MA MUALLIMIN NW BORO'TUMBUH: PERSYARATAN PEMBERKASAN/MUTASI TENTANG SERTIFIKASI
SITUS PRESIDEN RI

Selasa, 28 Februari 2012

PERSYARATAN PEMBERKASAN/MUTASI TENTANG SERTIFIKASI

SYARAT-SYARAT PEMBERKASAN SERTIFIKASI GURU
  1. IJZAH SERTIFIKASI DI LEGALISIR
  2. SK GAJI BERKALA BARU/AKHIR
  3. NUPTK
  4. FOTO COPY NO.REKENING
  5. DATA JUMLAH JAM MENGAJAR
  6. TEMPAT TUGAS MENGAJAR
SYARAT-SYARAT PEMBERKASAN MUTASI GURU ANTAR DINAS PENDIDIKAN
  1. IJAZAH SERTIFIKASI DI LEGALISIR
  2. SK GAJI BERKALA BARU/AKHIR
  3. NUPTK
  4. FOTO COPY NO.REKENING BARU APABILA ADA PERUBAHAN
  5. DATA INSTANSI TEMPAT TUGAS YANG BARU DAN LAMA
  6. SK MUTASI DARI DAERAH ASAL DAN SK PENGANGKATAN DI DAERAH BARU
  7. BAGI YANG BELUM PERNAH TERIMA TUNJANGAN MELAMPIRKAN SURAT KETERANGAN BELUM MENERIMA TUNJANGAN DARI DINAS PENDIDIKAN SETEMPAT
SYARAT PEMBERKASAN MUTASI DARI DEPAG KE DIKNAS
  1. IJAZAH SERTIFIKASI DI LEGALISIR
  2. SK GAJI BERKALA BARU/AKHIR
  3. NUPTK
  4. FOTO COPY NO.REKENING
  5. DATA JUMLAH JAM MENGAJAR
  6. TEMPAT TUGAS MENGAJAR
  7. SK MUTASI DARI DEPAG KE DIKNAS
  8. SK PEMBERHENTIAN TUNJANGAN DARI DEPAG
SYARAT PEMBERKASAN INPASING
  1. FOTO COPY IJAZAH TERAKHIR YANG DILIGALISIR
  2. FOTO COPY AKTA MENGAJAR (AKTA IV) DILIGALISIR
  3. FOTOCOPY SK PENGANGKATAN/PENETAPAN SEBAGAI GURU TETAP OLEH PIMPINAN YAYASAN YANG DILEGALISIR
  4. SURAT KETERANGAN PENUGASAN MULAI MENGAJAR AWAL DAN TERAKHIR (DARI YAYASAN/KEPALA SEKOLAH DAN SK PENGANGKATAN SEBAGAI GURU)
  5. SURAT KEPUTUSAN MENGAJAR MINIMAL 24 JAM DARI KEPALA SEKOLAH (DIKETAHUI OLEH DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SETEMPAT)
  6. FOTO COPY SERTIFIKAT PENDIDIK (JIKA SUDAH LULUS SERTIFIKASI) DILIGALISIR LPTK PENYELENGGARA
  7. NUPTK.

23 komentar:

  1. mas gimana kalau mutasi dari departemen agama ke departemen pendidikan yang saya tanyakan :
    1. Masalah pengurusan tunjangan sertifikasinya ?
    2. Kuota perpindahan Sertifkasi dari depag ke depdiknanya ?
    Mohon Bantuaan Solusinya Terimakasih.

    Hery Satriono/ Lampung

    BalasHapus
  2. Sertifikasi Guru ini bersifat Nasional,dan guru tidak perlu disertifikasi ulang saat mengalami perpindahan tugas baik dari kemenag ke diknas atau sebaliknya.masalah tunjangan tetap bisa dicairkan selama memenuhi ketentuan syarat pemberkasan,sebelum tunjangan dilimpahkan ke intansi baru,tunjangan masih dapat diterima diintansasi lama.untuk lebih jelasnya silahkan dibaca buku panduan sertifikasinya

    BalasHapus
  3. kang abid yth.
    saya mengajar di 2 tempat yaitu smp (dinas) dan MA (kemenag)keduanya non negeri. di smp saya mengajar PKn dan sudah sertifikasi tahun 2010 dan alhamdulillah sudah mendapat tunjangannya. Di MA saya mengajar matematika dan sudah memiliki sertifikat pendidik untuk mapel tersebut pada tahun 2012. Yang saya ketahui bahwa Seorang Guru hanya berhak mendapat satu tunjangan profesi terlepas dari banyaknya Sertifikat Pendidik yang dimilikinya dan banyaknya satuan pendidikan atau kelas yang memanfaatkan jasanya sebagai Guru.(Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 74 Tahun 2008 Bab III Pasal 15 ayat 2).
    Pertanyaannya, bagaimana caranya agar tunjangan profesinya beralih ke kemenag, masalahnya di sini mapel yang di dinas dan di kemenag.
    Mohon pencerahannya. terima kasih .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekedar Nyantumin Identitas Diri Sedikit Apa Salahnya ya, He..He...
      Sudah benar apa yang bapak katakan. Menurut Sepengetahuan saya untuk Syarat pembayaran tunjangan sertifikasi Selain Cukup 24 Jam juga tergantung dari Nomor Registrasi Guru,sehingga pembayaran tunjangan mengacu pada NRG naungan isntansi mana. NRG dibawah naungan Dirjen Kemenag tunjangannyaakan dikeluarkan di kemenag.
      Kalau Bapak sekarang memenuhisyarat 24 jam baik di SMP (Diknas) dan MA(Depag)yang bapak lakukan kemungkinan Mengalihkan NRGnya Bapak,untuk lebihjelas dan benarnya,silahkan bapak main-main aja kedua isntasi kemenag dan diknas,ya..

      Hapus
  4. pak saya adalah guru MI dan sudah tersertifikasi sbg.Guru b.Inggris dan saya juga Mengajar di SMP(swasta) yang bernaung ke Dinas. tapi setelah lulus srifikasi saya tidak mengajar lg di MI tersebut.
    Pertanyaanya apakah saya bisa memutasi ke SMP yang bernaung di DInas.
    soalnya kemarin saya mencoba minta mutasi tp pihak DIKNAS tidak mau menindak lanjuti..Alasanya saya belum PNS.Mohon Petunjuk ( SHOFIRIN TUBAN JATIM)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah-mudahan saja saya tidak salah. Kalau dilihat dari persyaratan mutasi dipostingan diatas,sepertinya diberlakukan untuk PNS saja.Tapi Coba aja dulu minta perpindahan Naungan Nomor Registrasi Guru (NRG) ke Diknas

      Hapus
  5. Sy sertifikasi pemanggilan swasta, status saya sekarang sudah pns di kota Bekasi, tetapi pencairan tunjangan saya tertunda untuk periode Jan-Juni 2012, apa karena mutasi tunjangan yg jadi lama, apa yang harus saya lakukan sebaiknya, terima kasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk saat ini di berbagai daerah penyebab tertundanya pencairan tunjangan itu dikarnakan belum tuntasnya data guru (pemberkasan),sehingga pencairan di setiap daerah tidak sama,ada yang sudah juga ada yang belum.tergantung kecepatan masing-masing instansi menyelesaikan data gurunya. Permasalahan Mutasi bisa jadi,karena pengolahan datanya agak rumit sedikit. yang jelas semua bulan akan dibayar (Rapel).jadi bapak sering-sering aja mendatangi kantornya,ntar kalau petugasnya bosan liat wajah bapak,pasti cepat di urus mutasinya

      Hapus
  6. Bagi rekan PNS guru Bahasa Inggris yang berminat dan berkenan menggantikan posisi kami mengajar di salah satu SMA Negeri di wilayah Belitung Selatan mohon menghubungi email kami di nisfiku@hotmail.com. Terima kasih.

    BalasHapus
  7. Bagi rekan PNS guru Bahasa Inggris yang berminat dan berkenan menggantikan posisi kami mengajar di salah satu SMA Negeri di wilayah Belitung Selatan mohon menghubungi email kami di nisfiku@hotmail.com. Terima kasih.

    BalasHapus
  8. aSSALAM,,, Kang ABID... mf mau tanya....
    Saya Ahmad, guru swasta, sertifikasi lulus th 2011 di DIY. Pertanyaannya, kalo mau mutasi ke Jateng kira2 bisa tidak ya??? maturnuwun atas infonya.... Wsslam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Permasalahan ini silahkan ditanyak langsung ke Instansi terkait di kabupaten Kemenag/Diknas.Intinya TPP Tunjangan Profesi Guru akan tetap dicairkan selama guru bersangkutan mengajar dan memenuhi terget minimal Jam Tatap Muka, serta ada Nomor NRG yang berlaku secara nasional.

      Hapus
  9. Aswrwb...kang Abid teman saya seorang guru PNS PAI di jakarta pusat beliau seorang wanita, sudah mengabdi selama 5 tahun, apakah boleh minta mutasi ke daerah jakarta selatan atau daerah depok...beliau pernah mengajukan tetapi selalu ditolak dengan alasan kuota guru PAI di jakarta pusat kurang atau dengan kata lain jakarta pusat kekurangan guru PNS PAI...mohon pencerahan, apa yang harus dilakukan?

    BalasHapus
  10. Assalaamu'alaikum. Wr.Wb. Pak, saya guru PNS yang belum lama ini mutasi dari kab.Tasik ke kab.Bandung (tahun ajaran baru 2012). Saya sudah PLPG (di Tasik) juga sudah mendapatkan sertifikatnya (dikeluarkan dari UNSIL), hanya belum mendapatkan tunjangan. Sertifikat tersebut saya dapatkan setelah mutasi. Sebelumnya saya pernah mendapat informasi sewaktu PLPG bahwa sertifikasi bagi guru yang mutasi otomatis ikut mutasi, sebab sergur bersifat Nasional. Saya merasa lega dengan adanya info tersebut. Namun setelah saya berada di tempat kerja baru, dinas terkait mensyaratkan saya masuk dapodik dulu, yang diajukan pendaftarannya oleh sekolah tempat mengajar sekarang. Baru setelah itu saya bisa mengurus sertifikasi. Dan seminggu lalu saya diberitahu pihak TU sekolah bahwa saya kemungkinan besar harus PLPG ulang. Memang begitu aturannya? Bukankah sergur bersifat Nasional? Terus apa fungsinya sertifikat yang saya sudah peroleh? Terakhir, saya bahkan disuruh mengisi format untuk pendataan guru yang harus mengikuti UKG (sebagai persiapan PLPG ulang? Allohu'alam). Pernah saya tanyakan secara resmi kepada pimpinan TU di tempat tugas baru, tentang masalah sertifikasi saya yang sebenarnya. Tapi penjelasannya benar-benar mengecewakan: ibu harus pakai jalur khusus, coba telusuri sendiri, mungkin harus jalur belakang. Maksudnya apa? Pakai uang? saya hanya ingin tahu prosedur seharusnya yang resmi, yang normal, rasional dan wajar-wajar saja. Mohon Penjelasannya. Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  11. Ass.Wr.Wb. Pak bagaimana prosedur mutasi sertifikasi antar jenjang pendidikan dari SMP Negeri ke SMK Negeri, persyaratan apa saja yang di perlukan,terimakasih.

    BalasHapus
  12. Ass.Wr.Wb Pak saya seorang Kep MI,sudah lulus sertifikasi th 2008.bisakah saya pindah ke SMPN beserta sertifikasi saya pak?bagaimana persyaratannya?haruskah saya PLPG pak?mohon penjelasannya.Trims Wass.

    BalasHapus
  13. Ass.Wr.Wb Pak saya seorang guru SMK swasta, sudah bersertifikasi tahun 2012,bisakah pindah kekabupaten lain, contoh gresik ke ponorogo?bagaimana prosedurnya?Trims Wass

    BalasHapus
  14. Selamat siang, Bagaimana untuk guru SMK swasta yang program jurusannya ditutup oleh Yayasan karena kurangnya siswa, sementara guru ybs bersertifikasi Administrasi Perkantoran; sekarang yang ada hanya jur. Akuntansi dan TKJ---dapatkah guru tsb alih fungsi mengajar Kewirausahaan tanpa mempengaruhi tunjangan sertifikasinya. Mohon info lebih lanjut.Terimaksih

    BalasHapus
  15. Pa saya sertifikasi guru kelasbisakah pindah ke jenjang Mts/MA ?

    BalasHapus
  16. assalamualaikum .. pak saya srtifikasi th 2008.setelah PNS saya di tugaskan di sekolah umum. bukan madrasah .apakah sertifikasi saya bisa di bayarkan ?.dan apakah ada sertifikasi ulang.? syukron pak.


    BalasHapus
  17. sy guru bersertifikasi tk, apabila sy sekarang di tugaskan oleh yayasan di sd, bisakah mutasi dari tk ke sd,dalam satu yayasan, bgm prosedurnya dan syarat- syaratnya

    BalasHapus
  18. assalamualaikum kang Abid,,,
    saya fauzi non PNS di kaltim lulus sertifikasi diknas thn 2010 n udah dapt infasing. nah, skr sy berencana mutasi ke sekolah di bawah naungan DEPAG di jawa timur.apakah saya harus ngajar 24 jam semisal saya menjabat WAKA di tmpt sy yg baru,,,?terus apa saja yang harus saya persiapkan dan lakukan untuk proses tersebut,,,? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Bapak Memang Sangat dibutuhkan di Sekolah Baru tersebut,kemungkinan proses mutasi cepat diterima.Bapak datang aja ke PENMAD Kemenag Kabupaten,konsultasi disana.Mengenai Jam ngajar 24 Jam, ya harus terpenuhi,kalau tidak Bapak kemungkinan tidak mendapat Pembayaran...

      Hapus

Entri Populer