MA MUALLIMIN NW BORO'TUMBUH: Bulan Juli 2012 Mendatang Kemungkinan Besar Tunjangan Profesi Guru Diambil Alih Pusat
SITUS PRESIDEN RI

Jumat, 22 Juni 2012

Bulan Juli 2012 Mendatang Kemungkinan Besar Tunjangan Profesi Guru Diambil Alih Pusat

Jakarta, Kompas - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka kemungkinan mengambil alih pembayaran tunjangan profesi pendidik demi kelancaran. Kepastiannya menunggu hingga Juli atau triwulan kedua pembayaran.
Mekanisme  Pembayaran Tunjangan  Sertifikasi Guru 2012                         
”Kami akan lihat sampai Juli. Jika pemerintah daerah tetap tak bisa membayar lancar, kami akan cari mekanisme lebih baik,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, akhir pekan lalu, di Jakarta.

Mekanisme  Pembayaran Tunjangan  Sertifikasi Guru 2012                         
Tunjangan profesi triwulan pertama 2012 semestinya disalurkan ke rekening pribadi penerima, April lalu. Namun, hingga Minggu lalu, ada yang tak kunjung cair karena tak ada SK pencairan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mekanisme  Pembayaran Tunjangan  Sertifikasi Guru 2012                         
Menurut Nuh, SK masing-masing direktur jenderal pendidikan dasar dan menengah selesai Maret. Dana pun sudah disalurkan kepada pemerintah provinsi.
Mekanisme  Pembayaran Tunjangan  Sertifikasi Guru 2012                         
Menurut Retno Listiyarti, Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia, Kemdikbud tak belajar dari kesalahan penyaluran tunjangan profesi guru. ”Bukannya makin mudah. Hampir enam tahun pelaksanaan sertifikasi, tak ada perbaikan kinerja dalam sistem pembayaran tunjangan,” katanya.
Mekanisme  Pembayaran Tunjangan  Sertifikasi Guru 2012                         
Pencairan tunjangan profesi bagi guru swasta dan honorer, lanjutnya, sudah ada di beberapa daerah. Besaran tunjangan dipukul rata Rp 1,5 juta per bulan.
Mekanisme  Pembayaran Tunjangan  Sertifikasi Guru 2012                         
Iwan Hermawan, Sekjen Federasi Guru Independen Indonesia, mengatakan, pembayaran tunjangan di Jawa Barat tak merata. Di Kota Bandung belum ada pembayaran. Di kabupaten, seperti Garut, Tasikmalaya, Sumedang, dan Bandung Barat, hanya dibayar dua bulan.
Mekanisme  Pembayaran Tunjangan  Sertifikasi Guru 2012                         
Pemerintah daerah dinilai sibuk mengklarifikasi guru yang memenuhi 24 jam mengajar. Pemenuhan 24 jam mengajar ini dinilai bukan salah guru, melainkan akibat ketidakmampuan pemerintah menata distribusi guru. ”Akibat guru didesentralisasi. Jadi, tunjangan dan gajinya melalui DAU kota/kabupaten sehingga banyak hambatan birokrasi,” kata Iwan.
Mekanisme  Pembayaran Tunjangan  Sertifikasi Guru 2012                         
Triwulan
Berdasarkan keputusan Kementerian Keuangan, pembayaran tunjangan profesi pendidik dibayar per triwulan. Triwulan pertama dibayarkan paling lambat April. ”Dana tunjangan profesi guru itu mengendap. Jadi lahan birokrat untuk memanfaatkan bunga anggaran,” ujar Retno.
Mekanisme  Pembayaran Tunjangan  Sertifikasi Guru 2012                         
Para guru juga dibingungkan dengan keharusan membuka beberapa rekening bank. Selain bank daerah, mereka juga harus punya rekening bank lain. ”Guru dipermainkan untuk soal tunjangan profesi ini,” katanya.
Mekanisme  Pembayaran Tunjangan  Sertifikasi Guru 2012                         
Secara terpisah, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia Sulistiyo mengatakan, keterlambatan pembayaran tunjangan profesi guru ini akibat kinerja Kemdikbud yang lambat menyelesaikan SK sertifikasi. ”Setelah guru diurusi berbagai unit utama di berbagai ditjen dan badan guru, justru birokrasi guru jadi rumit dan lambat,” katanya. PGRI akan mengadukan Kemdikbud kepada Presiden dan DPR. (ELN)

29 komentar:

  1. Khusus Otonomi Daerah Segala urusan yang berhubungan dengan uang,selalu diperhitungkan untung rugi,Apabila Tunjangan profesi misalnya,Diinstansi Vertikal sudah cair maka bagian otonomi disimpan dulu agar berbunga,terus ada istilah persen-persenan setelah Dana cair nantinya

    BalasHapus
  2. kalo aku jadi menteri spti pak nuh yang alumni ITS , gak sah KEMUNGKINAN BESAR TPP juli 2012 DIAMBIL ALIH PUSAT.
    K E N A P A ????????????????
    J E L A S :
    1 . sampai detik ini jam 18.32 30 juni 2012 masih banyak teman GURU yang belum terim pencairan TPP tahap 1 2012.
    2 . aku membaca pada kolom ini yang lain banyak guru yang mengeluh karena banyanya keterlambatan pembayaran oleh DAERAH.
    3 . Bila lewat daerah menurut saya banyak GURU yang dibohngi oeh pejabat DAERAH baik dari penguasa Daerah maupun dari KANTOR DINDIK.
    4 . Jadi menurut aku TIDAK USAH KEMUNGKINAN BESAR TAPI "" PENCAIRAN TPP GURU HARUS DIAMBIL ALIH OLEH PUSAT , JANGAN KEMUNGKINAN BESAAAAAAAAAAAAAAR.
    5 . Kalo kemungkinan besar berarti CAK NUH HANYA MEMBOHOPNGI PARA GURU SE INDONESIA .

    BalasHapus
  3. mudah mudahan dengan diambil alih oleh pusat segala permaslahan sertipikasi menjadi lebih lancar dan relevan .
    hingga untuk mensejahterakan guru honorer lebih diperhatikan yang selama ini selalu tertindas.

    BalasHapus
  4. iya bethuuuuuuul! segera ambil alih oleh pusaaaaaaat!TPP ku TRIWULAN I hanya dicairkan 2 bln. trus yang 1 bln kapan ya? Ayo Pak Nuh,lebih cepat lebih baik.AKU IKI WONG CILIK LINGGIHE DINGKLIK GAWEHANE IPLIK BAYARANE SITHIIK,NOMPO DHUIT LEREN DI MENDAT MENTHUL.

    BalasHapus
  5. situju banget tuch.... ambil alih sj pak
    pemerintah daerah gak pernah becus ngurus sertifikasi guru. karena sampai malam hari ini pukul 24.17 dana sertifikasi guru tuk sekolah swasta belum cair-cair juga dikota kendari. masalahnya pak, pemerintah selalu berusaha memasukkan guru dalam permainan politik kotor mereka. ayo, berontaklah guru indonesia....

    BalasHapus
  6. Pak Nuh ........di Kab.Trenggalek Tpp tahun 2011 baru dibayarkan 11 bulan dan triwulan 2 tahun 2012 dibayarkan 2 bulan, yang 1 bulan kemana....kemana..... kemana yang 1 bulan tidak ada yang tahu alamatnya.......

    BalasHapus
  7. KENAPA HANYA KEPENDIDIKAN YANG DIRIBETKAN SEDANGKAM INTANSI LAIN YG DAPAT REMUNERASI ADEM AYEM AJA N LANCAR, TIDAK HANYA MASALAH ADMINISTRASI YG DIRIBETKAN, PROSES PENCAIRANPUN TIDAK SERAGAM,BAIK WAKTUNYA ATAUPIN DANA YG DICAIRKAN TIDAK SEMESTINYA. INI MENIMBBULKAN KEGELISAHAN DIKALANGAN GURU DAN LAINNYA, DISAAT KITA HARUS MELAKUKAN PENINGKATAN SECARA PROFESIONAL,SEMENTARA PEMERINTAH MELAKUKAN KEBIJAKAN TIDAK KONSISTEN, MENURUT SAYA LEBIH BAIK PROSES PENCAIRAN LANGSUNG OLEH PUSAT TANPA HARUS MELALUI PEMERINTAHAN DARAH.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju&Sangat BENAR sekali.....

      Hapus
  8. AMBIL AJA PAK MENTERI.....LEBIH CEPAT LEBIH BAIK

    BalasHapus
  9. MEMANG PEMERINTAH DAERAH ITU BISANYA CUMA MENGHAMBAT KELANCARAN KESEJAHTERAAN NASIB BAGI PARA GURU AJA..TOH NYATANYA DI TNI/POLRI,SISTEM REMUNERASI JUGA UDH BERJALAN DGN SANGAT BAIK&TERATUR.TANPA HARUS DIEMBEL2I DGN ADANYA UJI/SELEKSI INILAH ITULAH YANG MENGATASNAMAKAN PANTAS ATO TIDAKNYA GURU ITU MENERIMA DANA SERTIFIKASI,TAPI TETAP AJA PADA KENYATAANYA SERTIFIKASI BAGI GURU DIHAMBAT TRUS.YAH,MUNGKIN EMNG SENGAJA PEMDA MENCARI BUNGA DULU DARI DANA SERTIFIKASI ITU.KITA GURU2 YANG ADA DI DAERAH SANGAT TERLANTAR KARENA TDK MAMPU BERBUAT APA2.BULAN RAMADAN&LEBARAN NANTI SANGAT BANYAK KEBUTUHAN,TETAPI DANA SERTIFIKASI YANG DIJANJIKAN CAIR DI BULAN JULI INI PUN TERNYATA TAK KUNJUNG MUNCUL JUGA.TOLONG BAPAK MENTERI,KETIDAKADILAN INI HARUS SEGERA DITINDAK LANJUTI.LEBIH BAIK TIDAK USAH LAGI ADA OTONOMI DAERAH YANG JUSTRU MALAH SEMAKIN MENYENGSARAKAN NASIB KITA PARA GURU DI DAERAH KARENA OKNUM2 DI PEMDA YANG TDK BERTANGGUNG JAWAB!!(by.suara guru kudus)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan hanya angin surga

      Hapus
  10. untul lampung kouta 2011 masih banyak yang belum terima Pak Mentri, dan triwulan 2 baru tandatangan dua bulan, baru tandatangan belum dibayar tertanggal 7 Agustus 2012, katanya mau diambil alih mana-mana-mana, kami guru perlu bukti bukan janji-jandi Umar Bakri

    BalasHapus
  11. BULAN JULI DAH ABIS PAK NUH,SUDAH AMPIR SATU PER TIGA BULAN AGUSTUS,MANA ? BELUM KUNJUNG CAIR TPP TRIWULAN II NYA.KTENYE MAU DIAMBIL ALIH PUSAT, JANGAN O O T dong Pak! janji harus ditepati aTuh PAK!(BY GRU JEPARA)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wualaaa..h Pak NUH kalo ngomong kaya burung berkicau di sangkar....ga mau liat kelapangan...

      Hapus
  12. pak NUH kalo ngomong.....jangan pake kacamata hitam...jadinya gak bisa liat dilapangan kaya apa..sistem pambayaran TPP....janagan cuma ngomong dibalik kelambu....turun ...sampe detik ini belum jg ada kabar kpn mau cair di KOTA CIREBON

    BalasHapus
  13. kasian guru guru menunggu dari bln april nanti cair agustus.4 bln menunggu? triwulan 2 berapa bulan menunggu tolong pak Nuh jgn ngomong doang.talk only but no action.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampai tgl 16 Agustus juga ndak kunjung cair tu TPP nya, kita demo aja, kalau dah demo baru TPP dicairkan

      Hapus
  14. saya setuju, lebih baik di ambil alih oleh pusat.. dari pada oleh daerah selalu di tunda2 terus.. coba tolong tgas kan lagi..
    apakah mereka tdk ingat bhw skrng jd orang . . .itu jasa guru . .knp guru di permainkan ??? gak takut kwalat

    BalasHapus
  15. Yo ora demo, guru koq demo, bagaimana dengan muridnya? TPG terlambat ya gak papa tapi ojo terlalu. Kalo terlambat ampai 6 bulan?? lha itu ada apa ??

    BalasHapus
  16. TPP DIJADIKAN SATU DENGAN GAJI...!yuk buat angket siapa setuju TPP jadi satu dengan gaji.TIDAK USAH lewat PGRI, karena PGRI hanya penyambung INFO pemerintah yang isinya bisa kita baca sendiri.Pertanyaan : SIAPA yang menyandera TPP? PUSAT atau DAERAH atau sama-sama cari bunganya ? Lha TW 1 ditrans pusat bulan Aprilnya,TW 2 ditrans bulan Juni,TW 3 akan ditrans September (M.Nuh Cibitung, bekasi jabar), ya otomatis daerah msh pingin cari bunga dulu, gitu lho pak Nuh!!! lalu siapa yang PANTAS DIPERCAYA??? Masak guru harus meminta-minta? Malu sih..., sama murid ....

    BalasHapus
  17. guru udah bosssssssssssssssssaaaaaaaaaaaaaaaaannnnn
    dgn janji udah hampir penggantian tahun bukti kata pak menteri tak akan kunjung terbukti. nasibmu wahai guru indonesia terus dan terus jadi ladang bagi penguasa.karena nasing- masing melempar bola setan

    BalasHapus
  18. sudahlah mr brow.......gak usah banyak bicara, kapan tppnya cair????????? kalau niat ngasih yan segera cairkan gak usah di ulet ulet, kalau tidak ya makan itu hak orang agar engkau dan keluargamu tersiksa selamanya di neraka.

    BalasHapus
  19. iya, bener itu........ TPP triwulan III belum keluar, sekali keluar bulan ini (desember) dikira cair dua triwulan sekaligus, eeeeehh ternyata....... cuma satu triwulan,,,, apa mungkin yang satu triwulan lagi cair tahun depan (2013)???????? dari kab. KUKAR

    BalasHapus
  20. Mf temen-temen guru semuanya.... kalau bicara masalah sertifikasi guru memang sangat pelik karena semua pihak MENGKLAIM bahwa mereka itu juga berkepentingan terhadap sertifikasi guru, ANOMALI yang sangat LUCU, mestinya yang berkepentingan itu kan GURU bukan yang lain, karena yang dituntut juga GURU, bukan yang lain, kalau memang pemangku kepentingan yang sebenarnya berkomitmen membayarkan sertifikasi guru ya secepatnya bayarkan, kalau memang tidak punya komitmen ya... CABUT AJA sertifikasi guru itu.. gitu aja kok reeeepoooottt.... kasihan tu.. itu duit rakyat... Pak Presiden, Pak Menteri, Pak Jaksa dan Pak Hakim tolong cepat atasi masalah ini sebelum Indonesia kena adzab karena ulah satu dua gelintir orang yang pura-pura punya kepentingan terhadap SERTIFIKASI GURU...

    BalasHapus
  21. barusan cair d kab jombang utk Guru PAI..namun trnyata cairnya hanya utk 1bln saja..
    Trus sisanya..? he2
    *jangan tanya kemana*

    BalasHapus
  22. Untuk Kabupaten Sumedang Triwulan III hanya cair 1 bulan...dengan alasan ini..itulah....

    BalasHapus
  23. Akang/ceuceu, saya mah 1 tahun belum cair, maklum kab.garut terkenal dengan carut marutnya, ...........

    BalasHapus
  24. Untuk Kab. Labuhanbatu Selatan, bulan 7,8,9,10,11,12 tahun 2012 belum direalisasikan samasekali oleh Pemda. Mohon ditindaklanjuti secepatnya keresahan ini Pak Mentri Pendidikan yang terhormat.
    Wassalam wr.wb.

    BalasHapus

Entri Populer