MA MUALLIMIN NW BORO'TUMBUH: Operator Sekolah Dilatih Mengakses Data PPDB 2012 Secara Online
SITUS PRESIDEN RI

Sabtu, 14 Juli 2012

Operator Sekolah Dilatih Mengakses Data PPDB 2012 Secara Online


(Analisa/qodrat al-qadri) Puluhan tenaga operator sekolah tingkat SMP, dan SMA se Kota Medan mendapat pelatihan mengakses data sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2012 secara online di gedung Dinas Pendidikan Medan, Rabu (13/6). Dinas Pendidikan Medan mengatakan pelatihan tersebut dilakukan untuk memudahkan petugas sekolah untuk melakukan data entry terhadap calon peserta didik baru.


Medan, (Analisa). Puluhan operator sekolah mulai tingkat SMP, SMA dan SMK Negeri se kota Medan mendapat pelatihan mengakses data sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2012 secara online di Aula Dinas Pendidikan Medan, Jalan Pelita IV, Rabu.
Ketua Panitia Zulhanif mengatakan setiap sekolah mengirim dua operatornya untuk dilatih mengakses data untuk PPDB. "Mereka diberi buku panduan penggunaan sistem aplikasi PPDP 2012 dan dilatih bagaimana mengakss data PPDB,"katanya.

Dia menjelaskan, sistem aplikasi yang dibangun sifatnya stand alone. Karena ditujukan untuk membantu petugas sekolah melakukan data entry terhadap data para calon peserta didik yang mendaftar di setiap sekolah. Sedangkan output dari sistem aplikasi ini berbentuk data excel selanjutnya nanti akan diupload ke situs PPDB kota Medan tahun 2012 menggunakan fasilitas yang tersedia pada situs PPDB kota Medan tersebut. "Jadi, ketika mendaftar peserta tetap menggunakan sistem manual. Sedangkan entry datanya baru secara online. Siswa juga bisa mengetahui data ranking menurut peringkat nilai nasional (UN) murni,"katanya.

Prestasi Non Akademik

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan, Dr M Rajab Lubis, MPd mengatakan sistem Penerimaan Siswa Baru (PSB) yang diputuskan Pemko Medan dengan menggunakan 80 persen nilai Ujian Nasional (UN) murni dan 20 persen tes tertulis/bina lingkungan, sangat berpeluang untuk memberikan kesempatan kepada siswa yang berprestasi non akademik, seperti di bidang olahraga dan seni budaya juga membuka peluang untuk siswa yang tidak mampu masuk ke sekolah negeri.

"Kita memang sudah sepakati sistemnya 80 persen nilai UN dan 20 persen bina lingkungan. Artinya, bina lingkungan ini kita berikan kesempatan untuk siswa yang berprestasi tidak di bidang akademik melainkan berprestasi di bidang olahraga dan seni budaya maka mereka berpeluang untuk masuk sekolah negeri. Dan di bina lingkungan ini juga kita berikan peluang kepada siswa yang secara ekonomi kurang mampu untuk masuk ke sekolah negeri," katanya.

Ditegaskan Rajab, untuk memutuskan siapa saja siswa yang dapat diberikan peluang itu, bukanlah ditentukan oleh Disdik Medan. "Keputusannya itu bukan di Disdik, tapi ada di kepala-kepala sekolahnya masing-masing. Sebab, merekalah yang mengetahui bagaimana siswa tersebut, juga berapa daya tampung dan kapasitas sekolahnya," terang Rajab.

Rajab mengatakan, sistem PPDB akan disosialisasikan ke sekolah-sekolah pada Jumat (15/6). "Sosialisasinya akan kita lakukan Jumat mendatang, sosialiasi ke sekolah-sekolah ini kita lakukan agar masyarakat tahu, bagaimana system PSB tahun ini," terang Rajab.

Untuk sistem pendaftaran sendiri, disebutkan Rajab akan menggunakan sistem online hanya saja siswa memang mendaftar awalnya secara manual yakni mengisi formulir, namun data siswa yang sudah diisi akan kita upload ke website sehingga untuk selanjutnya, siswa cukup meng-update informasi melalui internet nantinya. "Itulah kita lakukan system online," terang Rajab. (maf)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Entri Populer