiayai oleh APBN hingga sekarang. Sumber awal pendanaan kegiatan EMIS berasal dari ADB melalui proyek2 JSEP, BEP dan DMAP. Sejak TA 2001, seluruh kegiatan EMIS dibiayai oleh APBN hingga sekarang. Sejak TA 2001, seluruh kegiatan EMIS dibiayai oleh APBN hingga sekarang.

Dan setelah saya mencoba menggunakan Web EMIS Online terutama dalam pengisian data (Update Data) ternyata Web EMIS Online memiliki kelemahan dalam menerima Input Karakter.
Kelemahannya adalah Web Emis Online TIDAK DAPAT menerima Pengetikan Karakter TANDA PETIK ( ' ).
Jadi kalau ada kata yang mengandung Karakter TANDA PENTIK ( ' ) yang anda masukkan maka secara Otomatis Update Data tidak bisa diterima atau keluar pesan ERROR UPDATE.
Maka Jalan Keluarnya adalah dengan menghilangkan karakter TANDA PETIK.
Contoh Penulisan :
" Mu'allimin "  harus diganti dengan " Mualimin" atau " Mu"allimin "
Demikian Sedikit Info Mengenai  Kelemahan Web EMIS Online Kemenag 2012
BY. M. Abid,SH.

Rabu, 01 Agustus 2012

KSB Nusa Tenggara Barat Batal Gelar UKG Secara Online

Mataram- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memastikan Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat tidak bisa melaksanakan Ujian Kompetensi Guru (UKG) dengan cara Online karena perangkat dan jaringan internet didaerah itu belum memadai. Dengan adanya kepastian tersebut, menambah jumlah kabupaten di NTB yang melaksanakan UKG dengan cara Offline mnjadi tiga kabupaten bersama kabupaten Lombok utara dan kabupaten bima.
Kabupaten Sumbawa Barat salah satu dari 8 kabupaten kota di NTB yang tidak bisa melaksanakan Ujian kompetensi Guru secara Online pada hari pertama senin 30 Juli 2012, karena tidak tersambung jaringan internet. Seperti diberitakan sebelumnya, 8 kabupaten/kota di NTB tidak bisa mengikuti UKG sesuai jadwal Kemdikbud karena terkendala persoalan jaringan. Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan-LPMP selaku UPT Kemdikbud didaerah, terpaksa mengambil kebijakan untuk menunda pelaksanaan UKG hingga pukul 13.00 wita.

UKG ONLINE 2012: 249.001 guru dinyatakan lolos, kuota 250.000 tak terpenuhi

JAKARTA: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah mengeluarkan hasil uji kompetensi akhir (UKA) sertifikasi guru. Sedikitnya, ada 249.001 guru yang dinyatakan lolos UKA. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan kuota 250.000 yang tersedia tidak terpenuhi menyusul banyaknya guru yang tidak lolos UKA.

Untuk melihat pengumuman uji kompetensi awal guru 2012 di Kemdikbud kami lihat terkadang terkendala koneksi, karena masih dalam proses validasi data dan mungkin juga banyak yang mengaksesnya. Anda boleh mengeceknya di http://sergur.kemdiknas.go.id/prodik/

Entri Populer