MA MUALLIMIN NW BORO'TUMBUH: Pembayaran Tunjangan Sertifikasi Guru Tahap 1 Dibayarkan Bulan April Mendatang
SITUS PRESIDEN RI

Minggu, 25 Maret 2012

Pembayaran Tunjangan Sertifikasi Guru Tahap 1 Dibayarkan Bulan April Mendatang

JAKARTA - Para guru penerima tunjangan profesi pendidik (TPP) tidak perlu lama-lama menunggu rapelan pencairan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meminta TPP dicairkan tepat waktu. Yaitu dirapel tiga bulan sekali. Untuk tahap pertama, dijadwalkan cair bulan depan.
Pembayaran Tunjangan  Sertifikasi Guru  Tahap 1  Dibayarkan Bulan April Mendatang           
Mendikbud Mohammad Nuh menjelaskan, tahun ini tidak perlu lagi ada kasus keterlambatan pencairan TPP. Selain itu, dia berharap skenario pencairan TPP yang dirapel tiga bulan sekali tidak kacau seperti tahun lalu. Dia menjelaskan, tahun ini diharapkan seluruh guru penerima TPP tidak lama-lama menunggu pencairan rapelan.
Pembayaran Tunjangan  Sertifikasi Guru  Tahap 1  Dibayarkan Bulan April Mendatang           
Dia menjelaskan, pada tahap pertama TPP diterima April depan. TPP yang dikucurkan bulan depan itu merupakan rapelan sejak Januari, Februari, dan Maret. Sedangkan untuk tahap kedua nanati, TPP dijadwalkan cair pada Juli. Lalu untuk tahap ketiga TPP cair pada Oktober, Kemudian gelombang terakhir pencairan TPP peride 2012 dijadwalkan Desember. "Harus dipaskakan untuk bisa dicairkan sesuai aturan. Yaitu dirapel tiga bulan sekali," tegas mantan Rektor ITS itu.
Pembayaran Tunjangan  Sertifikasi Guru  Tahap 1  Dibayarkan Bulan April Mendatang           
Dia mengatakan, tahun lalu masih ada keluhan jika TPP dicairkan setahun sekali. Sekitar penghujung Ramadhan menjelang Idul Fitri. Muncul dugaan, uang yang sejatinya sudah disetor oleh pemerintah pusat ini ditimbun dulu oleh pemerintah kabupaten atau kota untuk dikeruk bunga simpanannya.
Pembayaran Tunjangan  Sertifikasi Guru  Tahap 1  Dibayarkan Bulan April Mendatang           
Nuh mengatakan, pihaknya mulai tahun ini akan memantau lebih dalam terkait pencairan TPP ini. Dia sudah berkoordinasi dengan Inspektorat Jendral (Itjen) Kemendikbud untuk menelusuri jika ada pencairan TPP yang nyangkut. Kerja dari Itjen Kemendikbud ini akan melihat perkembangan pada April nanti. Jika ternyata sudah tersalurkan ke guru, maka proses pencairan TPP sudah berjalan baik. Sebaliknya, jika masih ada guru yang belum menerima TPP berarti ada persoalan di daerah.
Pembayaran Tunjangan  Sertifikasi Guru  Tahap 1  Dibayarkan Bulan April Mendatang           
Sementara terkait persoalan klasik yaitu jumlah nominal TPP tidak sama dengan gaji pokok Nuh mengatakan terkendalam persoalan pendataan. Dia mengatakan, TPP untuk pencairan 2012 ini sudah disusun pada atau direncanakan pada 2011 lalu.
Pembayaran Tunjangan  Sertifikasi Guru  Tahap 1  Dibayarkan Bulan April Mendatang           
Sehingga, data yang digunakan adalah gaji guru PNS pada 2011. Tapi, pada kenyataannya selama 2012 telah terjadi kenaikan pangkat pada sejumlah PNS. Nah, di sinilah letak persoalan ini. Dia masih terus berkoordinasi untuk mencai formulasi untuk mengantisipasi ketidak cocokan antara nominal TPP dengan gaji pokok PNS.Pembayaran Tunjangan  Sertifikasi Guru  Tahap 1  Dibayarkan Bulan April Mendatang           
Pembayaran Tunjangan  Sertifikasi Guru  Tahap 1  Dibayarkan Bulan April Mendatang           
Seperti diketahui, besaran TPP setiap bulan untuk guru PNS diterima sebesar satu kali gaji pokok. Sedangkan untuk guru non PNS, besaran TPP ditetapkan Rp 1,5 juta per orang per bulan. Tujuan dari pemberian TPP ini untuk peningkatan kesejahteraan guru, melalui peningkatan profesionalisme mengajar.
Pembayaran Tunjangan  Sertifikasi Guru  Tahap 1  Dibayarkan Bulan April Mendatang           
Tahun ini, diperkirakan guru yang berhak menerima TPP berjumlah 746.700 orang. Dalam postur APBN 2012, uang yang disipakan untuk pembayaran TPP ini mencapai sekitar Rp 30 triliun. Jumlah ini naik sebesar Rp 12,1 triliun dibandingkan dengan APBN-P 2011. (wan)
Pembayaran Tunjangan  Sertifikasi Guru  Tahap 1  Dibayarkan Bulan April Mendatang           

26 komentar:

  1. Bpk Menteri Yth. Alangkah baiknya TPP dibayarkan bersama dengan gaji agar tidak terjadi keterlambatan ataupun pungutan yang dilakukan oleh Pemda

    BalasHapus
  2. Bapak Mendikbud yth. Aturan TPP di bayarkan pertriwulan tapi kenyataan diDinas pendidikan kota Makassar
    belum semua peserta sertifikasi namanya terdaftar untuk dibayarkan sesuai aturan baru yang berlaku

    BalasHapus
  3. orang berfikir kalo' guru2 sudah sejahtera dengan adanya aturan tentang tunjangan sertifikasi ini. tapi kenyataannya apa??
    guru-guru Di DUMAI-RIAU belum menerima uang sertifikasi sejak bulan januari.

    aturan tinggal wacana saja.

    BalasHapus
  4. A....min.Mudah-mudahan pembayran tunjangan ini bisa tepat waktu.Dan kalau saya boleh usul,saya usul agar pembayaran tunjangan dikembalikan sepeti dulu pada awal-awal tunjangan ini dibayarkan.Ketika pembayarannya langsung dari pusat saya tidak pernah merasa khawatir karena pembayarannya bisa tepat waktu walaupun telat-telat dikit.Tapi begitu pembayarannya dikembalikan ke daerah saya dikit khawatir sebab di KLU NTB pada tahun 2011 lalu puluhan penerima tunjangan dananya tidak cair-cair dengan alasan kesalahan data. Tapi begitu diseldiki ternyata itu semua ulah oknum Bend....... Untung saya tidak termasuk kedalam puluan teman-teman tersebut,walaupun demikian batin saya merintih melihat nasib puluhan teman-teman saya itu. Untuk itu saya usulkan pembayarannya langsut dari pusat dan bila perlu lewat kitr gaji.Wassalam.

    BalasHapus
  5. A.....min.Mudah-Mudahan pembayaran kali ini bisa tepat waktu.Dan melalui kesempatan ini saya usul pada bapak agar pembayaran tunjangan sertifikasi ini dikembalikan seperti dulu lagi yaitu pembayarannya langsung dari pusat,Pada awal-awal pembayaran tunjangan ini saya tidak pernah khawatir karena pembarannya tepat waktu walaupun agak sedikit telat.Tapi setelah pembayarannya diserahkan ke daerah saya dikit khawatir,karena pada tahun 2011 lalu puluhan teman-teman dananya tidak cair-cair selama 1 semester dengan alasan kesalahan data.Tapi setelah diusut ternyata itu adalah ulah oknum Bend....... dan utung saya tidak masuk kedalam puluhan teman-teman tersebut,tapi batin saya tetap merintih melihat nasib puluhan teman-teman tersebut.Untuk itu saya usul agar pembayarannya langsung dari pusat seperti dulu dan bila perlu lewat kitir gaji. wassalam.

    BalasHapus
  6. Pak Menteri yang kami hormati untuk memperlancar proses pencairan mohon kewenangan langsung ditangani pusat agar lancar dan tepat waktu trims.

    BalasHapus
  7. guru di bogor11 Mei 2012 16.08

    sayangnya mekanisme tersebut tidak sesuai dengan kebijakan daerah. Seperti di Kota Bogor, Kami guru SMA belum mendapat tunjangan untuk periode April tersebut. Bahkan di tahun 2010 ada sebulan yang tidak cair untuk angkatan 2009. Mohon perhatian terkait...Bagaimana kalau masalah tunjangan sertifikasi dikembalikan ke pusat seperti sebelumnya. Terima kasih.

    BalasHapus
  8. Pemerintah hanya setengah hati menghargai dan mengangkat kesejahteraan guru. Tunjangan sertifikasi (tunjangan profesional!) hanya dinilai sebagai bantuan sosial. Lebih payah lagi pembayarannya yang lewat daerah kacau, terlambat, salah data, banyak dimintai sumbangan sana sini dan PPh yang cukup besar. Kenapa tidak bersamaan dengan penerimaan gaji bulanan?

    BalasHapus
  9. Pak Menteri yang saya hormati pembayaran tunjangan sertifikasi seperti yang diintruksikan bapak supaya bisa dicairkan 3 bulan ternyata di kab.tangerang hanya dicairkan ke guru2 cuma 2 bulan saja yaitu u/ bulan januari dan pebruari. kami mohon u/ pembayaran tunj. sertifkasi di kembalikan ke pusat. dan tolong diberikan sangsi oknum pegawai yang dzolimi guru dan lalai dalam melaksanakan amanah !

    BalasHapus
  10. Yth Bapak Menteri,
    Berita bahwa tunjangan sertifikasi diterimakan tiap triwulan dan triwulan I (Januari s/d Maret) harus sudah diterimakan bulan April sungguh menggembirakan. Sayang, realisasinya tidak lancar. Di Purworejo tahap pertama cair 25 Mei 2012 setelah PGRI berkali-kali mendesak untuk dicairkan. Tapi, entah mengapa guru-guru TK masih belum terima meskipun sekarang sudah bulan Juni.
    Yang tahun 2011 saja belum tuntas semua. Yang semula rekeningnya di BPD Jateng dioper ke BRI. Tapi ternyata kacau. Banyak salah data, hingga sekarang masih banyak yang belum terima kekurangannya.
    Tolong dong Pak Menteri untuk ditertibkan.

    BalasHapus
  11. bpk menteri yth, kalo bisa sertifikasi di hapus tp di ganti dengan tambahan gaji dipukul rata semua agar tidak ada kecemburuan sosial.. karna dana TPP blm dicairkan sampai saat ini di lombok timur NTB.. rencana akan di bayarkan 2 bulan dan sudah tanda tangan tetapi danany blm di cairkan.

    BalasHapus
  12. Pak yang terhormat ternyata tunjangan sertifikasi guru untuk kota Sukabumi sampai dengan bulan Juni 2012 baru dibayarkan dua bulan. Mohon Pak Menteri mengetuk para pengambil kebijakkan di kota Sukabumi untuk segera kekurangan pembayaran sertifikasi tersebut.

    BalasHapus
  13. Bapak Menteri Yth.Sebaiknya dana sertifikasi guru pengelolaannya dikembalikan kepusat,terbukti selama 6 tahun berjalan banyak masalah yang timbul didaerah ada yang satu tahun tidak dibayar ada yang belum lulus sertifikasi terbit SK pembayaranya, dibayarkanpun selalu berdasar pada gaji tahun yang lalu,tampa diperhitungkan kekurangannya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon Bersabar Ya Pak.
      Ditunggu saja bulan Juli 2012, Kemungkinan Besar Mekanisme Pembayaran Tunjangan Guru Akan kebali di Ambil Pusat, ini Janji Pak Mentri, Loh..

      Hapus
    2. Bapak Menteri yth,sekarang sudah tgl 24 juli 2012,tapi tetap TPP triwlan pertama baru dibayar 2 bulan dan triwulan kedua belum cair juga di ciamis jawa barat. Kami sangat menunggunya apalagi dalam bulan puasa ini. terima kasih.

      Hapus
  14. Bapak Menteri yang terhormat saya guru dari kabupaten malang selalu menunggu cairnya sertifikasi untuk kebutuhan biaya sekolah dan kuliah anak , sayang berita setiap tri wulan dibayarkan hanya berita angin.

    tahun ini hanya turun 2 bulan (januari-feb) sedangkan triwulan terakhir 2011 kami (dlm hal ini kab.Malang) belum menerima sama sekali.

    Mohon Bapak Menteri menelusuri terhadap Pemerintahan/DikNas Kabupaten Malang.

    BalasHapus
  15. Ujian on line bagi guru sertifikasi dipercepat aja Bpk.Menteri supaya tunjangan segera cair. Dtu kalauujiannya memang menjadi prasyarat penerima tunjangan sertifikasi. Daripada berita pencairan tunjangan tsb. jauh panggang dari api.

    BalasHapus
  16. sampai bulan ke 8 tahun 2012, satu bulanpun kami belum terima tunjangan sertifikasi. ngomong doang pejababat gampang. .....pemkot bogor tidak transparan tentang masalahnya. kami hanya disibukan ngumpulkan berkas untuk membuka beberapa rekening bank.

    BalasHapus
  17. pak menteri, mohon agar tunjangan profesional guru di makassar, bisa di bayarkan sebelum lebaran. dimakassar kami baru menerima 2 bulan, sisa 4 bulan untuk triwulan ke dua.

    BalasHapus
  18. Menteri jgn hanya bisa ngomong doank....! turun dan kontrol setiap kabupaten banyak yg belum cair tuh,...
    kabupaten Tangerang aja belum 1 bulanpun dikeluarkan kendati sudah masuk pertengahan Agustus
    emang DUNIA DAH MAU KIAMAT.............!

    BalasHapus
  19. Bapak yang berkuasa; disarankan TPP dibayarkan bersamaan dgn gaji, ini akan lebih baik dibanding jika bapak hanya berjanji tiap 3 ln tapi NOL besar realisasinya. Ingatlah Kesalahan daerah juga kesalahan bapak yang hampir saja maha kuasa.Secara tdk sengaja Bapak menciptakan tukang JANJI.

    BalasHapus
  20. yah... guru mah hanya bisa bersabar aja..
    sekarang dengan adanya permendiknas yang baru naek pangkat ja sudah dipersulit. udah ngurus perangkat pembelajaran, administrasi kelas, ngurus siswa yang supeeer aktif, dijanjiin manis mulu ma pemerintah. gimana mau maju negara ini, tenaga pendidik masih perlu memikirkan kesejahteraan keluarganya. seharusnya pemerintah menjamin kesejahteraan pegawai sehingga bisa fokus dalam mendidik anak bangsa. ketimbang seragam ijo, kerjanya cuma latihan doang, keahlian dipake ngga. dapet renumerasi lg..

    BalasHapus
  21. Assalam alaikum..
    pnerimaan TPP untuk bulan Desember ini, kira2 tgl brp yaa.?

    BalasHapus
  22. Mohon comment temen2 Guru di sampaikan ke Bapak Menteri, agar Bapak Menteri terketuk hatinya melihat masalah yang terjadi di Daerah. kalo hanya sekedar Coment, trus pak Menteri gak tau.. SIA-SIA Bapak...!!!
    Pak Admin, Tolong sampaikan ke pihak yang mengembang tanggung jawab.. Dengarkanlah RINTIHAN PARA GURU..!!!!!

    Kalo nasib beliau-beliau masih seperti ini, Negara tidak akan bisa maju dan berkembang. terlalu banyak konflik yang akan menghalangi, kami sebagai Generasi muda sangat MALUUUUUUUUUUUUU melihat semua ini.

    Para pejabat...!!!
    anda telah memberikan contoh-contoh yang tidak baik bagi kami generasi muda, apakah kami harus bertindak seperti yang anda-anda lakukan sekarang ini??????

    (KHUSUS PEJABAT KORUPTOR, PEJABAT TUKANG KAWIN, PEJABAT YANG SEWENANG-WENANG, DSB) Pejabat yang baik jangan tersinggung... !!! Amiiiiinnnnn....!!!!!

    BalasHapus
  23. KHUSUS UNTUK KORUPTOR DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN TANGERANG. BERBUATLAH SESUKAMU SEMOGA DERITA DAN DERITA SELALU MENYERTAIMU SAMPAI AKHIR HAYATMU KARENA KAU TELAH MERAMPAS TUNJANGAN SERTIFIKASI UNTUK GURU

    BalasHapus
  24. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak? atau apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk bisnis, atau untuk membayar tagihan Anda jika ya maka hubungi kami melalui email: am.credito@blumail.org

    BalasHapus

Entri Populer