MA MUALLIMIN NW BORO'TUMBUH: Cara Membuat KERUPUK PULI
SITUS PRESIDEN RI

Sabtu, 23 Juni 2012

Cara Membuat KERUPUK PULI

  1. PENDAHULUAN Kerupuk puli adalah sejenis kerupuk yang dibuat dari beras sebagai bahan utama, dan bahan-bahan lainnya sebagai penyedap.
  2. BAHAN
    1. Beras (1 kg)
    2. Udang saih kering (0,1 Kg)
    3. Bawang putih (50 gram)
    4. Garam (40 gram)
    5. Merica (20 gram)
    6. Minyak goreng
    7. Gula (20 gram)
  3. PERALATAN
    1. Penggiling nasi. Alat ini digunakan untuk menggiling nasi sehingga menjadi adonan yang dapat dicetak.Pada usaha rumahtangga, adonan dapat dibuat dengan menumbuk nasi di dalam lesung.
    2. Wajan
    3. Pisau dan talenan
    4. Panci. Alat ini digunakan untuk memasak beras menjadi nasi.
  4. CARA PEMBUATAN
    1. Pencucian dan Pemasakan Beras
      Beras dicuci hingga air bilasannya agak jernih. Setelah itu beras dimasak sampai menjadi nasi. Setiap 1 kg beras dimasak dengan 2 liter air.
    2. Penyiapan Bumbu
      Bumbu yang digunakan adalah udang saih kering, bawang putih, garam dan gula. Setiap 1 kg beras memerlukan 50 gram bawang putih, 50 gram, udang saih kering, 20 gram gula pasir halus, dan 20 gram garam.
      1. Udang masih mkering disangrai sampai kering tapi tidak sampai gosong. Kemudian udang digiling atau diblender sampai halus.
      2. Gula pasir digiling atau diblender sampai halus.
      3. Bawang putih, dan garam digiling sampai halus, kemudian dicampur dengan udang dan gula pasir yang sebelumnya telah dihaluskan. Campuran ini disebut bumbu kerupuk.
    3. Pemberian Bumbu dan Penggilingan
      Nasi yang baru masak dan masih panas dicampur sampai rata dengan bumbu kerupuk. Setelah itu, nasi digiling atau ditumbuk sampai menjadi adonan yang rata dan halus. Hasil yang diperoleh disebut adonan kerupuk.
    4. Pembentukan Dodolan dan Penjemuran
      1. Adonan tersebut dibentuk seperti selinder (panjang 20 cm dan diameter 6 cm) yang disebut dodolan mentah.
      2. Dodolan mentah diangin-anginkan sampai setengah kering dan dapat diiris
    5. Pengirisan Dodolan
      Dodolan yang telah diangin-anginkan tersebut diiris-iris dengan ketebalan 2- 3 mm. Hasil pengirisan ini disebut dengan kerupuk puli basah.
    6. Penjemuran Kerupuk Puli Basah
      Kerupuk puli basah dijemur atau dikeringkan dengan alat pengering sampai kadar air di bawah 9 %. Hasil pengeringan ini disebut kerupuk puli kering.
    7. Pengemasan
      Kerupuk puli kering dikemas di dalam kantong plastik atau di dalam kotak kaleng yang tertutup rapat.
    8. Penggorengan
      Kerupuk puli kering yang akan dikonsumsi harus digoreng sebelum dikonsumsi. Penggorengan dilakukan di dalam minyak panas suhu 170°C.
  5. KONTAK HUBUNGAN Dewan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Industri Sumatera Barat, Jl. Rasuna Said, Padang Baru, Padang, Telp. 0751 40040, Fax. 0751 40040
    Sumber : Teknologi Tepat Guna Agroindustri Kecil Sumatera Barat, Hasbullah, Dewan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Industri Sumatera Barat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Entri Populer