MA MUALLIMIN NW BORO'TUMBUH: BPSDMP dan PMP Kemdikbud Guru Sertifikasi Yang Sudah Mendapatkan Tunjangan Sertifikasi Akan Di Tes Ulang
SITUS PRESIDEN RI

Jumat, 01 Juni 2012

BPSDMP dan PMP Kemdikbud Guru Sertifikasi Yang Sudah Mendapatkan Tunjangan Sertifikasi Akan Di Tes Ulang

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemdikbud akan melakukan tes ulang kepada lebih dari satu juta guru yang sudah tersertifikasi dan mendapat tunjangan profesi.
Syawal Gultom selaku Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidik Kemdikbud (Kepala BPSDMP dan PMP Kemdikbud) mengatakan, sebanyak 1.020.000 guru itu akan dites ulang sebagai konsekuensi atas peningkatan kualitas mengajar setelah mendapat pendapatan tambahan dari tunjangan profesi.
BPSDMP dan PMP Kemdikbud  Guru Sertifikasi  Yang Sudah Mendapatkan  Tunjangan Sertifikasi  Akan Di Tes Ulang            
"Bagaimana perancangan dan pembelajarannya. Dengan tes ulang ini, kita bisa yakin apakah kualitas guru itu naik atau tidak," kata Syawal di gedung Kemdikbud, Rabu (30/5/2012).
BPSDMP dan PMP Kemdikbud  Guru Sertifikasi  Yang Sudah Mendapatkan  Tunjangan Sertifikasi  Akan Di Tes Ulang            
Ia menjelaskan, tes ulang yang akan digelar ini berbeda dengan uji kompetensi awal (UKA). Dalam uji kompetensi, guru berjuang untuk mendapatkan kursi pelatihan dan mendapat sertifikasi. Adapun di tes ulangan ini Kemdikbud hanya akan mengevaluasi penguasaan materi ajar dan pedagogisnya.
"Berbeda dengan UKA, ujian ini hanya untuk mengevaluasi," ujarnya.
BPSDMP dan PMP Kemdikbud  Guru Sertifikasi  Yang Sudah Mendapatkan  Tunjangan Sertifikasi  Akan Di Tes Ulang            
Walau demikian, sampai saat ini menurutnya jadwal ujian ulangan ini belum ditentukan. Pasalnya, Kemdikbud masih terus mengurus hal-hal teknis, seperti pembuatan soal dan verifikasi data peserta.
BPSDMP dan PMP Kemdikbud  Guru Sertifikasi  Yang Sudah Mendapatkan  Tunjangan Sertifikasi  Akan Di Tes Ulang            
Proses ujian sendiri, lanjut Syawal, dapat dilakukan secara online dan offline. Untuk yang online, soal akan dibuat secara acak melalui komputer, dan hasil ujiannya dapat diketahui langsung setelah ujian berakhir.
Namun, peserta di daerah yang belum mempunyai fasilitas tersebut akan melakukan tes secara tertulis.
"Yang pasti digelar tahun ini karena ujian ini dilakukan untuk pemetaan guru yang berkompeten dan belum," ungkapnya. BPSDMP dan PMP Kemdikbud  Guru Sertifikasi  Yang Sudah Mendapatkan  Tunjangan Sertifikasi  Akan Di Tes Ulang            

3 komentar:

  1. akhirnya aku menemukan blog yang memuat informasi yang aku butuhkan dan aku cari mudah mudahan mas bermanfaat dan mendapatkan balasan dari Allah sebagai amal baik.

    BalasHapus
  2. 1. Ada baiknya bahan evalusi dari hasil tes ulang ini guru yang belum berhasil diberikan pola pembinaan melalui pelatihan dengan pola PKG atau program pendampingan. Bagi yang sudah berhasil bisa dikaderkan sebagai guru inti untuk pola kegiatan MGMP/KKG sebagai wadah pembinaan profesi.
    2. Peran pengawas akademik perlu benar-benar diberdayakan untuk membina sekaligus memonitor guru-guru tersebut telah benar-benar melaksanakan tugasnya atau tidak.

    BalasHapus
  3. 1. Setuju Jika Di Tes Ulang, dengan informasi yang jelas Dinas dan Operator terkait jangan hanya melayani Dikdas saja melainkan Dikmen Juga agar tidak terjadi seperti saya ini.
    2. Kita sudah melaksanakan kinerja dengan baik jumlah jam saya saja 21 jam tugas tambahan saya Ka,Sekolah. Masih dituntut apalagi. Kami sekolah Swasta yang menjunjung disiplin kerja jangan dikawatirkan.Namun petugas oprator sering keliru.saya masih aktif jadi guru dianggap lenyap dari dunia sertifikasi.
    3. Yang terjadi saya Lulus Sertifikasi Portofolio Tahun 2007, sdh terima tunjangan profesi , namun th.2013 setahun saya tidak terima lagi.Huh.. apa alasannya tdk punya NRG, tdk memenuhi jam mengajar, ka.sek=6 jam saja. diminta ngurus kedikmen, tdk dikdas tidak, lpmp tdk, rakor tentis jakarta tidk. lalu apa lagi kurangnya.Operator ditutup saja. Tidak perlu lagi cara online.
    3. UKG , tidak pernah diberi surat tes, pernah test NUPTK tdk cocok lalu sipa yg bikin mosok saya sendiri aneh memang? jangan sampai punya nasib seperti saya.Untung saya makan gaji dari Yayasan jika mengharap dari Pemerintah bahaya keluarga saya.Opini publik biar membaca,mengentaskan membaca buta huruf.

    BalasHapus

Entri Populer