MA MUALLIMIN NW BORO'TUMBUH: Jadwal Pelaksanaan UKG dan Tata Cara UKG Online 2012
SITUS PRESIDEN RI

Minggu, 15 Juli 2012

Jadwal Pelaksanaan UKG dan Tata Cara UKG Online 2012

Uji Kompetensi Guru (UKG) secara online bagi guru yang telah memiliki sertifikat akan dilaksanakan akhir Juli 2012.
Berikut informasi seputar pelaksanaan UKG online.
Tujuan UKG
  • Pemetaan penguasaan kompetensi guru (kompetensi pedagogik dan profesional) sebagai dasar pertimbangan pelaksanaan program pembinaan dan pengembangan profesi guru dalam bentuk kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan;
  • Sebagai entry point penilaian kinerja guru dan sebagai alat kontrol pelaksanaan penilaian kinerja guru.
Peserta UKG
Peserta UKG adalah seluruh guru baik yang memiliki sertifikat pendidik maupun yang Belum Memiliki sertifikat pendidik; Jumlah peserta  UKG 2012 secara nasional sebanyak 1.015.087, terdiri:
  • PNS : 798.556
  • GTY : 216.531
Persyaratan Peserta
Peserta UKG pada prinsipnya adalah semua guru PNS dan bukan PNS yang mengajar di sekolah negeri dan swasta yang memenuhi persyaratan sebagai berikut:
  • Memiliki sertifikat pendidik (tahun 2007-2011);
  • pada tahun 2012 belum memasuki masa pensiun;
  • Aktif menjadi guru.
Jadwal UKG
Jadwal Umum UKG
  • Ujian Online : 30 Juli – 12 Agustus 2012
  • Ujian Manual (Paper Pencil Test): 4 September 2012
Jadwal Khusus UKG
Dalam satu hari, UKG dilaksana dalam tiga gelombang: pk. 07.00, 10.30, dan 14.00 WIB. (Baca Detik-detik UKG Online)
  •  Tahap I, SMP: tanggal 30 Juli s.d. 2 Agustus 2012
  • Tahap II, SMA/SMK: tanggal 3 s.d. 6 Agustus 2012
  • Tahap III, TK/SD/SDLB: tanggal 7 s.d. 11 Agustus 2012
Tempat UKG
Uji kompetensi guru akan dilaksanakan di tempat uji kompetensi guru yang telah ditetapkan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sesuai dengan persyaratan dan telah diverifikasi oleh LPMP; Pelaksanaannya dipusatkan per kecamatan di suatu sekolah yang memenuhi persyaratan.
Tata Cara Mengikuti Ujian
  • Peserta memasuki ruangan minimal 30 menit sebelum jadwal ujian dengan menunjukkan Kartu Peserta UKG online dan identitas lainnya;
  • Peserta mengisi daftar hadir dan mendengarkan pengarahan dari tim teknis;
  • Login pada sistem ujian online sesuai dengan nomor peserta sertifikasi guru dan NUPTK;
  • Peserta melakukan pengisian dan perbaikan data individu sebagaima data yang tertera pada layar monitor;
  • Latihan menggunakan sistem ujian online selama 15 menit;
  • Mengikuti ujian yang sesungguhnya dengan mengakses soal uji kompetensi yang disediakan;

Informasi selengkapnya tentang UKG, kunjungi  blog siap ukg

21 komentar:

  1. Kenapa pelaksanaan UKG dilaksanakan pada bulan puasa ketika umat Muslim sedang melaksanakan ibadah puasa, dimana letak toleransi bagi guru-guru yang sedang berpuasa dan mendapatkan jadwal pada gelombang ke 3 (pk. 14.00), dipastikan kondisi sudah lemaaaaaaaaaaaaaaasssssss....... Bagaimana dengan pendidikan karakter yang digembar-gemborkan selama ini? :) (TOLERANSI, SALING MENGHORMATI .......???)

    BalasHapus
  2. UKG tak lebih dari buang2 anggaran--hidup indonesia!!!---mikirrrr dongggggg

    BalasHapus
  3. pemerintahnya ngk pecus kerja bisanya ngusilin yg dah jalan, kalau ngk percaya sama kinerja guru cabut saja,dana sertifikasi guru..dan koruplah sebanyak banyaknya bila perlu buat indonesia bodoh....

    BalasHapus
  4. Kalian ni guru bukan sih, omongannya gak ada yang menunjukkan sebagai pendidik.............
    pantas saja Indonesia selalu di permalukan oleh negara lain.
    kita boleh benci atau kesal tapi ucapan dijaga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asslamu'alikum Wr. Wb.
      Kepada Saudara Sekalian Sesama Pengajar dan Pendidik.dengan hormat mohon kiranya bila berkomentar supaya mempergunakan bahasa yang bagus dan sopan serta paling tidak mencantumkan identitas diri agar kita bisa tau dari guru daerah mana yang mempunyai keluhan. dan bila ada pejabat pemerintahan yang berkomentar,dipersilahkan mencantumkan juga identitas dan instansinya. ini semua demikebaikan kita semua.

      Hapus
    2. sepertinya banyak orang dari kalangan atas dan non pendidik yang tidak rela guru menerima TPP (tunjangan profesi pendidik)

      Hapus
  5. Apapun komentar anda,toh semuanya tetap berjalan,yach para guru "kangelan" sebentar,toh pendapatan guru lebih dari pegawai yang lain,jangan mau enaknya tapi gak mau tidak enaknya,disamping itu ukg juga demi kebaikan para guru

    BalasHapus
  6. ukg hanya ingin melihat kompetensi guru. apakah setelah sertifikasi guru telah profesional atau sama saja kualitasnya sebelum sertifikasi.

    BalasHapus
  7. saya setuju sekali dengan adanya UKG,untuk meningkatkan kemampuan bagi seorang pendidik yang sudah profesional,perlu saya tanyakan apabila hasil yang di peroleh dalam UKG hasilnya tidak maksimalapakah ada pengaruhnya terhadap kelanjutan dari tunjangan profesi tersebut?

    BalasHapus
  8. saya setuju sekali dengan adanya UKG,untuk meningkatkan kemampuan bagi seorang pendidik yang sudah profesional,perlu saya tanyakan apabila hasil yang di peroleh dalam UKG hasilnya tidak maksimalapakah ada pengaruhnya terhadap kelanjutan dari tunjangan profesi tersebut?

    BalasHapus
  9. Bagi pembaca yg terhormat,untuk guru yg sudah bekerja puluhan thn bok iyaa biar menikmati TPP,Seandainya tidak rela,ada yg iri silahkan dihentikan/dicabut,apakah gak sebaiknya BAGI penerimaan CALON PNS saja yg betul"diperhatikan di TES beneran GAK USAH PAKAI SOGOKAN!!!!JADI YG MEMANG PANDAI BISA LOLOS,BAGI YG TDK PUNYA UANG JUGA BISA BEKERJA KALAU MEMANG PANDAI,JANGAN MAIN KKN......SETUJU??

    BalasHapus
  10. Sebaiknya jauh-jauh hari pelaksanaan UKG disosialisasikan ke sekolah-sekolah, lebih-lebih lagi kalau diadakan pelatihan dulu, maklum masih banyak guru yang belum memahami UKG online, terutama kami yang berada di wilayah pinggiran.

    BalasHapus
  11. UKG,...
    sepertinya jd bumerang bg guru2. seharusnya beliau2 trimakasuh dg diadakannya UKG jd anda para guru tau sejauh mana kemampuan dan perjuangan anda untuk menjadi guru yg profesional. karena gaji anda sudah melebihi dari yg pekerjaan yg anda lakukan.
    para guru jadilah guru yg benar2 profesional biar tunjangan profesi yg sudah anda terima jadi penghasilan yg halal dan berkah.

    BalasHapus
  12. aamiin...
    tpi sayangnya dikalangan ekskutor,ydktor, dan lgsltor bnyak yang tdak hlal dan brkah, khancuran moral kah? mau sadar kah?

    BalasHapus
  13. Kenapa harus takut dengan UKG online, makanya belajar IT dong ....

    BalasHapus
  14. UKG ONLINE UUUUUGH........ ? GEMES AKU

    BalasHapus
  15. Anu, 3 Agt 2012

    Setelah saya mengikuti UKG ternyata soal tidak diuji kevaliditasnya, masih ada soal yang opti0n jawabannya a, b, c, benar, semua jawaban benar dan banyak soal yang tidak bisa dijawab. UKG pakah salah satu proyek??
    Balas

    BalasHapus
  16. Anu, 3 Agustus 2012
    Pelaksanaan UKG apa hanya Proyek ?????, setelah saya melaksanakan banyak soal kurang Valid masih ada option jawaban a, b, c, benar, jawaban semua benar dan banyak soal yang tidak ada jawaban yang benar.Program Nasional kok asal asalan ....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagai pendidik kita harus positif thinking. Sesuatu yang baru pertama kali dilakukan pasti hasilnya tidak 100% sempurna. Sama seperti guru baru, pasti banyak kesalahan. Tetapi lambat-laun sistemnya akan menjadi semakin baik.

      Hapus
  17. Anu, 3 Agustus 2012
    UKG gak siip asal asaalan menggangu proses belajar peserta didik

    BalasHapus
  18. pak, kalo contoh soal UKG ada tidak? tolong dipostingkan,
    kemudian bapak ada data tentang daftar penerima sertifikasi untuk daerah surakarta? mohon dipostingkan juga.
    trimakasih sebelumnya ..
    :)

    BalasHapus

Entri Populer