MA MUALLIMIN NW BORO'TUMBUH: Prediksi Soal Uji Kompetensi Guru Ekonomi SMA SMK
SITUS PRESIDEN RI

Sabtu, 18 Februari 2012

Prediksi Soal Uji Kompetensi Guru Ekonomi SMA SMK

.1. Tunjukkan salah satu prinsip yang tidak boleh diterapkan guru dalam berinovasi, yaitu:
a. metode tidak boleh mengganggu komitmen mengajar;Soal Uji Kompetensi Guru 2012
b. pengumpulan data yang dapat menambah waktu guru;Soal Uji Kompetensi Guru 2012
        
 
c. metodologi menyesuaikan dengan situasi kelas;Soal Uji Kompetensi Guru 2012
        
 
d. masalah sendiri di kelas;Soal Uji Kompetensi Guru 2012
         
 
e. fokus terhadap kegiatan (semua komponen).Soal Uji Kompetensi Guru 2012
         
2. Salah satu tahap yang tidak termasuk dalam model pembelajaran        latihan penelitian adalah
a. Menghadapkan masalah;Soal Uji Kompetensi Guru 2012
         
 
b. Penyajian data;Soal Uji Kompetensi Guru 2012
         
 
c. Mencari dan mengkaji data;Soal Uji Kompetensi Guru 2012
         
 
d. Eksperimen dan mengkaji data;
e. Penarikan kesimpulan dan rekomendasi.Soal Uji Kompetensi Guru 2012
         
 
3. Tahap-tahap model pembelajaran sinektiks yang dapat dilakukan guru adalah
    (1) mendiskripsikan kondisi saat ini, (2) Proses analogi personal, (3) proses analogi langsung,
    (4) Analisis konflik, (5) Analisis langsung lanjut, (6) Kajian tugas. Tunjukkan tata urutan
        tahap-tahap model pembelajaran sinektiks yang benar. Adapun tata urutan model pembelajaran
         sinektiks yang benar adalah:
a. Tahap (1), (2), (3), (4), (5), dan (6).Soal Uji Kompetensi Guru 2012
         
 
b. Tahap (1), (3), (2), (4), (5), dan (6).Soal Uji Kompetensi Guru 2012
         
 
c. Tahap (1), (5), (2), (3), (4), dan (6).Soal Uji Kompetensi Guru 2012
         
 
d. Tahap (1), (5), (4), (3), (2), dan (6).
e. Tahap (1), (2), (5), (4), (3), dan (6).Soal Uji Kompetensi Guru 2012
         
 
4. Tahap-tahap model pembelajaran pertemuan kelas dapat dilakukan guru adalah
    (1) menciptakan suasana yang baik, (2) membuat nilai keputusan personal,
    (3) menyajikan masalah, (4) mengidentifikasi pilihan tindakan, (5) memberi komentar,
    (6) menetapkan tindak lanjut. Tunjukkan tata urutan tahap-tahap model pembelajaran
        pertemuan kelas yang benar. Adapun tata urutan model pembelajaran pertemuan kelas 
         yang benar adalah:Soal Uji Kompetensi Guru 2012
a. Tahap (1), (2), (3), (4), (5), dan (6).Soal Uji Kompetensi Guru 2012
b. Tahap (1), (3), (2), (4), (5), dan (6).Soal Uji Kompetensi Guru 2012
c. Tahap (1), (5), (2), (3), (4), dan (6).Soal Uji Kompetensi Guru 2012
d. Tahap (1), (5), (4), (3), (2), dan (6).Soal Uji Kompetensi Guru 2012
e. Tahap (1), (2), (5), (4), (3), dan (6).Soal Uji Kompetensi Guru 2012
5. Tahap-tahap model pembelajaran penelitian juresprudential dapat dilakukan guru adalah
   (1) orientasi kasus, (2) penetapan posisi, (3) identifikasi masalah, (4) contoh dan argumentasi,
   (5) penyajian posisi, (6) pengetesan asumsi. Tunjukkan tata urutan tahap-tahap model 
       pembelajaran penelitian juresprudential yang benar. Adapun tata urutan model pembelajaran
        penelitian juresprudential yang benar adalah:Soal Uji Kompetensi Guru 2012
a. Tahap (1), (2), (3), (4), (5), dan (6).Soal Uji Kompetensi Guru 2012
b. Tahap (1), (3), (2), (4), (5), dan (6).Soal Uji Kompetensi Guru 2012
c. Tahap (1), (5), (2), (3), (4), dan (6).Soal Uji Kompetensi Guru 2012
d. Tahap (1), (5), (4), (3), (2), dan (6).Soal Uji Kompetensi Guru 2012
e. Tahap (1), (2), (5), (4), (3), dan (6).Soal Uji Kompetensi Guru 2012

1. Media yang berkaitan dengan indera pendengaran adalah :
a. Transparansi Soal Uji Kompetensi Guru 2012
b. Laboratorium Bahasa Soal Uji Kompetensi Guru 2012
c. Mikrofis Soal Uji Kompetensi Guru 2012
d. Flanel Board Soal Uji Kompetensi Guru 2012
2. Dari sisi kesiapan pengadaannya, media dikelompokkan menjadi :
a. Media asli dan media tiruan Soal Uji Kompetensi Guru 2012
b. Media jadi dan media rancangan Soal Uji Kompetensi Guru 2012
c. Media material dan media audio Soal Uji Kompetensi Guru 2012
d. Media visual dan media audiovisual Soal Uji Kompetensi Guru 2012
3. Di bawah ini adalah penyebab guru memilih media, kecuali :Soal Uji Kompetensi Guru 2012
a. Dapat mendemonstrasikan Soal Uji Kompetensi Guru 2012
b. Familier (terbiasa) dengan media
c. Dapat menjelaskan lebih konkret
d. Menghemat bicara Soal Uji Kompetensi Guru 2012
4. Di bawah ini yang tidak termasuk sumber belajar adalah :Soal Uji Kompetensi Guru 2012
a. Papan tulis Soal Uji Kompetensi Guru 2012
b. Guru Soal Uji Kompetensi Guru 2012
c. Media Soal Uji Kompetensi Guru 2012
d. Buku Soal Uji Kompetensi Guru 2012
5. Di bawah ini dapat mengambarkan pengertian media kecuali Soal Uji Kompetensi Guru 2012
a. Saluran penyampai pesan  Soal Uji Kompetensi Guru 2012
b. Instrumen yang dapat merangsang siswa untuk belajar Soal Uji Kompetensi Guru 2012
c. Siswa dalam belajar perlu hiburan
d. Alat untuk menambah perhatian dan minat siswa untuk belajar
6. Dalam pelajaran ekonomi, untuk menerangkan data pertumbuhan penduduk, sangat   
    cocok menggunakan media di bawah ini, kecuali :
a. Globe Soal Uji Kompetensi Guru 2012
b. Grafik Soal Uji Kompetensi Guru 2012
c. Diagram Soal Uji Kompetensi Guru 2012
d. Tabel/bagan Soal Uji Kompetensi Guru 2012
7. Ahli yang mengembangkan media adalah di bawah ini, kecuali :
a. J.B. Say Soal Uji Kompetensi Guru 2012
b. AECT Soal Uji Kompetensi Guru 2012
c. Gagn
d. Brigs Soal Uji Kompetensi Guru 2012
8. Yang termasuk media paling gampang dibuat oleh guru, tanpa menggunakan biaya adalah :
a. Kartun
b. Grafik
c. Transparansi
d. Sketsa
9. Apa yang sebaiknya diperhatikan dalam menyusun media :
a. Material yang mahal
b. Kecanggihan alat
c. Gampang dibuat
d. Aspek desain
10. Dalam rangka pemilihan media, hal yang paling perlu diperhatikan adalah :
a. Apakah harga bahan pembuatan media terjangkau
b. Apakah materi pelajaran yang mutakhir
c. Apakah relevan dengan tujuan pembelajaran
d. Apakah bisa dikomputerisasikan

1. Aspek-aspek yang menentukan karakteristik karya tulis, kecuali
a. sikap penulis
b. panjang tulisan
c. struktur sajian
d. penggunaan bahasa
2. Struktur sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari
a. pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan penutup
b. pendahuluan, abstrak, bagian inti, simpulan
c. abstrak, pendahuluan, bagian inti, simpulan
d. abstrak, bagian inti, penutup
3. Bagian penutup suatu karya tulis ilmia, pada umumnya menyajikan tentang
a. rangkuman dan tindak lanjut
b. simpulan umum
c. rekomendasi penulis
d. simpulan dan saran
4. Substansi suatu karya tulis ilmiah dapat mencakup berbagai hal, dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks. Berikut ini adalah contoh-contoh subatansi karya tulis ilmiah, kecuali
a. pendidikan
b. kebudayaan
c. pemulung
d. informatika
5. Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai
    dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali
a. fakta atau kenyataan
b. argumentasi
c. teori yang diakui kebenarannya
d. data empirik/hasil penelitian
6. Keobyektifan penulis karya tulis ilmiahdicerminkan dalam gaya bahasa yang bersifat
a. resmi
b. baku
c. impersonal
d. personal
7. Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan
    tujuan penulisannya, namun pada um,umnya semua karya tulis ilmiah mempunayi komponen
a. daftar pustaka
b. abstrak
c. daftar tabel
d. lampiran
8. Berikut ini adalah ciri-ciri suatu karya tulis ilmiah, kecuali
a. memaparkan bidang ilmu tertentu
b. merupakan deskripsi suatu kejadian
c. menggunakan gaya bahasa resmi
d. disajikan secara sistematis
9. Di antara judul berikut, yang manakah yang paling sesuai untuk judul karya tulis ilmiah?
a. senjata makan tuan
b. kumbang cantik pengisap madu
c. pengaruh gizi pada pertumbuhan anak
d. pengaruh obat bius yang menghebohkan
10. Untuk membedakan karya tulis ilmiah dan karya tulis bukan ilmiah, seseorang dapat
    mengkaji berbagai aspek tulisan. Salah satu aspek yang dapat digunakan sebagai pembeda adalah
a. sistematika tulisan
b. panjang tulisan
c. ragam bahasa yang digunakan
d. pengarang

1. Artikel dapat dikelompokkan menjadi
a. artikel laporan dan artikel rujukan
b. artikel konseptual dan artikel teoritis
c. artikel hasil telaahan dan artikel teoritis
d. artikel hasil laporan dan artikel hasil telaahan
2. Dari sudut ide, salah satu dari empat faktor yang harus diperhatikan untuk menghasilkan
     tulisan ilmiah yang berkualitas tinggi adalah
a. kelayakan ide untuk dipublikasikan
b. wacana tentang ide yang sedang berkembang
c. kesiapan ide untuk didiskusikan
d. persamaan persepsi para ahli di bidang yang sama
3. Tulisan analisis konseptual terdiri dari
a. judul, abstrak, data, pembahasan, dan referensi
b. judul, abstrak, pendahuluan, diskusi, referensi
c. judul pendahuluan, diskusi, kesimpulan referensi
d. judul, pendahuluan, temuan, pembahasan, referensi
4. Dalam suatu artikel konseptual, bagaimana teori/konsep yang ditawarkan dapat
     berkontribusi dalam peta pengetahuan dimuat pada bagian
a. abstrak
b. pendahuluan
c. diskusi
d. referensi
5. Referensi memuat semua rujukan yang
a. pernah dibaca penulis
b. perlu dibaca pembaca
c. dimuat dalam badan tulisan
d. diperlukan dalam pengembangan tulisan
6. Salah satu dari tiga pertanyaan yang harus dijawab di bagian pendahuluan adalah berikut ini
a. apa inti teori/konsep yang dibahas?
b. mengapa konsep itu dibahas?
c. Apa kesimpulan yang dapat ditarik?
d. Apa tindak lanjut yang perlu dilakukan?
7. Salah satu hal yang harus dihindari pada saat menulis hasil penelitian adalah
a. menjelaskan partisipan
b. menulis masalah yang sudah pernah dibahas
c. memecah satu penelitian menjadi beberapa artikel
d. melaporkan korelasi yang dibahas dalam penelitian
8. Pemilihan penggunaan kata dan kalimat yang tidak provokatif dalam laporan atau artikel
     merupakan salah satu contoh upaya untuk menjaga kualitasdari aspek
a. panjang tulisan
b. nada tulisan
c. gaya tulisan
d. bahasa tulisan
9. Rekomendasi untuk judul adalah
a. 8-10 kata
b. 10-12 kata
c. 12-15 kata
d. 15-30 kata
10 Dalam suatu laporan atau artikel hasil penelitian, kontribusi penelitian dapat dilihat di bagian
a. pendahuluan
b. metode
c. hasil
d. diskusi   
 1.     Diketahui PDB (GDP) suatu negara (dalam milyar rupiah) Rp1.000,00; 
        Transfer Luar Negeri Rp250,00; Penyusutan Barang Modal Rp150,00; Pajak Tidak
        Langsung Rp100,00; Laba Ditahan Rp50,00; Pajak Perseroan Rp 25,00;
        Biaya Jaminan Sosial Rp25,00; Pembayaran Transfer dan Bunga
         (pembayaran tanpa kontra prestasi) Rp20,00; Pajak Langsung Rp50,00. 
         Hitunglah tiap-tiap konsep pendapatan nasionalnya!
2.     Sebutkan dan jelaskan beberapa tujuan ldalam perhitungan pendapatan nasional 
       selain yang disebutkan di atas?
3.     Sebutkan dan jelaskan beberapa manfaat dalam perhitungan pendapatan nasional 
        selain yang telah disebutkan di atas?
4.     PT. Jaya Abadi Perkasa, Tbk mempunyai bangunan gedung Anjungan Plaza di lokasi 
       pusat pertokoan kota Surabaya, yang menyewakan ruangan-ruangan gedungnya.
      Tanggal 4 April 2000 menyewakan beberapa ruangan di bangunan gedungnya senilai
      Rp 2.400.000.000,- untuk masa kontrak 2 tahun. Uang kontrak diterima seluruhnya 
         padapenandatanganan kontrak.
Pertanyaan :
a. Jurnal penerimaan uang kontrak
b. Jurnal penyesuaian akhir periode tahun 2000
c. Jurnal penutup akhir periode tahun 2000
d. Jurnal penyesuaian kembali awal periode tahun 2001 (jika perlu)
e. Jurnal penyesuaian akhir tahun 2001
f. Jurnal penutup akhir tahun 2001
g. Jurnal penyesuaian kembali awal tahun 2002 (jika perlu)
Catata : PT Jaya Abadi Perkasa memakai metode pendekatan
laba/rugi
5.     Inovasi pendidikan seperti yang dikemukakan para akhli tidak lain
      adalah: “the introduction a new idea, method or device in curriculum, educational
      administration, etc. Dari definisi ini dapat kita pahami mengenai pengertian
       inovasi pendidikan. Jelaskan apa yang dimaksud dengan inovasi pendidikan itu?
6.     Pengertian-pengertian perubahan dan inovasi pendidikan memiliki cakupan 
       luas dalam hubungannya dengan pencapaian tujuan-tujuan pendidikan. 
       Perannya cukup signifikan jika dapat dikembangkan dan diaplikasikan dalam berbagai
      situasi pendidikan baik dalam settingformal maupun informal. Untuk itu jelaskan 
     cakupan dan spectrum implementasi yang menyebabkan mengapa inovasi 
      pendidikan harus menjadi salah satu aspek penting dalam pendidikan umumnya 
      dan interaksi edukatif khususnya?
7.     Inovasi pendidikan bukan merupakan hal baru di Indonesia, namun agar kita dapat
       memahami dengan baik persoalan inovasi pendidikan perlu dikaji kelemahan-kelemahan
       inovasi pendidikan yang ada selama ini. Salah satu kendala adalah akibat adanya
       sentralisasi pendidikan. Jelaskan mengapa hal ini dapat terjadi?
8.     Ujung tombak keberhasilan pendidikan di sekolah adalah guru. Guru harus
        mampu menjadi seorang inovator guna menemukan strategi atau metode
      yang efektif untuk mendidik. Inovasi yang dilakukan guru pada intinya berada 
      dalam tatanan pembelajaran yang dilakukan di kelas. Kunci utama yang harus
     dipegang guru adalah bahwa setiap proses atau produk inovatif yang dilakukan
      dan dihasilkannya harus mengacu kepada kepentingan siswa. Oleh karena itu, 
     agar guru mampu berinovasi memerlukan persyaratan tertentu, yaitu bagaimana
      mereka mampu mengembangkan kreatifitas. Jelaskan bagaimana caranya guru 
       dapat mengembangkan kreativitasnya?
9.     Berkaitan dengan kompetensi dasar (kompetensi pedagogi, profesional, 
      kepribadian, dan sosial) yang harus dimiliki seorang guru, maka guru sebagai 
      seorang inovator dituntut memiliki beberapa kemampuan. Sebut dan jelaskan 
       kemampuan yang dimaksud?
10.  Bandingkan hasil yang diperoleh siswa paling sedikit 10 siswa untuk mengukur
      ranah kognitif, afektif dan psikomotor untuk materi pelajaran tertentu 
      (Tentukan terlebih dahulu materi pelajaran yang akan dikaji).Berikan alasan/dasar 
      dari hasil yang diperoleh dari masing-masing Siswa
11.  Implementasikan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membuat rencana tes
      hasil belajarpada materi yang Bapak/Ibu ampu
12.  Buatlah minimal 5 untuk tes obyektif dengan pilihan ganda (opsion jawaban 5)
       dan 3 untuk tes uraian dengan jawaban tebatas. Soal Uji Kompetensi Guru 2012
13.  Jelaskan dan gambarkan proses komunikasi yang gagal dan proses komunikasi
       yang berhasil dengan adanya peran media.Soal Uji Kompetensi Guru 2012
14.  Berikan contoh media yang efektif dalam pembelajaran dengan mengambil tiga kompetensi 
      dasar dari mata pelajaran yang Saudara ampu.Soal Uji Kompetensi Guru 2012
15.  bagaimana caranya mengenal karakteristik karya tulis ilmiah. Jelaskan 
      mengapa bapak dan ibu menyimpulkan seperti itu?Soal Uji Kompetensi Guru 2012
16.  Sebutkan asspek-aspek yang dapat menggambarkan karakteristik suatu karya tulis
      ilmiahdan berikan penjelasan singkat untuk setiap aspek. Berdasarkan uraian itu, 
      coba simpulkan karakteristik karya tulis ilmiah! Soal Uji Kompetensi Guru 2012
17.  Secara umum, struktur sajian suatu karya tulis ilmiah terdiri dari bagian awal, inti,
       dan bagian penutup. Coba jelaskan deskripsi masing-masing bagian dan apa 
       bedanya dengan struktur sajian karya non ilmiah? Soal Uji Kompetensi Guru 2012
18.  Jelaskan mengapa abstrak merupakan bagian terpenting dalam laporan dan artikel penelitian
19.  Sebut dan jelaskan perbedaan karya tulis ilmiah hasil pemikian dan hasil penelitian!
20.  Carilah salah satu artikel hasil penelitian, telaah unsur-unsur yang terdapat pada artikel itu!
Sumber: Buku Materi PLPG UNNES

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Entri Populer