MA MUALLIMIN NW BORO'TUMBUH: Pencairan Tunjangan Sertifikasi Guru Tahap 1 Tahun 2012 Dibayarkan Bulan April Mendatang
SITUS PRESIDEN RI

Minggu, 25 Maret 2012

Pencairan Tunjangan Sertifikasi Guru Tahap 1 Tahun 2012 Dibayarkan Bulan April Mendatang

JAKARTA - Para guru  penerima tunjangan  profesi  pendidik (TPP) tidak perlu lama-lama menunggu rapelan pencairan. Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan  (Kemendikbud) meminta TPP  dicairkan tepat waktu. Yaitu dirapel tiga bulan sekali. Untuk tahap pertama, dijadwalkan cair bulan depan.
Pencairan  Tunjangan  Sertifikasi Guru  Tahap 1  Tahun 2012  Dibayarkan  Bulan April Mendatang           
Mendikbud Mohammad Nuh menjelaskan, tahun ini tidak perlu lagi ada kasus keterlambatan pencairan TPP. Selain itu, dia berharap skenario pencairan  TPP yang dirapel tiga bulan sekali tidak kacau seperti tahun lalu. Dia menjelaskan, tahun ini diharapkan seluruh guru penerima TPP tidak lama-lama menunggu pencairan rapelan.
Pencairan  Tunjangan  Sertifikasi Guru  Tahap 1  Tahun 2012  Dibayarkan  Bulan April Mendatang           
Dia menjelaskan, pada tahap pertama TPP diterima April depan. TPP yang dikucurkan bulan depan itu merupakan rapelan sejak Januari, Februari, dan Maret. Sedangkan untuk tahap kedua nanati, TPP dijadwalkan cair pada Juli. Lalu untuk tahap ketiga TPP cair pada Oktober, Kemudian gelombang terakhir pencairan TPP peride 2012 dijadwalkan Desember. "Harus dipaskakan untuk bisa dicairkan sesuai aturan. Yaitu dirapel tiga bulan sekali," tegas mantan Rektor ITS itu.

Dia mengatakan, tahun lalu masih ada keluhan jika TPP dicairkan setahun sekali. Sekitar penghujung Ramadhan menjelang Idul Fitri. Muncul dugaan, uang yang sejatinya sudah disetor oleh pemerintah pusat ini ditimbun dulu oleh pemerintah kabupaten atau kota untuk dikeruk bunga simpanannya.
Pencairan  Tunjangan  Sertifikasi Guru  Tahap 1  Tahun 2012  Dibayarkan  Bulan April Mendatang           
Nuh mengatakan, pihaknya mulai tahun ini akan memantau lebih dalam terkait pencairan TPP ini. Dia sudah berkoordinasi dengan Inspektorat Jendral (Itjen) Kemendikbud untuk menelusuri jika ada pencairan TPP yang nyangkut. Kerja dari Itjen Kemendikbud ini akan melihat perkembangan pada April nanti. Jika ternyata sudah tersalurkan ke guru, maka proses pencairan TPP sudah berjalan baik. Sebaliknya, jika masih ada guru yang belum menerima TPP berarti ada persoalan di daerah.
Pencairan  Tunjangan  Sertifikasi Guru  Tahap 1  Tahun 2012  Dibayarkan  Bulan April Mendatang           
Sementara terkait persoalan klasik yaitu jumlah nominal TPP tidak sama dengan gaji pokok Nuh mengatakan terkendalam persoalan pendataan. Dia mengatakan, TPP untuk pencairan 2012 ini sudah disusun pada atau direncanakan pada 2011 lalu.

Sehingga, data yang digunakan adalah gaji guru PNS pada 2011. Tapi, pada kenyataannya selama 2012 telah terjadi kenaikan pangkat pada sejumlah PNS. Nah, di sinilah letak persoalan ini. Dia masih terus berkoordinasi untuk mencai formulasi untuk mengantisipasi ketidak cocokan antara nominal TPP dengan gaji pokok PNS.
Pencairan  Tunjangan  Sertifikasi Guru  Tahap 1  Tahun 2012  Dibayarkan  Bulan April Mendatang           
Seperti diketahui, besaran TPP setiap bulan untuk guru PNS diterima sebesar satu kali gaji pokok. Sedangkan untuk guru non PNS, besaran TPP ditetapkan Rp 1,5 juta per orang per bulan. Tujuan dari pemberian TPP ini untuk peningkatan kesejahteraan guru, melalui peningkatan profesionalisme mengajar.
Pencairan  Tunjangan  Sertifikasi Guru  Tahap 1  Tahun 2012  Dibayarkan  Bulan April Mendatang           
Tahun ini, diperkirakan guru yang berhak menerima TPP berjumlah 746.700 orang. Dalam postur APBN 2012, uang yang disipakan untuk pembayaran TPP ini mencapai sekitar Rp 30 triliun. Jumlah ini naik sebesar Rp 12,1 triliun dibandingkan dengan APBN-P 2011. (wan)
Pencairan  Tunjangan  Sertifikasi Guru  Tahap 1  Tahun 2012  Dibayarkan  Bulan April Mendatang           

211 komentar:

  1. Pak Menteri, mohon pembayaran TPP jangan melalui kab/kota (transfer daerah) dikarenakan di tempat kami masih ada kekurangan pembayaran bulan desember 2010 dan bulan desember 2011 serta lambatnya penyaluran ke guru. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Informasinya terjadi di Kabupaten Semarang terkait dengan Dana tunjangan Profesi Guru yang dibagikan ke Guru yang sdh Sertifikasi...namun yang dibayarkan hanya 5 bulan padahal ketentuannya yang diterima oleh Guru adalah 6 bulan...yang sebulan kemana...??? apa mungkin sisa dana yang dipertanyakan satu bulan itu di Bank kan trus bunganya dibuat bancak'an atau buat Nombok'iiiiiii kekurangan yang sebulan...??? Anehnya...ada yang menyatakan...bila dibayarkan 6 bulan dananya kurang atau tidak mencukupi sehingga disiasati dibayarkan hanya 5 bulan . Dana tunjangan Profesikan dari Pusat dan dikucurkan berdasarkan hasil Laporan dari Daerah terkait dengan jumlah personil Guru yang sdh sertifikasi . Kejadian ini terulang kembali...ditahun 2010 Tunjangan profesi Guru yang diberikan hanya 11 Bulan . yang satu bulan kemana ??? bila dikabupateng Semarang Guru yang berhak mendapatkan tunjangan profesi sejumlah 1000 Guru....berarti Pemerintah wajib menyediakan dana 1000 x Gaji pokok Guru....Fantastis....berarti Milyartan Rupiah yang pertanggung jawabannya Layak untuk di pertanyakan....???

      Hapus
    2. jang..NUH..tunjangan belum lancar cairnya udah ada program UKG (Uji Kompetensi Guru)bgs jg maksudnya sih biar guru tambah berkompeten dlm mendidik siswanya...tapi apa gak adakah UKP (Uji Kompetensi Pejabat) biar dalam menyalurkan hak guru tidak dibayar dengan janji dan harapan aja...

      Hapus
    3. daripada bikin program UKG...sekalian adain UKP (UJIKOMPETENSI PEJABAT) biara pencairan gak terlunta-lunta entah dimana rimbanya...

      Hapus
    4. ichh ngeselin nunggu pencairan dana.. masa dah 2 tahun g cair2.. anehhh... :(
      janji dan harapan kosong yg di umbar.. bayangin aja 2 tahun mba broo.. klo orang yg dpt ny lg hamil wktu lulus ujiannya,, skrang dah gede anaknya.. :(

      Hapus
  2. sama di daerah kami juga, mohon diteliti tiap2 bank, kini zaman online,

    BalasHapus
  3. Mohon tanya, pembayaran TPP utk April 2012, semuakah dapat guru yang disertifikasi(pns dan gbpns, dan yang lulus tahun 2011)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Mengacu Ke keterangan pak Mentri, Ya semuanya PNS/NON PNS, untuk semua provinsi dan kabupaten .
      Tapi sekarang bagamana Di Provinsi dan Kabupatennya,dari keterangan Pak Menteri,Dana Untuk Pembayaran Sudah ada dan siap.

      Hapus
    2. Pelatihan Hipnotis.
      Ya sebaiknya memang harus dibayarkan ...karena memang kewajiban pemkot. kalau ditimbun dulu sama pemkot mestinya kpk bertindak.
      http://hipnofrans.com/?p=44

      Hapus
    3. supaya tepat pembayarannya harus belajar hipnotis dulu kali!

      Hapus
    4. sebenarnya kalau pengaduan resminya kemana ini pak..??? bagi yang belum menerima pencairan tahun 2012 ini?

      Hapus
    5. oh kalau ngadu gampang teriak aja ke tempayan....karena pak menteri lagi dalam tempayan ....dan kalau bicara ga pernah nengok gimana keadaan diluar/lapangan...gaduhnya guru,harapan guru dan gelisahnya guru...

      Hapus
  4. Bapak Menteri Pendidikan Yth , Kami 12 guru SLB kota Semarang ( 7 guru PNS dan 5 Guru Non PNS ) lulus plpg th 2009. Tunjangan Sertifikasi kami yang 2010 sampai sekarang belum CAIR pak , padahal kami sudah pemberkasan berkali-kali pak ( 8 kali ), bagaimana ini pak nasib kami ? apakah tunjangan sertifikasi kami bisa hangus ? kalau tunjangan tsb tidak bisa CAIR pak , wah kasihan banget pak nasib kami , kami mohon dibantu pak , Terimakasuh atas kebijakannya. a/n Retno no plpg:09036302711455. nip:195812101982032005.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kami menunggu balasan dari bapak menteri . mks ; retno.

      Hapus
    2. WAH KASIHAN SEKALI PEMBERKASAN SAMPAI 8 KALI , BERARTI ADA # KPK = KELOMPOK PEMBRANTAS KEUANGAN # ITU BU . PERLU GANTI DIBRANTAS DENANG OBAT HAMA ITU.

      Hapus
    3. pak jgn bergantung kepda sertipikasih karna rizki dari Allah tdk usah bersusah-susah lapor kpd Allah dimalam hari tahjjud menangis seperti anak bai jk rizkimu pasti Allah datangkan krn tdk mati seseorg kecuali habis rizkinya.itulah mauny6a Al;lah Tingkatkan amal agama dg cara rasulullah jd perbaiki keyakinan dg usaha jg ilmunya diperbaiki dmk pila keikhlasan dan tambah akhlakyang baik ws

      Hapus
  5. pencairan sertifikasi yang kurang 1 bulan 2010 dan 2011, menurut isu yang berkembang akan hangus, mohon ada teguran dari pusat jika ada pemda yang 'nakal' kalau tidak ada sangsi tiap tahun akan kurang terus, keenakan

    BalasHapus
  6. pencairan sertifikasi yang kurang 1 bulan 2010 dan 2011, menurut isu yang berkembang akan hangus, mohon ada teguran dari pusat jika ada pemda yang 'nakal' kalau tidak ada sangsi tiap tahun akan kurang terus, keenakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. semestinya kejaksaan didaerah bergerak untuk melakukan penyelidikan. Biar tahu rasa. Setuju

      Hapus
  7. Bapak Menteri Pendidikan Yth ,trimakasih atas dimuatnya blog kami , kami tak tahu lagi harus mengadu kemana untuk memperjuangkan HAK KAMI , kami ber 12 lulus PLPG pak , saat mengikuti PLPG kami bener-bener berkompetensi disana , kenapa teman seperjuangan sudah bisa menikmati hasilnya dan kami belum ? Padahal kamisudah pemberkasan berkali-kali , kami bener-bener mohon bantuan dan kebijakan dari bapak mentri , Trimakasih a/n Retno ,guru slb kota semarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. MENGADU KE PLPG = PENGUASAHA LIQUID PETROLEUM GAS.
      Jadi mengadunya ke Pengusaha LPG bu

      Hapus
  8. Bapak Menteri Pendidikan Yth ,saya ingin bertanya ; apakah kalau guru menulis karya inovatif di blog bisa diperhitungkan nilai angka kreditnya ? mohon dibalas . trimakasih , hormat saya Retno , nip ;195812101982032005.

    BalasHapus
  9. mudah mudahan pencaiarannya bisa terealiasi tapat waktu baik bagi guru-guru di kemendiknas maupun di kemenag!

    BalasHapus
  10. Pak mentri di kota cirebon pembayaran tpp selalu kurang dan terlambat. tolong pantau untuk pembayaran bulan april 2012, pantau juga pejabat2 yang selalu menimbun dulu tpp!!!

    BalasHapus
  11. mohon jangan ada lagi saling lempar antara kabupaten/kota dan Provinsi ketika guru menanyakan keterlambatan pencairan TPP

    BalasHapus
  12. mudah2an tepat waktu.........

    BalasHapus
  13. Balasan
    1. WAH WAH LEMPAR MELEMAPAR SEPERTI DEMO MAHASISWA DAN POLISI SAJA.

      Hapus
  14. smoga benar bisa tepat apa yang telah di janjikan

    BalasHapus
  15. sekarang sudah tgl 12 april tidak ada tanda2 pencairan gmn nih pak Noeh ?

    BalasHapus
  16. Kenapa ya th ini sk tpp ada yg sdh turun ada yg belum?

    BalasHapus
  17. udah biasa kalo pencairan sertifikasi terlambat/tidak tepat waktu... yang luar biasa adalah kalau pencairan tepat waktu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dicairkan tepat waktu,bukan pejabat Indonesia namanya.kan lumayan BUNGA BANK,nginap barang 3 bulan di bank,baru kasih yang berhak.

      Hapus
    2. betul bang...lumayan 3 bulan ngendap di bank..., kan bisa buat pesta pemda setempat....wkwkwk :D

      Hapus
    3. sama didaerah nganjuk juga sampai sekarang belum cair. padahal didaerah wonogiri cair 6 bulan. uang nya lari kemana ya????hahahah:D

      Hapus
  18. Pencairan melalui Bank apa pak, soalnya sdh 2 mandiri dan ada info kalau ganti bank apakah benar? lalu bgm prosedurnya, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti BANK SUWEK / BANK TITIL AJA , BANG NAZARUDIN JUGA BISA , BANG GAYUS TAMBUNAN JUGA BISA

      Hapus
    2. BANK TOYIB BRO..

      Hapus
  19. Kok ganti Bank lagi.?
    Apa prosedur pencairan dana tunjangan dari Pak Nuh,harus ganti Bank sampe 3 kali baru dicairkan?
    Ada apa sebenarnya dengan Bank-Bank ini Pak?
    Masalahnya :
    1. Rekening Guru Sudah Buanyaakk..!
    2. Rekening yang kemarin bisa jadi sia-sia
    3. Pembayaran jadi dech.. Molooooorr..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hidup...bank....smakin maju dgn banyak nasabah...1 orang 1 bank 2 rekening...

      Hapus
    2. TENANG BANG GURU YANG PENTING INGUSNYA TIDAK NDOLOR

      Hapus
    3. GURU BANYAK REKENINGNYA TAPI GARING ISINYA HA HA HA ......

      Hapus
    4. pokonya pegawai didaeah yg mengurusi sertifikasi mjd kaya mendadak.....uang milyaran lo satu bulan bunganya berapa ya...lo 3 bulan..haaa...ganti2 mobil baru teruus.... dan guru yg berhak harus nunggu2 sampai ngeces.....itupun harusnya keluar 3 bulan ..ternyata hanya muncul di rekening 2 bulan....ntar akhir tahun ga genap 12 bulan...dan hangus...hahaha..ga takut dosa ya....

      Hapus
  20. PERMAKLUMAN
    Diharapkan Kepada Bapak/Ibu/Saudara sekalian yang memasukkan komentar supaya menyertakan identitas diri,paling tidak menyertakan Nama dan Asal Kabupaten.trima kasih

    BalasHapus
  21. Tolong cepat disalurkan Dana sertifikasi guru kepada yang berhak ! Jangan diendapkan dulu karena guru-guru sangat membutuhkan. Trimakasih

    BalasHapus
  22. Ayolah Bapak Pejabat PEMDA liat dong kami jadi guru, jangan liat BANK terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo lihat gura ka tidak ada bunganya kalo lihat bang pasti dapat bunga contohnya DAPAT BUNGALOW ,

      Hapus
  23. Sudah tanggal 18 Apil menjelang tgl 19 April jangankan ada tanda2 tpp cair, sk tpp nya sj blm ada tanda2 akan terbit lagi dan celakanya guru yang kerjanya asal2an cair terlebih dulu dibandingkan dg guru yang benar2 berprestasi...bagaimana ini?Kenapa sk tpp terbitnya bertahap...hal ini dapat menimbulkan kecemburuan di antara sesama guru...tolong jawab,Pak/Bu yang berwenang...terimakasih atas jawabannya ya!

    BalasHapus
  24. Saya lulus sertifikasi (memperoleh sertifikat) pada bulan November 2010. pada saat itu saya masih berstatus CPNS. SK 100% (PNS) saya dapat pada bulan Juli 2011. pada bulan yang sama, saya juga memperoleh NRG. SK jabatan Golongan III A saya dapatkan pada bulan Oktober 2011. yang saya ingin tanyakan, saya berhak mendapatkan tunjangan sertifikasi sejak bulan berapa?

    BalasHapus
  25. Saya Edy Santosa guru di Kabupaten Trenggalek peserta sertifikasi lulus 2011. Pada tahun 2012 ini ikut pemberkasan Pencairan TPP dan SKPTP sudah turun, tetapi dalampemberkasan kedua berkas kami tidak ditanda tangani oleh pengawas sehingga untuk periode 6 bulan ini saya tidak bisa mendapat TPP. Alasan pengawas menolak persetujuan pencairan TPP adalah karena saya mengajar 24 jam tapi yang 6 jam tidak linear dengan mata pelajaran dalam Sertifikasi saya. Padahal belum disampaikan pengumuman resmi bahwa Mata Pelajaran Yang Diajarkan dengan jam mengajar 24 Jam/minggu itu harus mata pelajaran linier. Harapan saya:
    1. Tolong diterbitkan dengan resmi syarat-syarat Pencairan TPP bagi guru bersertifikasi yang jelas dan terperinci, mengingat dalam menerjemahkan PP.74/2008 seringkali antar kabupaten tidak sama.
    2. Tolong juga dibedakan antara syarat pencairan TPP dengan syarat kenaikan pangkat/golongan, karena seharusnya yang berhak mendapatkan TPP adalah guru yang benar-benar mengajar 24 jam dan untuk tugas guru apapun harusnya tidak dihitung. Sedangkan saat ini Kepala Sekolah, Wakasek, Kepala Laborat dihitung jam mengajar padahal mereka tidak mengajar.
    3. Kalau memang Dana TPP saya dan teman saya ( di sekolah saya ada 2 yang tidak diacc oleh pengawas dengan alasan seperti yang telah saya sampaikan di atas)tidak cair, harap dana dapat ditarik lagi dari daerah ke Pusat.
    Demikian yang bisa saya sampaikan. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..Wah..kalo begini,kapan guru bisa tenang mengajar.
      Setiap ada pencairan selalu ada aturan baru,dan cenrung mempersulit.

      Hapus
    2. betul dari pernyataan Mr Nuh bener2 menentramkan hati..kalau turun ke daerah2 tetapi sepertinya kementrian udah gk pnya gigi wong sudah otoda jadi pesimis jadinya. pokoknya yang menyangkut tentang keuangan wuah..daerah2 pinter cari alasan hrusbegini..begitu..makanya tetep aja nasib guru2 bokek..kecuali yg mw diajak kenca ama penguasa daerah ya subur deh luar dlm nya....

      Hapus
    3. semua ko masalahnya sama...kalau masalah tentang uang pasti dipersulit....kwalat loh makanya pendidikan kita terselib dgn negara jiran .....

      Hapus
  26. Saya tdk habis pikir,bagaimana guru dapat tenang mengajar kalau selalu disibukkan dengan penerbitan SK TPP yang tdak bersamaan.Bukankah Pemerintah ingin meningkatkan harkat dan martabat guru dengan meningkatkan kesejahteraannya.Waktu saya melihat berita via internet pd tgl 23 Maret yg lalu,Pak Nuh mengatakan TPP dicairkan pada bulan April,ternyata kira2 30% SK TPP yg terbit,sedang yg belum terbit disuruh menunggu dengan harap2 cemas (H2C)

    BalasHapus
  27. belum dapat sk....sk dikirim melalui sekolah masing2 ato kita mengambil kemana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditanyakan di kabupaten masing-masing, Dana dari Pusat Sudah Lama Turun.

      Hapus
  28. Assalamualaikum Wr.Wb,mau tanya nih pa! saya sudah dapat SK Inpassing untuk guru non PNS dengan pangkat golongan III B,tetapi data saya belum tercantum di Internet,,apakah data diinternet masih data yang lama?selanjutnya kapan dana sertifikasinya cair,,,?sudah tanggal 20 belum ada tanda tanda cair,,! terima kasih Wassalamualaikum Wr. Wb

    BalasHapus
  29. klo Non PNS tp sudah dpt SK Inpassing IIIb, uang sertifikasinya msh 1,5jt, apa seseuai gaji pokok PNS gol IIIb? Nuhun..

    BalasHapus
  30. pius hadon intang kal-bar. setelah membaca semua yang tertulis pada page ini,ttg pencaiaran tunjangan sertifikasi belum disalurkan kepada seluruh TPP, saya beranalisa bahwa bulan april adalah bulan yang jumlah harinya : 60 hari. kita yang anggota TPP mulai hitung lagi dari tgl 30 april,31 april,32 april 33 april sampai tgl,60 april 2012. pemikiran kedua yaitu : Yang namanya SK itukan di buat, hal ini diperkuatkan oleh bunyi SK pada bagian akhir tertulis ; APABILA SK INI TERDAPAT KEKELIRUAN MAKA AKAN DIBETULKAN DIKEMUDIAN HARI/SEBAGAIMANA MESTINYA. tks.

    BalasHapus
  31. Pakmentri,guru di daerah banyak disoroti dan dicemburui,tapi rupanya uangnya diminati,sehingga seolah olah untuk mencairkannya agak keberatan. masa tri wulan1/2011 dibayarkan Agustus? Lha sih kepriwe? ditunggu-tunggu koh anteng bae!.Kalau bisa yah dicarikan solusi yang pas,biar tidak terlalu lama menunggu.
    Terimakasih pak Menteri atas perhatiannya.

    BalasHapus
  32. Saya Guru Dari Kab. Luwu Timur Belum Melihat ada tanda tanda pencairan TPP Tahun 2012.

    dan saya sampaikan bahwa tunjang tpp bulan desember 2011 saya belum dibayarkan'

    wahai mendikbud jangan tinggal diam..

    BalasHapus
  33. Pak Mentri, saya guru sma swasta di kabupaten cilacap, lulus plpg tahun 2008, tapi sampai saat ini sk inpassing saya dan 3 teman guru dalam 1 sekolah belum turun. kemana kami harus bertanya. persyaratan tiap kali diminta kami lengkap semua.saya mengajar sudah 20 tahun disekolah ini.saya satu alumni dengan pak mentri, saya dari ITS Tek-Kim angkatan 14. bisa bisa sk turun saya sudah pensiun. Mohon perhatiannya pak Mentri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya-Allah,
      Bukankah Kemajuan Suatu Negara sangat tergantung dari Majunya pendidikan. dalam Dunia Pendidikan,Pendidik kunci utamanya. kalau pendidik tidak tidak diperhatikan,ini sama saja Pemerintah sendiri tidak memperhatikan Negara..!!!
      kalau guru sampaimelakukan DEMO,ini sudah menandakan Perhatian Pemerintah Pada Guru sangat kurang

      Hapus
    2. majunya negara bukan dari dunia pendidikan pak guru tapi zaman sekarang majunya negara tergantung dari # PANDAINYA MEMBOHONGI DAN MENGAKALI ORAG KECIL #

      Hapus
  34. Pak menteri penerima tunjangan kemendiknas banyak yang tidak keluar namanya padahal kita sudah mengirimkan data melalui dinas kabupaten. Apakah data yang kami kirimkan tidak memenuhi syarat. Mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. o ya nak besuk penerima tpp 2012 kita keluarkan semua seperti keluarnya ( LUMPUR LAPINDO )

      Hapus
  35. Pak Menteri ini namanya tidak adil karena tidak semua guru keluar namanya untuk tunjangan kemendiknas 2012. Sebanyak 45 orang guru di Sekolah saya hanya 18 orang yang namanya sudah terdaftar, bagaimana yang lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. MEMANG NAK PAK MENTRI MANA YANG BISA ADIL . YANG MAHA ADIL HANYA ALLAH SWT. SABAR NAK YA . BESUK KITA AKAN MENEMUI KEADILAN

      Hapus
  36. Kepada Rekan Guru Yg mengirimkan komentar,supaya mencantumkan identitas diri Minimal mencantumkan Nama dan Kabupaten,atas kerjasamanya sy ucapkan terima kasih.Salam Rekan Guru..!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ORANG DIBACA PAK MENTRI MAUPUN PEJABAT DIKBUD AJA TIDAK. SURUH MENCANTUMKAN NAMA. MANA SUDI.

      Hapus
  37. Pak menteri saya seorang pembantu bendaharawan BOS di sebuah sekolah di Sumatera Barat , tapi pada pencairan dana triwulan ke II ini dinas pendidikan kabupaten menbuat peraturan sendiri yang tidak sesuai dengan Juknis yang dari kementerian diknas, karena syarat pengambilan dana tersebut harus pakai rekomendasi dari dinas kabupaten dengan syarat menyiapkan laporan triwulan per I dan bukti SPJnya sehingga sebagian sekolah belum bisa mencairkan dana tersebut dari Bank, mohon Bapak menteri menyelidiki hal tersebut supaya kami bisa mengunakan dana tersebut dengan segera.

    BalasHapus
    Balasan
    1. biarkan aja biar BOSSOK

      Hapus
  38. Pak menteri, saya merasa binggung menbedakan istilan tunjangan, ada disebut dengan tunjangan profesi guru,tunjangan kemendiknas, ada kontroversi disini mana yang benar, guru sekarang sibuk mengurus bagi yang keluar namanya, bagi yang tidak tercantum namanya ini penuh tanda tanya yang dapat bergembira bagaimana kami yang belum keluar namanya malahan yang baru sertifikasi lebih dulu keluar namanya ??????

    BalasHapus
  39. JAKARTA, KOMPAS.com -- Pencairan tunjangan sertifikasi guru lagi-lagi terlambat. Padahal, Kementerian Keuangan sudah menyepakati pencairan tunjangan untuk guru yang lolos sertifikasi sebesar satu kali gaji pokok ini per triwulan.
    "Sampai akhir April, dana tunjangan sertifikasi belum dibagikan ke guru. Anggarannya sudah ditransfer ke daerah, tetapi kendalanya justru dari Kemendibud," ungkap Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistiyo, Selasa (24/4/2012) di Jakarta.
    Keluhan antara lain datang dari para guru di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Ketika dicek, pencairan tidak bisa dilakukan karena belum ada surat keputusan (SK) penetapan dari Kemendikbud.
    "Pembayaran tunjangan sertifikasi selalu bermasalah. Pemerintah tidak profesional. Ini semakin sering terjadi setelah penanganan guru diserahkan ke direktorat-direktorat di Kemendikbud," kata Sulistiyo.
    Sumber : KOMPAS.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Kalau begitu. ada apa dengan KEMENDIKBUD dan Direktorat-Direktorat ini.
      Kemenkeu sudah menyerahkan uangnya,lalu kemendikbud menahanya,ada apa dengan semua ini

      Hapus
    2. aprilnya sdh habis pak mentri,duwitnya mana h3,janjinya lho,

      Hapus
    3. MEMANG PAK MENTERI DULU JADINYA SENANG BERJANJI , BUKAN BERSUMPAH , MANGKANYA SEKARANG SENANG BERJAJNJEN, YANG PENTING KAN ADA JANJI5 PAK

      Hapus
  40. Mo nanya,Pak kalo guru yg lagi melanjutkan pendidikan Tunjangan sertifikasinya diputus ya? kenapa di daerah saya begitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. O TIDAK KALO TUNJANGAN DIPUTUS , NANTI PAK GURU SAMA LARI TUNJANG LANGGANG / TER BIRIT2

      Hapus
  41. A.....min.Mudah-Mudahan pembayaran kali ini bisa tepat waktu.Dan melalui kesempatan ini saya usul pada bapak agar pembayaran tunjangan sertifikasi ini dikembalikan seperti dulu lagi yaitu pembayarannya langsung dari pusat,Pada awal-awal pembayaran tunjangan ini saya tidak pernah khawatir karena pembarannya tepat waktu walaupun agak sedikit telat.Tapi setelah pembayarannya diserahkan ke daerah saya dikit khawatir,karena pada tahun 2011 lalu puluhan teman-teman dananya tidak cair-cair selama 1 semester dengan alasan kesalahan data.Tapi setelah diusut ternyata itu adalah ulah oknum Bend....... dan utung saya tidak masuk kedalam puluhan teman-teman tersebut,tapi batin saya tetap merintih melihat nasib puluhan teman-teman tersebut.Untuk itu saya usul agar pembayarannya langsung dari pusat seperti dulu dan bila perlu lewat kitir gaji. wassalam.

    BalasHapus
  42. ya...ampun...setiap mau ncair....pemberkasan....lalu bikin rekening baru....TPP...nelum cair dah disuruh bikin berkas lai...plus diatas materai....hidup Bank...cari nasabah dari para guru

    BalasHapus
    Balasan
    1. hidup bu/pak guru , kalo rekening gak mau berubah pakai rekening listrik atau rekening air juga dapat.

      Hapus
  43. SK TPP th 2012 tahap ke-2 sdh turun dan kami diberi aplikasi Bank BRI krn no.rek yg tertera pd SK TPP tdk sama dg ke-2 no.rek BRI yg lalu,jd kata peg.BRI nt guru2 akan membuka rek lagi BRI yg baru,lalu sy katakan pd petugas bank utk mengecek berapa tunjangan yg sy terima pd triwulan I ini,jawabnya membuat sy kaget,"uangnya masih blm ada,menunggu SK Pembayaran TPP dr Kemendikbud lalu bagaimana cara mengembalikan aplikasi BRI,katanya secara kolektif persekolah dan tlg infokan kpd sekolah yg lain,ya?sy jd semakin bingung jadinya,kapasitas sy sbg apa dimintai tlg utk menginfokan kpd guru2dr sekolah lain.

    BalasHapus
  44. KAPAN PAK M.NUH TPP GURU MAGETAN AKAN CAIR ? KATA BAPAK BULAN APRIL NAMUN KENYATAAN SAMPAI HARI INI TIDAK ADA KABAR BERITANYA. MOHON DILANCARKAN PAK

    BalasHapus
    Balasan
    1. o iya pak kus nanti aku lancarkan ,selancar angin

      Hapus
    2. MANGKANYA PAK KUS SERING2 KE PANTAI BIAR DAPAT SELANCAR ANGIN

      Hapus
    3. MANGKANYA PAK KUS , SERING2 MAIN KE PANTAI BIAR DAPAT # SELANCAR ANGIN #

      Hapus
  45. kapan bapak nuh tpp guru magetan cair ? ada kendala apakah di kab magetan bapak ? 33 thn bapak mengabdi , hanya ingin ikut merasaakan tpp . bapak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. baru 33 tahun aja sudah bingung . aku yang sudah pensiun aja diam terus

      Hapus
    2. O MAGETAN ITU BAGUS DAN LANCAR BAPAK, SEBENTAR LAGI TUNGGU TANGGAL 15 MEI ............ TAHUNNYA BERAPA GAK MESTI . BISA TAHUN DEPAN ATAU BISA TAHUN 3001

      Hapus
  46. bapak nuh yth . ini hanya suatu pandangan kalao data guru yang sertifikasi memang sudah betul dan akurat. mbok alangkah baiknya tpp guru itu dikucurkan tiap bulan . dengan alasan : 1. biar tidak ada rasa cemburu sosial antara pns , sebab kalo di daerah rasa cemburu sosial itu masih besar.
    2. kalo cair tri wulan ternyata dari hasil pengamatan banyak keruwetan sehingga terjadi penundaan pencairan seperti yang terjadi saat ini.
    3. padahal pegawai rendahan yang kerja hanya satu orang sangat berat dengan menguliahkan anak . sehingga pegawai rendahan itu isinya hanya ; TGL 1 SD 15 MELUNASI UTANGAN , TGL 15 SD 31 MENCARI HUTANGAN. atas perhatiannya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. MANGKANYA BAPAK KALO HUTANG JANGAN MELEBIHI PENDAPATAN.

      Hapus
    2. MANGKANYA KALAU HUTANG JANGAN SK 1a SAMPAI 4b DIMASUKAN KE BANK SEMUA . AKHIRNYA BINGUNG ANDA . APA LAGI YANG ANDA MASUKAN KE BANK . ESTRIIIIIIIIIIII KALI.

      Hapus
    3. ini yg balas disini ko cara bicaranya kurang etika ya .

      Hapus
    4. Sekali Lagi Kami Menghimbau Bagi Bapak Saudara Sekalian yang berkomentar supaya supaya mencantumkan identitas diri,dan yang paling perlu berkomentarlah dengan nada yang sedikit bijaksana.ntar blog saya jadi ajang pertengkaran nanti,kalau ditutup sama google gimana??

      Hapus
  47. Percuma juga ya teriak-teriak sama bung menteri ini ? Toh beliau yg terhormat kagak bakal baca ni blog.

    Ngenes memang klo berharap atas janji para pembuat kebijakan ini. Yang rupanya sudah jadi kebiasaan kayak makan kecap.
    Klo di bawa ke ranah hukum, kenapa kita tdk buat tututan atas ke-ingkar janji-an mereka pembuat kebijakan ini.

    Ingin rasanya bakar tuh sertifikat sertifikasi ini di depan hidung mereka, agar mereka paham tentang arti profesionalisme. Dimana kita hrs mati-matian agar bisa menyandang "Profesional".

    Negara ini butuh orang-orang revolusioner, yang sanggup merubah tatanan budaya "Sepanjang bisa dipersulit mengapa harus dipermudah", birokasi katagori brengsek yg dulu didengungkan oleh para calon penguasa akan dipangkas ... ? Bohooong besar!!!

    Negara ini butuh manusia-manusia provokator klo memang mau berubah dan merubah nasib lebih mudah !!

    Hentikan omong kosong tentang data yg tidak valid/lengkap !!!, realitanya tidak diusahakan untuk diberitahukan/diumumkan kepada individu yg memang datanya tidak lengkap. ("Sepanjang bisa dipersulit mengapa harus dipermudah")

    Bapak/Ibu ... bersedihlah dari hari sekarang, tentang urusan "Tunjangan Sertifikasi" ini, agar nanti ke depan anda sekalian tdk perlu lagi berduka atas keterlambatan dan ketidak pastian pencairan.

    Didiklah para murid kita untuk menjadi manusia-manusia "revolusioner" sebab salah satu tujuan pendidikan di negeri ini adalah "Membendung tingkat pengangguran yang setiap generasi %tasenya terus meningkat" dimana pemerintah tidak sanggup menciptakan lapangan pekerjaan setiap tahunnya.
    Jangan membodohi diri sendiri, ini realitanya ...

    Salam ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangankan Kita berkomentar di Blog Blog Pak, kita ngamuk demo di depan hidung matanya aja, nggak ada tanggapannya, anggak ada solusinya.
      tapi ndak apalah,ketimbang ndak dikeluarin,bikin sakit hati.

      Hapus
    2. PGRI KOK DIAM AJA YA NGGAK BERGERAK,HARUSNYA KITA BARIS KE SENAYAN YA,

      Hapus
    3. Huh.. Pejabat Diknas.
      Sebenarnya PGRI sudah bergerak Pak,tapi mau bagaimana lagi, pergerakannya cuma Maju Mundur, habis itu..!! Maju Mundur Lagi, gitu aja pergerakannya. paling banter keliling ditempat. Wong, Kekuatannya anggak ada tu PGRI.

      Hapus
    4. DIAM GIMANA BAPAK ITU . PGRI BERGERAK TERUS PAK . NYATANYA SUDAH JALAN2 KE TAIWAN , KEHONGKONG , MUANGTHAI PESEN GAJAH ,KE KOREA PESAN BLUE BERRY
      .HASILNYA ANDA LIHAT SEKARANGA SUDAH BERI BERI SEMUA

      Hapus
  48. Harapan komentar kita dibaca oleh Bapak Manteri,atao pejabat lainnya,mungkin saja ada.
    Tapi kalau anda berharap komentar anda langsung ditanggapi oleh mereka-mereka ini,uh..mustahil.karena menanggapi keluhan para guru atau rakyat dengan cepat, itu bukan type pejabat pemerintahan indonesia.pusat juga gitu, apalagi pejabat di daerah,bisannya cuma cengar cengir cengengesan,data kurang lengkaplah,menunggu ini menunggu itu,mereka sama sama tidak punya perasaan terhadap kesusahan kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa berarti mereka sudah SUMMUM BUKMUM LA YARJIUN

      Hapus
  49. betul juga ya bia direnungkan. pak menteri tugasya tidak baca di bog ini.pejabat dikbud tugasnya juga tidak baca blog ini. percuma ya kita nulis disini. iya ya paling2 lihat blog ini hanya cengengesan. kok bisa ya . janji april nyatanya tidak ada , lama lama seperti lisingan speda motor. bola bali di janjeni. pada hal kita guru ya . masih dibodohi .sama orang lain. aku juga heran tiap tpp mau cair ada saja masalah. apa gak pernah dibenahi ya. apa isinya mungkin kalo seorang ..../pejabat /datang kesuatu sekolahan dapat uang saku terus pulang dengan harap sampai rumah dapat membelikan sesuatu untuk istri ke 2 ya. aku sekali lagi heran.lho. nasib nasib jadi bu guru.

    BalasHapus
  50. zaman sekarang kemana LARINYA : ING NGARSA SUNG TULADHA .ING MADYA MANGUN KARSA .TUT WURI HANDAYANI . sudah hilangkah semboyan diatas. sudah tidak dipakai lagikah semboyan diatas untuk JAJARAN PENDIDIKAN . zaman sekarang kok banyak KEBOHONGAN2.siapakah yang BOHONG ?????

    BalasHapus
  51. enak jadi bu guru .masih ada pak guru . coba jadi pak guru yang istrinya nganggur . membiayai anak kuliah ,sekolah , dll ,jadilah pak guru hancur. atau mendapat julukan pak remuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar sabar guru itu harus banyak berdoa,buat anak kandung,anak murid ,pak mentri,juga buat semua penguasa spy mudah berjanji mudah mengingkari he3,salah ya,sedikit berjanji banyak menepati.maksudku

      Hapus
    2. PAK MENTERI DULU TIDAK BERJANJI , TAPI WAKTU DIANGKAT DIA BERSUMPAH. MAKANYA PAK MENTRI TIDAK PERNAH BERJANJI. KALO BERJANJEN DI PONDOK PESANTREN.

      Hapus
  52. PAK GURU SEMBOYANNYA , ING NGARSA SUNG TULADHA , ING NGARSA MANGUN KARSA , TUT WURI HANDAYANI . MAKSUDNYA DIDEPAN PAK GURU HARUS MEMBERI CONTOH. YA CONTOH NERIMO , YA CONTOH MELARAT , YA CONTOH SEDERHANA, MANGKANYA BIARPUN TPP GAK CAIR YA KITA TERIMA AJA, YANG BUTUH KAN GURU BUKAN PAK MENTERI. JADI PAK MENTRI YA TENANG2 AJALAH. @ BIARPUN GURU MENGGERUTU , PAK MENTRI TETAP GUMUYU . YA GAK PAK MENTRI M. NUH.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat mengajar sy peringati siswa supaya rajin belajar agar kehidupannya besok lebih baik,sejahtera,kebutuhan selalu terpenuhi.lantas balik bertanya. Pak kok kehidupan bapak gitu-gitu aja dari dulu,kan pak guru sudah lama belajarnya.
      MasyaAllah..
      Susah memang jadi guru kalau kehidupan pas-pasan,tak ada yang bisa dijadikan contoh

      Hapus
    2. Sudahlah Pak, jangan ungkit-ungkit semboyan lagi.bingung kita. gini aja, kalau mau penghasilan bagus,banyak duit. jangan kerja di sekolah jadi guru, kerja dikantor pemerintah Indonesia saja,disana banyak sumber uang aja'ibnya.Buka Pintu dapat uang,tutup pintu dapat uang, bersalam-salaman dapat uang,bisik bisik dapat uang,kedipin mata dapat uang,ini baru pemasukan di kantor,belum dirumah pak.

      Hapus
  53. MELIHAT , MEMBACA DAN MENGANALISA. ternyata yag dinamakan GURU sejak tahun 1970 sampai sekarang juga sama . bedanya kalo tahun 70 , golongan 2a dpt bayar Rp 16 800,- kalo sekarang Rp 1 500 000 ,- , tapi sekarng golongan 2 untuk guru saya kira tak ada. sebab anak sekarang sekolahya tinggi .umumnya lulusan S1 , S2 , S teler ( karena S nya didapat hanya 1 atau 2 tahun ) . APA ADA ? Introspeksi diri aja masing masing. Kuliah 1 minggu masuk 1 kali. NAH INI YANG MENJADI PIKIRAN SAYA ? * KENAPA MULAI TAHUN 1970 S/D 2012 = 42 TAHUN LAMANYA . AKU AMATI DUNIA PENDIDIKAN SAMA SEKALI TIDAK ADA KEMAJUAN SAMA SEKALI ? SUDAH BERAPA KALI GANTI MENTRI , MULAI BPK SOEMANTRI BROJONEGORO SAMPAI BPK MUHAMMAD NUH SEKARANG. ADA APA ?????????????????????????????????????????????????????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda anda ini adalah pendidik,pemerintah disini Kemendiknas dan Kemenag selau berupaya bahkan sampai sekarang mengusahakan untuk tetap menjaga kesejahteraan para pendidik,baik melalui kucuran dana TF,Dana Sertifikasi,dan bantuan dana lainnya. dimana semua ini pemerintah masih berupaya untuk menyalurkan dana itu semua yang tentunya tidak lepas dari mekanisme penyalran dana yang sudah ditetapkan.mengenai keterlambatan penyaluran dana itu semua dikarnakan adanya banyak temuan temuan DATA YANG DIMANIFULASI oleh guru itu sendiri yang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
      untuk itu mohon kepada saudaraku sekalian untuk sedikit bersikap bijaksana,jangan selalu menyalahkan pemerintah,kemendiknas dan kemenag selalu memperjuangkan hak-hak para guru.terima kasih

      Hapus
    2. Anda ini siapa ? memang tidak ada hak para pendidik ngomong lantang ? Justru pendidik jaman sekarang harus mendidik didikannya menjadi manusia-manusia lantang yang berani mengkoreksi dan meluruskan situasi yg berjalan tidak benar!! Kalau banyak temuan data dimanipulasi, sistem yg disodorkan sepertinya memang dirancang terciptanya manipulasi! coba pikirkan lagi, 24 jam kewajiban, apakah ini dapat dipenuhi oleh setiap guru ? belum tentu bung ! rombel sekolah kecil pasti sedikit. Siapa yg menciptakan harus 24 jam ?.. Dulu PNS saja hanya kena wajib 18 jam dah kelimpungan kekurangan jam ngajar. Anda sepertinya bukan orang lapangan (guru). Jadi kewajiban anda mengkoreksi data valid/tdk valid ? kalau terjadi tdk valid, apakah anda memberitahukan kepada individu/guru yg bermasalah tersebut ? ... Sudah pasti tidak ...
      Jangan cuma bilang mengusahakan untuk menjaga kesejahteraan para guru, harusnya anda berkata "kewajiban kami !!" karena kalau tidak anda sudah melanggar undang-undang.
      Aku sudah mengira dari awal bahwa mendiknas sekarang akan lebih baik dari sebelumnya, karena terlihat sebagai manusia jenius. Tapi kisah lucunya adalah: "mengharuskan pencairan TPP pd bulan april 2012 untuk setiap daerah", dan daerah menolak karena SK pencairan belum di tanda tangani ... ha ha ha !! jadilah alasan paling kelasik mengambil keuntungan dari bunga Bank.
      Salam

      Hapus
    3. Siapa yang menyepakati kebijakan Tatap Muka wajib 24 Jam.ini kebijakan yang tidak manusiawi,ini kebijakan yang menyebabkan terjadinya permasalahan di setiap sekolah,mustahil semua guru indonesia dapat menikmati dana sertifikasi kalau megacu kebijakan 24 jam. Kalau mau menghargai guru buat kebijakan yang biasa-biasa saja,ini demi kemajuan pendidikan di Indonesia.
      Itu juga pejabat di Daerah Kabupaten,jangan terima dana sertifikasinya dari pusat ,kalau memang tidak bisa langsung disalurkan.
      masalahnya kalau uangnya sudah turun ke daerah,urusan administrasi guru pasti banyak yang kurang atau bermasalah.

      Hapus
    4. Maaf ya, Tatap muka 24 jam, bagi guru SD pasti terpenuhi, coba hitung saja 10 mata pelajaran wajib masing-masing mata pelajaran minimal 2 jam pelajaran bahkan ada yang 4 jam ( IPA ) 5 jam ( Matematika ) 6 jam ( Bhs Indonesia )3 jam
      ( IPS , sebab guru SD Borongan.
      Sementara guru SMP/SMA yang rajin pasti akan terpenuhi pula coba hitung; Mata pelajaran X tatap muka X jumlah kelas yang ada + tugas tambahan dari sekolah cukuplah. Katanya profesional, maka tunjangannyapu disebut tunjangan Profesional. Selesaikan dulu kewajiban semoga hak akan mengikuti. Terima kasih

      Hapus
  54. la opo rek kon dadak nesu , iku ngono mung saran kanggo introspeksi , gak sah tanggepi karo ati mangkel rek rek . kanggo kontrol cek e luwih apik rek .dadi ngarepe gak telat2 rek pencairane. santai ae ndang dirampungno lah gaweane . tak dongakno ndang rampung.masalahe .

    BalasHapus
  55. jangan mau uangnya aja, kerja yang bener, buat RPP. buat tindakan kelas, buat contoh yang baik bagi peserta didik

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah spt guru sungguhan aja , orang guru jadi2an aja.
      RPP = Rencana Pembayaran Pajak sudah buat bung.
      PTK sudah buat , memberi contoh anak didik sudah dilakukan. mau buat apa lagi ?

      Hapus
    2. kalau usaha sudah semua tapi nggak cair juga tuhan yang akan mengazab ya atau dusta, ingat amanat !

      Hapus
  56. cepetan donk dicairkan ....aku mau buat DP X-Trail...
    kan gagah kalo guru pake Xtrail...jgn pjbt aja....

    BalasHapus
    Balasan
    1. angan2 yang cocok . aku juga mau buat CBtrail untuk menyaingi para penjahat. e e e kliru katanya pejabat

      Hapus
  57. Yak opo mas nuh . cen e tak amati nang daerah2 . tpp guru durung metu .guru podo gelisah mas nuh. gak iso coment lah . wis tak dongakno anak buah pean leh nyambut mbenahi data ndang rampung. ndang iso cair tpp ne konco konco guru .cene rodo kacao neng ngisoran mas nuh .wasalam

    BalasHapus
  58. berdasar surat diatas , dana sudah terkucur dari pusat ke daerah kabupaten/kota. berarti kendala keterlambatan pencairan tpp sergur terletak pada daerah :
    KENAPA TERLAMBAT ? APAKAH MUNGKIN ?
    1. KE AKURATAN DATA PNSD SUATU DAERAH KAB / KOTA
    2. ATAU MUNGKIN DENGAN SENGAJA DI TERLAMBATKAN PENCAIRAN TPP , SEHINGGA BUNGA DI BANK SMAKIN TAMBAH , SEHINGGA DAPAT DIAMBIL KEUNTUNGANNYA.
    3. APA MUNGKIN INI MEMANG KESEPAKATAN PEJABAT DAERAH JAWA , BALI , KALIMANTAN , sebab akhir APRIL itu memang ada pertemuan pjbt2 DIKBUD kabupaten / kota se JAWA . BALI . KALIMANTAN.
    4. Kenapa tender BANk yang di gunakan untuk penyaluran selalu ganti2
    5, TPP diawali 2006 sampai 2012 , kenapa dalam jangka sekian tahun kok masih ruwet.
    8. smoga dengan ini dapat digunakan intropeksi bagi PEJABAT yang berwenang . terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kepada teman-teman guru yang saya sayangi, kalau memang ada dugaan bahwa TPP dibungakan dulu, berbahgialah kita guru-guru karena kita dapat menyumbang kepada para pejabat yang mestinya menyumbang kepada dunia pendidikan, tetapi kalau dugaan itu ternyata tidak benar, maka sangatlah berdosa kita karena kecurigaan kita yang tak terbukti.

      Hapus
  59. Besuk saat nya anak didik kita yang SD menempuh UN. Melihat perjuangan anak kita yang mau menempuh ujian nasional di daerah pinrang ( daerah terpencil ).sangat menyedihkan. Untuk Menempuhnya anak kita harus berjalan 50 km.Berangkat minggu pagi jam 07.00. dengan bawa bekal kayu bakar ,beras , ayam , semuanya untuk bekal makan 3 hari.LA IYA GAMBARAN SEPERTI ITU KOK DIKATAKAN MAJU DUNIA PENMDIDIKAN KITA ? KASIAHAN ANAK DIDIK DI DAERAH PINRANG.
    MUNCUL ANGAN 2.
    1. MENYEJAHTERAKAN ANAK DIDIK AJA BELUM DAPAT APALAGI ORANG TUANYA ( GURU2NYA )
    2. TOLONG PAK MENTRI ITU ANAK2 KITA , HARAPAN BANGSA KITA PERHATIIN DONG. KASIHAN DIA.
    3. ISTILAH JOWO " ANAK POLAH BOPO KEPRADAH " .MASAK BAPAK NGGAK NGELUS DADA MELIHAT ANAK KITA YANG MAU UJIAN SD BESUK HARUS BERJALAN 50 KM. BELUM DAERAH DAERAH TERPENCIL LAINNYA . KASIIIIIIIIIIIIIIIHAN ANAK BANGSAKU ERA DEMIKIAN MASIH SEPERTI JAMAN BELANDA DULU.
    4. MENGAPA ? KENAPA ? ADA APA ?DIDALAM LINGKUP DEPDIKBU YANG ANGGARAN NYA BESAR KOK MASIH ADA SEPERTI ITU YAAAAA ?

    BalasHapus
  60. Assalamu'alaiku Wr.Wb.
    mohon dari pimpinan pusat dan kususnya dari guru swasta yang mengajukan impasing diperhatikan karena setelah saya amati banyak dari guru yang sudah layak mendapatkan sk impasing belum dapat juga sampai mengajukan 3, 4x pengajuan dan untuk tpp guru yang yangseharusnya sudah cair masih menunggu dan belumada kepastian yang benar samapai 1 bulan lebih apakah guru swasta sering ditinggal dan sering tidak diperhatikan sama pemerintahan khususnya didunia pendidikan hanya dipandang sebelah contohnya seperti daftar base K2 ada daerah yang tidak dimasukkan oleh diknas/pemda setelah ditelusuri tidak masuk seluruh guru swasta yang ada disana data terebut nyakkut dimana atau daerah tidak mau kalau K2 diisi oleh guru - guru swasta yang sudah memenuhi syarat. ini dari komunitas guru swasta yang ada dimagetan yang sekian hari terus menangis.... apa salah dan dimana salah....

    BalasHapus
  61. O alah nasib nasib dadi guru TPP gak metu2

    BalasHapus
  62. Sekali Lagi Kami Menghimbau Bagi Bapak Saudara Sekalian yang berkomentar supaya supaya mencantumkan identitas diri,dan yang paling perlu berkomentarlah dengan nada yang sedikit bijaksana.ntar blog saya jadi ajang pertengkaran nanti,kalau blog saya ditutup sama google,atao disabotase sama orang,kan bingung saya.

    BalasHapus
  63. Ya itu bapak2/ibu dengan tendensi ingin menyejahterakan para pendidik ternyata sekarang malah jadi tempat masalah/manipulasi n korupsi.
    Kenyataan sampai sekarang 21 mei 2012 tidak ada batang berita yang nongol sama sekali. Pak menteri berkata " TPP harus cair bulan april " ,tapi kenyataan NOOOOOOOOOOOOOOL BESSSSSSSAAAAAAAAAAAAAAARRRRRRRRRRR.
    Terus yang aku renungkan ,
    1. Sebetulnya yang BOHONG pemerintah ( jajaran depdikbud ) atau pak guru.
    2. Kalau pak guru banyak yang bohong terus anak didik jadinya apa ? BERARTI TIDAAAAAAAAAAAAK MUNGKIIIIIIN.
    3. Kalau TPP tidak lancar untuk apa pak menteri n jajaran depdikbud , tiap tahun diadakan PLPG. Hanya menembah beban pak menteri.
    4. Dari pada menjadi BEBAN PIKIRAN para bapak/ibu guru yang mau menerima TPP , hapus aja pak menteri.
    BUAT APA TPP KALAU HANYA MEMBUAT TAMBAH STREES.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Menteri, Hapus aja program sertifikasi guru. kita selaku guru akan tetap mengajar kok Pak menteri. ketimbang guru dijanjikan bulan depan-bulan depan,ndak ada habisnya tu bulan.
      Srius Pak Menteri,dihapus aja. masalahnya ini Program cuma tempat cukong-cukong cari kesempatan,jadi kalau Bapak Menteri mau mengurangi pergerakan para koruptor,salah satunya ya menghapus program sertifikasi guru

      Hapus
  64. YTH Cak Nuh
    Cak Nuh aku nonton nang SCTV ono tulisan " MENDIKBUD TIDAK NGERTI KALAU DANA TUNJANGAN TPP TELAT PENCAIRAN NYA.ADA MASALAH APA "
    Cek ne ngerti yo cak ,asline guru2 ono daerah podho resah . opo sebabe . ngene cak nuh. Bagi PNSD pencairan kan lewat daerah . Cak nuh njelasno no berdasar surat pean cak, tgl 25 maret 2012 pencairan TPP tahap I harus pada bulan april 2012. Ning kenyataanne adoh cak . sampai tgl 22 mei 2012 iki wae gurung ono sing cair.
    OPO SEBAB E.
    1. Tak telusuri cak jare ,teko jajaran depdikbud ono sing kondo jare SK pencairan belum keluar.
    2. Dana TPP sing sampean transfer nang daerah kandhane poro penerima disimpan dulu di BANK setempat oleh penguasa daerah bekerja sama Ka Dikbud.
    3. Ono sing aneh meneh Cak nuh .
    GURU2 ono daerah tiap ono dana TPP utowo dana kelebihan dikongkon mbukak REKENING BARU.
    Dadi Cak guru2 daerah iku sugih rekening BANK . tapi duite gak ono cak,Ono Cak Nuh, Guru iku pertama terimo TPP rekeninge teko BANK BPD , mari ngono ono kelebihan 1 bulan kae di kongkon mbukak REKENING ONO BRI maneh .
    Lho iki lo Cak NUH . TPP tahap I tahun 2012 sing pean jelasno tgl 25 maret 2012 cair bulan april iko .
    PORO GURU DAERAH dikongkon bukan REKENING BRI maneh.
    4. Tak pikir guru daerah koyo di gae permainan karo PEJABAT DAERAH ( BUPATI ) + Ka Dindik setempat.
    5. YAK OPO SE CAK NUH ATURAN SING BENER KANGGO TPP IKU, MELAS BANGET CAK NUH GURU2 SING NGENTENI TPP CAIR. MELAS O CAK CAK NANG GURU2 DAERAH NDANG DICAIRNO LAH , TEMEN CAK NGESAKNO REK GURU2 SING ONO DAERAH MUNG DADI KORBANE MAFIA PENCAIRAN TPP.
    Selamat bekerja cak . Tambak Sari 22 Mei 2012

    BalasHapus
  65. Pemerintah seperti enggak ikhlas memberikan tunjangan kepada guru banyak neko-nekonya harus bikin rekening yang barulah harus pindah banklah ribet jadinya "omong kosong pemerintah mau mensejahterakan guru" nyatanya sampai hari ini tunjangan sertifikasi nggak nongol-nongol apa perlu disodok,padahal semua guru sudah melaksanakan tugasnya tanpa pamrih dalam mendidik anak bangsa,istigfar paaaaaaaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkkkkkk !!!

    BalasHapus
  66. Pemerintah sepertinya sudah enggak ikhlas memberikan tunjangan kepada guru,mereka lebih senang uang negara dimakan ama para koruptor nyatanya segalanya dipersulit harus bikin rekening barulah,pindah banklah,ribet jadinya "omong kosong mau mensejahterakan guru nyatanya sampai detik ini tunjangan enggak turun-turun " padahal uang tersebut sangat dinanti-nantikan oleh para guru,apalagi bagi guru yang punya anak mau kuliah,uang tersebut sangat berarti bagi mereka,apakah semua pejabat sudah tidak punya hati nurani???????????????????????????????????
    atau sengaja uangnya ditimbun buat dibungakan,istigfar pak itu uang riba!!!!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  67. yak opo kabare konco2 guru ? wis cair ta TPP nang daerah ? aku iki ono daerah pucuk nggunung LAWU. posisi ono kutho MAGETAN. SAMPAI TANGGAL 29 MEI 2012. DAERAH MAGETAN NUNGGU " JANJI BOHONG TEKO KA DINDIK ., Drs Bambang Triatmojo M.Mpd.
    Ngesakno Cak Daerah MAGETAN sampai pagi ini tgl 29 mei 2012. BELUM CAIR.
    Atene cair mung 2 wulan ,kandane salah siji GURU magetan.NING NUNGGU TANGGAL PIRO GAK NGGENAH CAK. METUNE ?
    Iki ta sing dijenengke MANIPULASI DATA , PO KORUPSI DATA , PO KORUPSI DANA ?

    BalasHapus
  68. per bulan ...per 3 bulan semuanya janji palsu...dari BRI pindah ke BNI untuk memperlancar...tapi kenyataannya sampai bulan sekarang guru2 dibawah Kemenag Kota Bandung belum juga turun ...jalan2 kemanakah dulu uangnya...???

    BalasHapus
  69. Bpk menteri tolong pencairan dana sertifikasi sebaiknya langsung transfer ke rekening masing masing yang berhak menerima ,karena di kota Batu (Jatim )tunjangan profesinonal guru triwulan 1 2012 sampai saat ini (untuk SMA ) belum keluar.Tolong dikirim KPK untuk menyelesaikan masalah ini.Kami siap dialog .

    BalasHapus
    Balasan
    1. La iyo cak/ konco2 guru , yen diwenehke ANGELINA SONDHAK Cs ae GAK EMAN , ning yen kanggo kesejahteraan poro guru ae EMAAAN BANGEEET, kathik nggawe proses sing tetek mbengek, NGENE DUNIA PENDIDIKAN INDONESIA KOK KON MAJU. UMAR BAKRI , UMAR BAKRI sejak jaman BELANDA sampai MERDEKA 67 TAHUN hanya untuk PROYEK PEJABAT.

      Hapus
    2. KUTHO BATU SMA PIRO CAK ? Enake ngene lho cak berhubung sampai sekarang belum cair , seharusnya para guru seluruh indonesia mengadakan DEMO / MOGOK kerja, Sebab sekarang PGRI pun sudah tidak berfungsi/ tidak ada gunanya.maunya hanya uang tarikan. AYO KONCO GURU SE INDONESIA PODHO MOGOK KERJA ,SAMPAI HAK TPP KITA LANCAR.
      Kita hanya digunakan sbagi ALAT KORUPSI PEJABAT DAERAH.

      Hapus
    3. aku setuju mogok biar pejabat pemda sing mulang nek perlu Kantor Pemkot/pemkab di bredel ok

      Hapus
  70. Yth. Bapak Menteri
    sampai sekarang tunjangan sertifikasi di Kab. Sumenep belum dicairkan, dengan seribu alasan yang kami terima, sebaiknya tunjangan sertifikasi jangan melalui rekening Kab./kota tetapi dari pusat langsung ke masing-masing rekening penerima tunjangan sertifikasi sebab di daerah terlalu ruwet dan berte-tele

    BalasHapus
  71. pak, saya mau tanya. Pencairan dana sertifikasi untuk wilayah kabupaten malang itu kapan ya? Soalnya saya lulusan sertifikasi guru th 2011 sub rayon 144 UMM, katanya cair bulan april, tapi kok belum ada konfirmasi lagi kapan dana akan benar2 diberikan kepada guru2 yg lulus sertifikasi th 2011 itu..
    Winarti_ Kabupaten Malang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dana Untuk Semua daerah sebenarnnya sudah siap,untuk pencairan dana diperlukan data yang tepat dan akurat.pada saat ini pencairan dana tidak merata disetiap kabupaten,ada yang sudah dan ada yang belum,ini semua tergantung kemampuan petugas dikabupaten mengolah data pemberkasan guru.
      Dan ada kemungkinan nanti pencairan dana akan dialihkan dari pusat langsung kerekening guru,kalau pencairannya selalu terlambat seperti sekarang ini.

      Hapus
    2. semuanya tergantung niat baik dari pihak yang berkompeten. jangan ada niatan memanfaaatkan kesempatan.....

      Hapus
  72. pa menteri sy guru honor swasta, mohon diperhatikan saya mengabdi sudah 15 tahun.. kapan PNS nya... trus sy ingin pencairan sertifikasi setiap bulan... jadi sy beserta semua guru2 swasta sejahtera... semua... mhn keadilan pa...

    BalasHapus
  73. Bapak Menteri terhormat, ada lagu yang cocok buat kami nih.. Coba Bapak simak ya.. Iwak peyek iwak peyek nasi kunir/ sampai tuwek sampai tuwek/ TPP tidak cair-cair.. salam hormat dr kota pendidikan

    BalasHapus
  74. sabaaar...,saaabar....,sabarrrr tanpa batas...,ngono jero atiku rek...,ngenteni dana sretifikasi.

    BalasHapus
  75. TAI thok , hanya janji janji,memang paling enak dan empuk TPP dijadikan PROYEK/OBYEK PENGUASA DAERAH 9 KA DINDIK dan BUPATI ). DEMOOOOOOOOOOOOOOO KONCO2 GURU MOGOOOOOOOOOOOOOOK HARUS DIJALANKAN.

    BalasHapus
  76. HALO KONCO2 GURU MAGETAN ? WIS CAIR TA TPP NE ?

    BalasHapus
  77. podo sing sabar ya konco2 guru olehe ngentheni caire dana sertifikasi guru...tenang...duwite ora bakal ilang...

    BalasHapus
  78. pencairan TPP yang lewat salah satu Bank Di Bondowoso Kacau balau.... rekening di Bondowoso turunnya bisa Di Blitar, ada yang muncul di rekening Senayan Jakarta...
    Kok Bisa ya??? Bank sebesar itu sekacau itu???
    lagian mau pakai rekening lama gak boleh... para guru diwajibkan buka rekening baru dengan nomor rekening baru pula
    apakah setiap pencairan TPP mesti buka rekening baru lagi???
    siapakah yang berwenang menegur bank ini yang terkesan menghambat-hambat cairnya TPP????
    ini yang terjadi di BRI Bondowoso

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan Bank nya bapak2 yang membuat lambat . Yang membuat lambat ya tergantung Ka Dindik dan Bupati setempat. bapak. Kalo Bank ada perintah dari Bupati dan Ka Dindik langsung di kerjakan.bapak.
      Inilah yang dinamakan MAFIA TPP SERGUR bapak.

      Hapus
  79. kita memang harus lebih sabar enanti cairnya tunjangan sertifikasi, tapi alangkah baiknya jika tunjangan tersebut disalurkan langsung dari pusat ke rekening masing-masing guru, sekarang sudah Juni.....

    BalasHapus
  80. Apa kata dunia dalam dunia pendidikan setelah diketemukannya beratus ratus ijasah aspal setingkat S1 dan S2 di jawa timur. Ternyata sekarang lebih jelas dan lebih kelihatan ternyata MAFIA DALAM DUNIA PENDIDIKAN TIDAK HANYA DALAM SISTIM PEMBAYARAN TPP SERGUR SAJA.
    Ternyata dalam memperoleh Ijasah yang tinggi pun juga banyak MAFIA MAFIA IJASAH.
    1 Bagaimana Dunia PENDIDIKAN kita akan maju ? untuk mendapatkan ijasah ijasah yang lebih tinggi sangat mudah.
    2. Cukup kuliah masuk 1 minggu 2 kali sudah dapat tambahan nama Spd maupun M.Mpd.
    3. Dengan demikian bagaimana seorang pendidik dapat menguasai 4 syarat kompetensi guru supaya menjadi profesional ?
    Pada hal katanya guru yang profesional harus memiliki 4 syarat kompetensi yang meliputi :
    a. KOMPETENSI PEDAGOGIS
    b. KOMPETENSI PROFESIONAL ( PENGUASAN BIDANG ILMU YANG DIAJARKAN )
    c. KOMPETENSI SOSIAL
    d. KOMPETENSI KEPRIBADIAN.
    Kasihan anak cucuku yang dididik oleh makluk makluk yang hanya POTONG KOMPAS dalam MERAIH sebuah NAMA/GELAR hanya untuk mendapatkan DANA TPP SERGUR.
    Ayo CAK NUH di Cek lagi tuh nang jajaranmu , ojo kok jarne ae CAK.
    Ngesakno arek arek sing sekolah/kuliah temenan CAK NUH.
    Yak opo cak saiki akeh wong cilik wis gak percoyo barek wong gedhe cak cak.
    KANDHAMU TPP SERGUR CAIRE 3 SASI , NJEKETHEK CAIR 2 SASI. SAMPEAN KANDHA CAIRE SASI APRIL, TEKOK NGISOR CAIR E SASI JUNI.
    Anu ta cak saiki TEKOK JAKARTA NANG SUROBOYO PERJALANANE 3 SASI TA , BEKE SEPUR KARO BIS PODHO MOGOOOOK TA CAK. Wasalam.

    BalasHapus
  81. Cocok omonge rikho, jarak jakarta nang malang saiki butuh waktu 6 sasi, mulane tpp ne nyantol nang stasiun, sampai saiki ora teko-teko

    BalasHapus
  82. salut untuk pak menteri yang membuat aturan kalau tpp harus cair bulan April dan dirapel 3 bulan...sayangnya tpp dalam perjalanan ke daerah sering mampir ke daerah lain jadi sampe hari ini pun belum nyampe ke daerah

    BalasHapus
  83. Sopiandi, Kab.BangkaTengah Sampai hari ini tpp kami belum juga cair dan menurut informasi akan dicairkan dulu utk 2 bln saja yaitu Jan dan Februari 2012, mengingat dananya tidak cukup, demikian menurut pejabat di diknas Bangka Tengah. Tolong Bapak Menteri tinjau kembali karena uang tpp mutlak hak guru se kab bangka tengah. Atas perhatian Bapak diucapkan terima kasih.

    BalasHapus
  84. assalamu alaikum Cak Nuh
    Lha ngene iki lo cak ono sing sambat maneh yen tpp ne gurung cair. iku konco2 guru ono bangteng ( bangka tengah ) gurung cair Cak tpp ne.
    WIS TA LAH CAK GAK SAH SUWI SUWI , NUNGGU OPO MANEH . CEPETAN TA LAH MEKANISME PENYALURAN TPP GURU DIAMBIL ALIH KARO PUSAT CAK.
    Ngesakno konco2 guru sing ono daerah caK . DI GEMBOSI ,DI BUJUKI , DI MAFIA NI karo PEJABAT DAERAH CAK .
    NEMEN CAK ANAK BUAH SAMPEAN NANG DAERAH , WIS GAK DUWE ROSO KEMANUSIAN YANG ADIL DAN BERADAB.
    AH KESEL CAK NGOMNGI SAMPEAN .
    cepetan lah " MEKANISME PENYALURAN TPP SERGUR DIAMBIL ALIH PUSAT, MUMPUNG GURUNG BOSOK CAK NUH CAK NUH.
    wasallam

    BalasHapus
  85. Pak Menteri Yth :
    kami di Kota Padang sidimpuan pencairan tunjangan sertifikasi,tersendat,,Desember 201o tinggal 1 bulan belum dibayar,bulan juni 2011 juga belum dibayar,,sementara diknas berkilah bahwa juni 2011 katanya sudah dibayarkan,alasan nya melalui BRI,,des 2011 dibayar berdasar sk dirjen pertambahan tunjangan gaji pokok,,,utk periode I 2012,,kami dibayarkan hanya 2 bulan berarti tinggal 1 bulan,,alasan mereka uang kurang dari setoran pusat,,,
    mohon kiranya utk selanjutnya jangan lagi daerah mencairkan sertifikasi,,lebih baik langsung dari pusat

    BalasHapus
  86. Tunjangan fungsional saya tahun 2011 belum cair sampai hari ini sehubungan dulunya rekening banknya bermasalah, padahal sebelum dana tunjangan itu dicairkan rekening bank saya sudah diperbaiki sesuai prosedur, jadi bagaimana caranya agar dana itu cair dan kepada siapa dan bagian apa saya harus mengadu di tingkat profinsi atau pusat

    BalasHapus
  87. Pak Menteri yang Kami Hormati,

    Kami MOHON dengan SANGAT MEMOHON.
    Pembayaran Tunjangan Profesi Guru yang telah lulus sertifikasi TIDAK LAGI MEMLALUI pemerintah PROVINSI MAUPUN KABUPATEN/KOTA, LANGSUNG SAJA DIBAYARKAN DARI KEMENTRIAN PENDIDIKAN (kerena banyak kecemburuan sehingga menimbulkan kecurangan).

    Kami dari daerah KALIMANTAN BARAT (khusunya untuk angkatan kelulusan 2007 dan 2008 pembayarannya (2008 - 2009) terdapat banyak kekurangan, tidak memperhatikan perubahan Gaji baik secara BERKALA maupun kenaikan Gaji DENGAN INPASSING, TETAP DIBAYAR DENGAN GAJI POKOK YANG LAMA.

    Biaya mengikuti PLPG selama 10 hari (menurut informasi dari DIKNAS Provinsi Kalimantan Barat) DIBEBANKAN/DIBAYAR kepada/oleh setiap peserta PLPG dengan DIPOTONG dari pembayaran tunjangan sertifikasi dengan total 3 (tiga) bulan pembayaran pertama.

    Harap Pak Menteri meminta KPK untuk melakukan PEMERIKSAAN secara keseluruhan mulai dari pembayaran tahun 2007, 2008, 2009 sampai sekarang 2012.
    Dan Kami di daerah Kalimantan Barat (Kabupaten Pontianak), untuk pembayaran Januari - Juni 2012 hanya dibayarkan untuk 3 (tiga) bulan saja (Januari - Maret 2012, itupun belum kami terima), sedangkan untuk April - Juni 2012 tidak ada kejelasannnya.

    SEMOGA PAK MENTERI MEMBERIKAN PERHATIAN DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH, JANGAN HANYA SEKEDAR MELAKUKAN PENCITRAAN.

    SALAM HORMAT,
    GURU KABUPATEN PONTIANAK, KALIMANTAN BARAT.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya Mudahan saja keinginan kita selaku guru terpenuhi, kita tunggu aja sampai bulan Juli mendatang, karen kemungkinan besar Pembayaran Tunjangan Guru Diambil Alih oleh Pusat. ini janji Pak Nuh Lho..

      Hapus
    2. Amien yaa Robbal 'alamien. Harap diketahui, di Kabupaten Kuningan Jawa Barat, untuk tahun 2012 sampai dengan hari ini baru dibayarkan 2(dua) bulan.

      Hapus
  88. Yth.P.nuh, persoalan TPP paling ngadat Kab Malang TA2011 kurang 2 bln, 2012 cair 2 jika menurut Kemendiknas ditransfer 3 bulan maunya Pemda Kab Malang itu apa ? jangan salah kan para guru jika ada demo besar-esaran untuk menuntut hak nya dan jangan salah kan jika Kantor Pemkab Malang nantinya Lumpuh untuk beberapa hari bahkan minggu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pean rodok penak cak wis tau cair 2012 lah aku ... SK TPP aja blm keluar ... cair lewat ngendi ?

      Hapus
  89. waduh..Juni hampir berakhir, belum ada kabar apalagi klarifikasi dari pihak-pihak berwenang dalam pencairan TPP. Ke mana ya larinya dana TPP. Jangan-jangan dipinjamkan untuk kampanye balon...hehehe. Negeriku galau...

    BalasHapus
  90. YTH CAK NUH
    Iyo ew cak aku wingi lungo ndik konco trenggalek ,konco2 guru nggalek sing PNSD yo gurung cair cak. Sak no cak konco2 guru , aku mbukak iki nang ndukur koco2 yo sambat cat, WIS TA LAH CAK NDANG DI MAREKNO LAH MASALAH TPP SERGUR , NGESAKNO CAK KONCO2 NYAMBUTE TEMEN2. NGAREPNO TPP GAK CAIR2. LA IYO CAK KAREPE DAERAH IKU ATENE OPO KOK DADAK MEMPERSULIT PENCAIRAN TPP TAHAP KE I 2012.
    Wasallam
    bala dhewe

    BalasHapus
  91. mohon infonya apakah benar jika sudah mempunyai NUPTK akan mendapat tunjangan perbulannya, kalaupun benar bagaimana cara mendapatkannya soalnya saya sudah mendapat NUPTK sejak tahun 2010

    BalasHapus
  92. Apakah Bapak / Ibu ada yg mengetahui kapan pencairan dana SerDos th 2012 ini? Sy dosen di Kopertis 7, dan sampai bulan JUli 2012 ini ...tidak ada tanda2 pencairan T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga dosen di Kopertis 7 yg telah ter-sertifikasi pada 2011. sampai sekarang juga belum mendapat informasi ttg pencairan serdos tsb. tapi sy dengar teman2 di kopertis 5 sdh cair. kok tidak sama begini ya? heran ...

      Hapus
  93. Setifikasi tahun 2012 untuk kota Pangkal Pinang, Bangka Blitung belum cair, Kenapa? Tahun lalu (2011) pembayarannya juga kurang 1 bulan, kemana? Kemanakah guru harus mengadu?

    BalasHapus
  94. kami mengharapkan supaya uang tpp tersebut dicairkan pada minggu depan tolong diperhatikan ...bagi pejabat uang itu tak berarti tapi bagi guru sangat berharga melunasi seragam anak - anak.Tuhan memberkati

    BalasHapus
  95. KENAPA ORANG BAIK KALAU MELIHAT UANG BISA JADI PERASAANNYA HILANG DAN BERPIKIR BAGAIMANA CARA UNTUK DAPAT MEMILIKI begitulah yang terjadi pada TTP Guru

    BalasHapus
  96. YTH
    CAK M NUH MENDIKNAS
    YAK OPO CAK KBRE ? WIS MARI TA PENCAIRAN TPP SERGUR TAHAP I ?
    Nah sampean wulan opo iko janji yen MEKANISME PENYALURAN TPP SERGUR : atene sampean ambil alih melalui PUSAT. Diawali SASI JULI.
    Aku cumak ngelikno CAK NUH . IKI WIS SASI JULI CAK.
    Konco2 guru mari prei an , iki wis tahun pelajaran anyar cak.
    KAPAN CAIRE TPP SERGUR TAHAP II.
    IKI AKU MUNG NEROKNO TULISAN NANG NDUWUR LHO CAK :
    " DENGAN MEMBIOARKAN TUGAS MENUMPUK DIKANTOR BERARTI SECARA TIDAK LANGSUNG BERUPAYA MENGHAMBAT LANCARNYA PROGRAM PEMERINTAH "
    Ayo cak NUH janji sampean nang GURU2 sampean tepati CAK.

    BalasHapus
  97. HALO..............OOOOOOOOOO
    REKAN2/KONCO2/SEDULUR2 GURU YANG ADA DIDAERAH NGAWI , AKU CUMAK AREP TAKON .
    1. BENER TA DAERAH NGAWI TPP SERGUR TAHAP II 2012 , WIS CAIR TA ?
    2. TERUS KAPAN CAIR E . CO KONCO2 GURU ING NGAWI.
    MATUR SUWUN INFO NE CO KONCO .

    BalasHapus
  98. hallooooooooooooooooo konco2 guru iki ono berita anyar yen daerah pacitan , ngawi TPP SERGUR tahap II podho wis metu minggu kepungkur,
    Ayo konco2 infone daerah ndi ae maneh sing wis metu , bek e daerah konco2 wis metu aku jaluk info ne.
    kanggo ngoyak poro maling.

    BalasHapus
  99. Yak opo mas abid sh , beria pencairan tpp sergur tahap II tahun 2012 , wis ono beritane ta ?
    Ini daerah ngawi dan pacitan udah kelkuar per 3 bulan .keluarnya minggu yang lalu.
    BAGAIMANA DAERAH2 LAIN SUDAH KELUAR BELUM """ TPP SERGUR TAHAP II TAHUN 2012 """
    HAYO DAERAHNYA SENDIRI2 SEGERA DI OYAK2.
    KALO GAK DI OYAK OYAK NANTI TERLAMBAT LAGI ;
    HAYOOOOOOOO KONCO3 SAMA2 DI OYAKI , PEMEGANG SAHAM TPP SERGUR, BIAR GAK TERLAMBAT CAIRNYA.

    BalasHapus
  100. sudah Bulan Juli kok gak keluar pak

    BalasHapus
  101. waduh...TPP dihambat sampai jelang Ramadhan. Bener-bener menguji kesabaran & iman ini, teman-teman. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan, mohon maaf lahir-batin & pasti ada rejeki lain di bulan penuh berkah nanti yang bukan TPP. Sudah baca Jawa Pos hari ini? Kemendikbud menempati urutan ke-3 di daftar instansi rawan korupsi jadi kita tidak bisa berharap maksimal terhadap pencairan TPP yang tepat waktu...

    BalasHapus
  102. Assalammu'alaikum pak menteri.
    saya guru non pns d madrasah negeri...sudah lulus sertifikasi taun 2009..tp mulai taun ini, tunjangan kami tidak bisa dicairkan karena katanya ada aturan baru yang melarang guru non pns negeri tunjangan sertifikasinya dicairkan....ap it benar pa?kami juga sudah punya nrg, nuptk dan jm kami pun memenuhi syarat...kami, Kab Pasuruan..apa beda kami dengan guru di sekolah swasta? mohon ditinjau ulang pak dan ditindak lanjuti.....gaji kami jg sama dengan guru d swasta bahkan bs jg d bawah mereka...mohon pak,perhatikan nasib kami juga......semua teman gtt di yayasan sudah cair tp kami belum....mana keadilan untuk kami????terimakasih....kemana kami mengadukan nasib kami?

    BalasHapus
  103. saya seorang guru SD Swasta di JAKARTA...
    Saat INI NASIB TPP terkatung - katung, hanya pada minggu lalu di bagikan buku TABUNGAN KOSONG DARI BANK BRI.
    Setelah diprint berkali - kali selama 1 minggu masih tetap KOSONG.

    SUNGGUH MENGENASKAN BANGSA KITA...
    HAI BAPAK MENTRI/DEPARTEMEN/DIKDAS DLL... DIMANA OTAK DAN HATI ANDA?????

    BalasHapus
  104. TU KAN PAK NUH,DARI PADA POSING NGEBACA CELOTEH DARI REKAN GURU YANG MEMANG DI DHOLIMI, MENDING SEGERA LAKUKAN PENCAIRAN TPP MELALUI PUSAT SAJA.LEBIH CEPAT LEBIH BAIK.YA ALLAH.........SEMOGA TULISAN INI SEMPAT TERBACA OLEH YANG BERWEWENANG.

    BalasHapus
  105. AGUS.OLAHRAGA25 Juli 2012 18.48

    TPP GURU SMA,SMP, SD, NEGERI sdh TEBAYAR/ SWASTA tkt PAUD, TK, SD SMP 90% sdh TEBAYAR. BAGAIMANA UNTUK TPP YANG ADA DI SMA SWASTA KOK BELUM CAIR. KITA SAMA2 GURU YG sdh tersertifikasi MENAGAPA ADA DISKRIMINASI ANTARA SEKOLAH NEGERI DGN SEKOLAH SWASTA. APA LAGI NANTI ADA UJI KOMPENTENSI GURU (UKG) seharusnya yang di UJI ITU BAGIAN JURU BAYAR TPP

    BalasHapus
  106. SAMAPAI SAAT INI DI KABUPATEN LAMONGAN TPP BELUM CAIR JUGA TERUTAMA UMTUK GURU SWASTA..MOHON UNTUK DI INFOKAN

    BalasHapus
  107. KAPAN TUNJANGAN PROFESI TAHAP 2 DICAIRKAN ? MOHON INFONYA.....KLO BISA PENCAIRANNYA DIAMBIL ALIH OLEH PUSAT KARENA DAERAH BANYAK NEKO - NEKONYA......

    BalasHapus
  108. GUFRON (PONOROGO)2 Agustus 2012 12.31

    sampai kapan penyalahgunaan dana dari pusat akan terus berlangsung jika para pejabat yg terkait hanya menginginkan ikut serta menikmati walaupun cuman dgn cara menimbun dana tsb di BANK guna di manfaatkan jasa bunga saja.....kenapa juga KPK belum menyentuh jalur sampai kesana......

    BalasHapus
  109. Untuk guru Madrasah non PNS pencairan TPP kok 6 bulan sekali dan kadang terlambat, tdk seperti guru yg PNS, padahal tanggungjawab profesi sbg pendidik sama, dan kami lulus sertifikasi juga melalui LPTK yg bisa dipertanggungjawabkan. Kenapa dalam praktek pencairannya bisa berbeda. Utk tahap 1 jan-juli 2012 kpn akan dicairkan, lebaran sebentar lagi. Kalau yg PNS sdh jelas nasibnya, yg non PNS hanya itu yg diharapkan pak. Pak menteri, pak menteri, capek deh.......

    BalasHapus
  110. Pada bulan penuh berkah dan hidayah ini ternyata hidayahnya belum menyentuh hati mereka yang diamanahi pencairan TPP. Tulisan kita di forum ini pun juga tidak menyentuh nuraninya sama sekali. Nurani yang benar-benar sudah membatu...hingga Izro'il menjemput...

    BalasHapus
  111. Alhamdulillah TPP Kota Jombang Prop.Jatim dah Kelar/3bulan januari-maret dan april-Juni 2012..semoga kedepannya sesuai dengan harapan kami

    BalasHapus
  112. alhamdulillah saya sudah lulus sertifikasi tahun 2010 tapi sampai sekarang belum dapat SK Dirjen sehingga tidak dapat ikut pemberkasan untuk pencairan. Ternyata saya tidak sendirian. setidaknya ada belasan guru madrasah di Demak yang bernasib seperti saya.

    BalasHapus
  113. di daerah tangerang tunjangan sertifikasi guru Honorer sama sekali belum turun dari bulan januari samapai bulan sekarang ini, sedangkan masing-masing dari kabupaten/kota daerah lain sudah cair semua. alasan nya uang nya kurang, ko bisa begitu... apa itu cuma alasan para pejabat daerah saja. Mohon pak Menteri Pendidikan bisa menjawab nya.

    BalasHapus
  114. Assalamu ‘alaikum Wr.Wb.
    Bapa/ibu/sdr yang terhormat.
    Sejalan dengan adanya tunjangan profesi yang mulai tahun 2007 diberikan kepada guru yang telah menjalani dan lulus program serfikasi guru, ternyata juga memiliki berbagai dampak baik positif maupun negate. Dampak positifnya jelas yaitu kesejahteraan guru semakin meningkat, kinerja guru juga semakin baik bahkan akhir-akhir ini animo generasi muda yang ingin menjadi guru juga mengalami peningkatan yang signifikan. Namun, terlepas dari itu semua ternyata pemberian tunjangan profesi juga memunculkan dapak negate walaupun terjadi di tempat-tempat tertentu, Dampak negatif tersebut kebanyakan berhubungan dengan keuangan yaitu munculnya “PUNGLI”. Pungli ini tersejadi saat cairnya tunjangan profesi. Sebagai contoh di Kabupaten Tegal tempat kami bertugas, di sini setiap kali tunjangan profesi cair selalu ada tarikan/iuran yang berkedok sebagai dana pengurusan pencairan yang besarnya memang kecil berkisar antara Rp 50.000 –Rp 100.000 untuk setiap cair 3 bulan. Akan tetapi apabila dana tersebut terkumpul sekabupaten (tahun 2012 terdapat 3.559 guru) artinya bila dibuat minimum Rp 50.000 tiap orang maka akan terkumpul dana Pungli sebesar Rp 177.950.000 tiap 3 bulan atau sekitar setengah milyar lebih setiap tahun. Yang menjadi pertanyaan adalah untuk apa sbenarnya uang sebesar itu? Yang lebih mengelitik adalah bagaimana generasi penerus bangsa kita kelak apabila pendidik dan tenaga kependidikan kita masih suka dengan PUNGLI yang menjadi embrionya KORUPSI itu? Harapan dari pengaduan ini adalah semoga hal serupa tidak terjadi di daerah lain dan yang penting kalo bias budaya PUNGLI seperti ini tidak lagi terjadi di muka bumi Indonesia tercinta ini. Sebagai usulan bagaimana kalo tunjangan profesi langsug saja menyatu dengan gaji sehingga praktik PUNGLI tidak akan merajalela. Hidup Pendidikan Indonesia yang Bermartabat.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    BalasHapus
  115. saya lebih senang kalau perbaikan nasib guru, diwujudkan dalam bentuk perbaikan penghasilan yang akan diterima setiap bulan. bukan dengan tunjangan sertifikasi. hal ini lebih memungkinkan terjadinya penyalahgunaan yaitu dengan dibungakan oleh oknum pejabat yang diberi kewenangan. guru
    selalu dijadikan objek untuk mendapatkan keuntungan pribadi, baik tatkala mengurus kenaikan pangkat dll.untuk itu tidak hanya guru saja yang harus mengikuti ukg, tetapi semua pejabat agar angka koruspsi menurun. masa tugas guru saja yang harus membina anak didik berkarakter, sementara pejabatnya tidak memilki budaya malu.

    BalasHapus
  116. Bpk Menteri YTH,...
    di Kab. Purwakarta pencairan tunjangan Sertifikasi Guru pada thn anggaran 2012 sampai bulan Oktober skrg ini baru kami terima 5 bulan,kapan pencairan tunj. Sertifikasi kami selanjutnya ? kami dengar dana anggaran untuk Tunjangan Sertifikasi sudah dialirkan oleh Pemerintah kepada Daerah sudah semuanya ( 1 tahun snggaran )melalui DAU Daerah, apa benar..??

    BalasHapus
  117. Bpk Menteri YTH..
    Apa betul nih bpk menteri nya baca... kok tdk pernah ada perbaikan sama sekali... kota bandung untuk 2012 juga baru nerima 5 bulan apa ya maksud nya mereka.... itu... tapi kadang aneh juga pemerintah klo anggota dewan yang minta gak pake lama-lama tapi guru yang agar sejahtera sedikiiittt aja (karena biar tenang tuh ngajar nya) tidak pernah di perhatikan. malah di dzolimi terus menerus.

    BalasHapus
  118. Mendikbud Mohammad Nuh nya hoby tidur. Pura pura ga denger keluhan para guru swasta.
    Kemana aja Pak MENDIKBUD yang terhormat.
    Ngurusin dana sertifikasi saja ga bisa.
    Lihat tuh, di TANGERANG, dari April-September 2012 tunjangan guru SD swasta belum CAIR.
    GAnti saja kalau ga bisa ngatasin.

    BalasHapus
  119. kepada pak mendiknas, saya indah, di daerah kami tunjangan non sertifikasi bulan juni td hanya dibayar 5 bulan, lalu bulan desember ini dikabarkan hanya 3 bulan.. Tolong di usut pak kemana tunjangan kami yang lain? Tunjangan yang ke 6,10,11 dan 12 tidak di bayar.. Ini terjadi di pemkab empat lawang, sumsel.. Mohon ditindak lanjuti.. Trims

    BalasHapus
  120. Baru tau klo TPP utk PNS besarnya satu kali gaji padahal yang kami terima tri wulan hanya 1.300.000 blm potong pajak ga tau pajak apa. Mohon para pembesar negara ini menindaklanjuti oknum2 yg menyelewengkan hak kami sbg pendidik.

    BalasHapus
  121. Informasi:
    saya mewakili temen guru yg lulus sertifikasi 2011 (kab. Indramayu). sertifikat sudah diterima, tp sk dirjen belum jg diterima. kalau sampai akhir bulan ini blm berarti anggaran kan dikembalikan ke negara…terus TPP nya sedangkan SK Dirjen belum jg kami terima? bisa beri kami pencerahan pa..

    BalasHapus

Entri Populer